Bacaan doa setelah wudhu Arab dan Latin yang shahih memiliki faedah atau keutamaan tersendiri berdasarkan keterangan dari hadits Nabi saw. Karenanya doa sesudah wudhu yang benar maupun sebelum wudu ini penting diamalkan setiap selesai melaksanakannya. Menariknya karena bacaan ini diamabil dari referensi terpercaya, yakni buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap Muh Rifa’i.

Adapun dalil hadits mengenai doa setelah berwudhu sebagaimana yang bersumber dari Umar bin Khoththob ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda:

“Tidak ada seorangpun di antara kamu yang berwudhu dengan cara baik (menyempurnakannya) lalu berdoa:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Zat yang wajib disembah kecuali hanya Allah tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.”

Kecuali dibukakan baginya delapan pintu surga yang mana ia boleh masuk dari pintu mana saja yang ia inginkan.”

(HR. Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)

Jadi jelaslah bahwa keutamaan dari doa tersebut sangat besar yang mana seorang muslim diberi nikmat di hari Akhirat nanti berupa kebebasan memilih pintu surga yang ia senangi yang mana tentunya inilah yang sangat kita harapkan kelak di hari pembalasan.

Pertanyaannya, lalu mengapa ada tambahan bacaan selain yang disebutkan di atas? Ya, karena dalam lafadz Tirmidzi terdapat tambahan kalimat tersebut (disebutkan di bawah), tentunya beliu punya dasar kuat atas periwayatannya yang mana untuk semakin menambah keutamaan dari ibadah ringan ini. Kita tentunya harus yakin bahwa beliau adalah ulama pewaris Nabi yang kepribadian dan keilmuannya dapat dipertanggungjawabkan sehingga seyogyanya diikuti.

Baca juga : Doa Sholat Tahajud

Bacaan Doa Sesudah Wudhu yang Benar dalam tulisan Arab, Latin dan Artinya

Ada berbagai versi bacaan doa selesai berwudhu yang shahih ini, tapi yang jelas, berdasarkan hadits di atas, ucapan syahadat atau kesaksian kepada Allah dan Muhammad adalah merupakan sunnah utamanya, ada pun bila berbeda atau ada tambahan maka hal tersebut tak menjadi masalah karena yang namanya doa boleh dengan lafadz apa saja. Berikut teksnya:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ، اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنَيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّاَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ.

Latin:

Asyhadu allaa Ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhuu wa Rasuuluhuu, Allahummaj’alnii minat-tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibaadikas-sholihiin. Subhaanakallahumma wa bihamdika Asyhadu allaa Ilaaha illa Anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya:

“Aku bersaksi tiada Tuhan (yang patut disembah) melainkan Allah yang Satu, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku hambamu yang ahli taubat, dan jadikanlah aku hambamu yang suci serta jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh. Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau dan aku memohon ampun dan bertobat kepada-Mu.

Lanjutkan baca:

  1. Niat Wudhu
  2. Tata Cara Wudhu yang benar
  3. Hal yang Membatalkan Wudhu

Silahkan simak bagaimana bacaan niat wudhu dalam tulisan arab maupun latin dari tautan di atas yang telah kami publish sebelumnya. Di samping itu, dengan tau cara wudhu yang baik maka akan semakin menambah kesempurnaan sholat wajib maupun sunnah kita, apalagi bila tau perkara yang membatalkannya tentu akan semakin afdhol.doa sesudah wudhu

Jadi seperti inilah bacaan doa sesudah berwudhu yang lengkap dan tentunya shahih dan benar. Anda bisa saja hanya membaca berdasarkan dari hadits yang disebutkan di awal jika kiranya tidak sanggup menghafalkannya semua, tapi akan lebih afdhol lagi jika bisa membacanya lengkap.

Faidah atau keutamaan dari doa sehabis wudhu ini terletak pada keistiqamahan Anda melakukannya, artinya sebisa mungkin terus membacanya tanpa henti selama hidup karena ibadah yang ringan jika dilakukan secara kontinyu maka nilai ibadahnya akan semakin tinggi di mata Allah swt.

Simak juga: Doa Sholat Dhuha

Bagaimana bacaan bacaan dalam versi Muhammadiyah dan NU?

Karena umumnya panduan sholat lengkap yang dishare di internet merujuk dari buku Tuntunan Sholat Lengkap karya Muh. Rifa’i maka panduan ini tentunya sejalan dengan pemahaman NU karena buku tersebut banyak merujuk pada kitab seperti Nihayatuz Zain dan selainnya yang notabene didasarkan pada pemahaman Imam Syafi’i.

Adapun bagi Muhammadiyah, umumnya selalu merujuk pada teks asli haditsnya tanpa mengambil penjelasan dari kitab, dan ini artinya lebih sesuai pada hadits yang diutarakan pertama di atas.

Sekian dan terima kasih sudah mau membaca Doa Sesudah Wudhu yang Benar: Arab, Latin & Artinya di Caraspot, semoga berkah dan amal Anda semakin meningkat dan ibadah sholat Anda juga semakin khusyuk. Akhir kata, kami hanya berharap anda melakukan sharing artikel ini ke akun facebook dan twitter, cukup dengan klik tombol share di samping atau di bawah ini.

Selanjutnya: Bacaan Doa Qunut Muhammadiyah dan NU

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *