Seringkan liat tulisan case-sensitive saat diminta buat password atau mungkin saat edit javascript theme dan template blog? Nah, pengertian Case Sensitive, Insensitive, dan Uppercase pada password serta dalam dunia blogging ini akan Caraspot terangkan biar teman-teman tau apa maksud sebenarnya dan fungsinya apa dalam permrograman suatu web berbasis opensource dan lainnya.

Kalau sensitiv mungkin sudah paham betul apa defenisinya, hanya saja kalau dalam bahasa Inggris ada tambahan case di depannya jadi bingung semua. Kalau di artikan satu per satu pasti beda lagi maknanya, yakni case artinya kasus atau persoalan sedangkan kata keduanya adalah artinya peka terhadap sentuhan atau perubahan, tapi bukan ini yang kita maksud. Nah berikut artinya:

Pengertian Case Sensitive, Insensitive, Uppercase

Ada banyak tempat kita biasa menemui tulisan seperti di atas, bagi yang misalnya mau memberi password pada file word pasti juga akan ketemu pesan seperti ini, sedang yang suka dunia blogging juga kadang ketemu dalam HTML blognya, makanya kita bagi dua penjelasannya:

Untuk Password

Jika menemukan kata case-sensitive, maka itu artinya password yang dibuat berbeda atau berpengaruh antara penggunaan huruf besar dan kecil. Maksudnya begini, kalau saat buat katasandi kamu pakai huruf kecil semua, kemudian saat ingin login menggunakan katasandi tersebut kamu tidak sengaja menekan tombol Caps Lock di keyboard sehingga yang terketik huruf besar semua, maka secara otomatis sistem akan membaca salah password yang kamu masukkan.pengertian case sensitive dan uppercase

Jadi defenisi sederhananya adalah bahwa antara huruf kapital dan kecil dianggap tidak sama, jadi kalau kata sandinya alibaba maka tidak bisa diketik ALIBABA atau Alibaba saat ingin login nanti.

Dalam Javascript

Buat blogger yang sering otak atik template blog pasti butuh untuk tau apa pengertian case-sensitive karena hampir di setiap pengaturan javascript dalam HTML blogspot atau pun dalam blog wordpress selalu ada. Tapi bukan cuma itu, sering juga ada Uppercase atau Case Insensitive. Nah, ini dia maksudnya:

Case Sensitive maksudnya nanti tampilan di blog akan menyesuaikan dengan yang kamu ketik, misalnya kalau judul artikelnya kamu buat huruf besar semua di awal katanya sedang huruf sesudahnya kecil maka ia juga akan tampak seperti itu.

Uppercase berarti walau kamu ketik huruf kecil semua judul artikel atau pun widget blogmu, maka nanti secara otomatis akan berubah sendiri jadi huruf besar semua. Dan di bawah ini contoh kodenya dalam salah satu webyang diambil lewat bantuan Inspect Element:

#tabber ul.tabs li a {
background: #CCCCCC;
color: #fff;
display: block;
float: left;
margin: 0;
text-align: center;
padding: 0;
line-height: 40px;
text-transform: uppercase;
width: 100%;

Jadi kalau dalam blog fungsinya untuk menentukan bentuk tulisan di blog. Jika disetting uppercase maka dengan sendirinya semua tulisannya jadi huruf kapital semua, walau saat mengetik dijadikan huruf kecil tetap akan berubah setelah dipublish.

Simak juga:

  • Cara Mencari Backlink Berkualitas – Kamu akan diajarkan membangun blog yang powerful dengan tidak hanya asal pasang link saja, tapi bagaimana mengoptimasinya dan tahapan pencarian dan pemasangannya setiap hari sehingaa secara berkala jumlah linkmu akan bertambah.
  • Cara Menulis Artikel SEO – Kamu akan belajar bagaimana menyusun kata yang baik dan mudah terbaca mesin pencari sehingga kamu akan mudah ranking 1 di google yang mana hal itu akan meningkatkan secara signifikan pengunjung blogmu.

Ini dulu soal apa pengertian case sensitive, insensitive dan uppercase password dan pada javascript, semoga membantu dan bisa melancarkan kerjamu sebagai peselancar ulung atau mungkin blogger sukses di indonesia seperti yang sudah diulas sebelumnya. Ada baiknya, untuk judul pada artikel dibuat case agar lebih enak dipandang sebagaimana di blog ini.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *