Panduan cara membuat tebel di Excel berikut akan mengajarkan bagaimana memberi garis pada tabel, memperlebar dan mempersempit ukuran kolom dan baris, mengisi kolom dengan cepat dan berbagai pengaturan lainnya yang biasa dilakukan saat mengoperasikan MS (Microsoft) Excel.

Program excel ini sebenarnya satu bagian dalam MS Office yang mana kurang lebih sama dengan MS Word, hanya saja fungsinya lebih spesifik untuk tabel dan perhitungan angka-angka. Di dalamnya kita juga bisa sekaligus membuat grafik dan mengerjakan rumus excel matematika dasar hingga yang rumit sekalipun yang tidak bisa dilakukan olek kalkulator.

Langkah Cara Membuat Tabel di Excel

Sebelum lebih lanjut mengulas segalah tips dalam pembuatan tabel, maka ada dua hal penting yang Caraspot harus ungkapkan agar teman-teman sekalian paham bukan hanya pada cara penggunaannya tapi juga fungsi dan keunggulannya.

Perbedaan Kolom dan Baris

Jadi jika kamu membuka lembar kerja baru dalam Excel maka yang paling pertama kamu bedakan adalah antara kolom dan baris agar mudah memahami penjelasan panjang di bawah. Nah, perhatikan gambar berikut:

rumus if excel bertingkat ganda dan tunggalKeterangan:

Kolom adalah bagian yang berbentuk vertical (dari atas ke bawah atau sebaliknya). Pada gambar di atas di bagian atasnya ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya. Nah, yang dilingkari di atas, B adalah berarti kolom B

Baris adalah bagian yang bentuknya horizontal ke samping. Gambar di atas pada bagian sampingnya ditandai dengan angka 1,2,3 dan seterusnya.

Jadi kalau misalnya menambah baris berarti deretan baris ke bawahnya atau ke atasnya, sedang kalau dikatakan menambah kolom berarti kita menambah kolom ke samping kanan atau kirinya. Paham kan?

Kelebihan Membuat Tabel di Excel dari Pada di Microsoft Word

Jadi kawan-kawan, membuat tabel sebenarnya juga bisa dilakukan di MS Word, hanya saja kalau dari segi kemudahan jauh lebih baik pakai excel saja. Tapi kalau ada yang mau coba di Word bisa baca ini : Cara Membuat Tabel di MS Word

Di antara keunggulannya jika kita pakai excel adalah lebih medah mengatur posisi tabel pada lembar kerja, menambah dan mengurangi kolom dan barisnya lebih simple karena ada toolsnya sedang di Word tidak ada, dan juga boleh menambah pengaturan lain seperti memiringkan tulisan, memberi latar, mengganti warna garis dan sebagainya.

Dan mengenai kekurangannya, mungkin bagi yang belum terbiasa saat mem-print hasil kerjanya kadang tidak tau marginnya sehingga sering melewati batas dan harus mengulang beberapa kali. Tapi kalau sudah pengalaman nantinya akan ahli juga.

Mulai Bikin Tabel di Excel

Oke, setelah sedikit perkenalan di atas, sampailah kita pada inti pembahasan, yakni cara membuat tabel di excel yang baik dan benar dengan beberapa langkah dan pengaturan.

A. Pertama, Menulis Isi Tabel dulu

1. Pertama, tulis saja dulu isi tabelnya (tanpa mengatur lebar kolom dan barisnya). Misalnya mau buat tabel daftar penulis atau gaji karyawan, maka cukup buat kolom nomor, nama, dan keterangan seperti gambar di bawah.

2. Perhatikan, bagian kolom ‘Alamat’ masih tertutup oleh kolom ‘Keterangan’. Hal ini tak masalah karena nanti bisa ditarik atau diklik cepat dua kali pada garisnya maka otomatis akan menyesuaikan lebarnya.

cara membuat tabel di excel lengkap

Catatan: Untuk membuat angka berturut ke bawah (seperti kolom ‘No’ di atas) tanpa mengetik satu per satu, seperti 1, 2, 3 dan seterusnya, maka dalam Microsoft excel cukup buat 2 baris saja (angka 1 dan 2) lalu blok hingga muncul di bagian sudutnya seperti titik hitam kecil, nah arahkan kursor disitu hinga muncul tanda tambah (+) kecil di sudutnya lalu tarik ke bawah hingga jumlahnya sesuai yang diinginkan. Perhatikan gambar ini:

cara cepat menulis angka berurut di excel

Nah, tinggal letakkan atau arahkan kursor di atas tanda titik hitam dalam lingkaran merah di atas lalu tarik ke bawah setelah muncul tanda tambah hitam.

B. Kedua, Memberi Garis pada Kolom dan Barisnya

1. Awalnya, blok dulu semua bagian tabel yang mau dikasi garis. Caranya, klik di bagian paling pojok atas lalu tahan dan tarik hingga ke pojok bawah, hingga semua bagian tampak biru, lalu lepas. Ligat gambarnya:

cara blok tulisan di excel

2. Berikutnya, aktifkan menu ‘Home’ yang ada di paling atas, lalu cari dan klik tool ‘Format’ (berada agak di sebelah kanan atas), lalu pilih “format Cells…”. Atau untuk cara mudahnya, bisa klik kanan hasil bloknya tadi, lalu pilih “Format Cells…”. Nah, selanjutnya akan muncul halaman seperti gambar berikut, tinggal atur saja.

cara membuat garis tabel

Keterangan (sesuai nomor gambar di atas):

1. Menghilangkan garis tabel

2. Memberi garis di sekelilingnya

3. Memberi  garis di antara kolom dan baris

4, 5, 6. Menambah garis di atas, antara dua baris, atau di bawah baris yang diblok

7 dan 11 Memberi garis miring dalam satu baris atau kolom.

8, 9, 10 Memberi garis di samping kiri, tengah, atau kanan kolom atau baris

12. Mengganti warna garis tabel

13. Memilih lebar garisnya

14. Save hasil pengaturan.

C. Cara mengatur lebar kolom dan barisnya dengan 2 cara:
Manual :

Cukup arahkan kursor pada garis yang ada di antara tulisan A, B, C dst yang ada di atas kolom yang merupakan penanda nama kolom (seperti yang dilingkari di gambar di bawah) hingga muncul tanda tambah yang ada panahnya, seperti ini : tanda panah excel

cara merubah lebar kolom tabel excel

Setelah mengarahkan kursor pada garis yang ditunjuk tanda panah di gambar di atas, dan telah muncul tanda panah yang ada garis ditengahnya, lalu klik, tahan, kemudian tarik untuk menyesuaikan lebar tabel excelnya. Adapun untuk merubah lebar barisnya sama, arahkan kursor pada garis antara angka 1 dan 2 seperti gambar di atas lalu setelah mencul tanda yang dimaksud, klik, tahan, lalu tarik untuk menyesuaikan.

Atau Otomatis :

Caranya, aktifkan dulu ‘Home’ di atas, lalu cari icon “Format”, kemudian pilih “Row Height” untuk mengatur tinggi baris, atau “Column Width” untuk mengatur lebar kolom. Berikut tampilannya:

cara mengatur lebar kolom dan baris excel

Maka tampilan tabelnya akan seperti ini: (setelah judulnya di-bold dan dibuat rata tengah)

langkah cara membuat tabel di excel

D. Mengatur Bagian Tabel yang Lain

Ada beberapa pengaturan lagi yang dibutuhkan agar hasilnya bisa sempurna dan saat diprint terlihat menarik dan tidak berantakan, di antaranya:

1. Membuat judul jadi rata tengah

Bisa kamu lihat pada judul tabel “Info Profil Penulis”, pada awalnya ada di pinggir, tapi setelah di atur sekarang posisinya ada di tengah dan garis bayangannya hilang dengan sendirinya. Caranya:

  1. Blok pada baris yang ada tulisan judulnya hingga pada kolom terakhir yang sejajar dengan kolom “Keterangan” (biar tengahnya pas antara kolom ‘No’ dan “Keterangan”)
  2. Lalu aktifkan menu ‘Home’ di atas (jika belum)
  3. Klik sekali icon yang tulisannya “Merge & Center” maka secara otomatis tulisan judul akan berada di tengah pas. Atau bisa juga blok lalu klik kanan lalu ikut step ini : Format Cells… >> Alignment >> Kolom Horizontal dan Vertical pilih Center dan Text Control centang ‘Wrap text’ dan ‘Merge cells’ >> Ok
2. Mengatur tulisan

Kalau bagian ini dalam cara membuat tabel di excel sepertinya tidak perlu diterangkan, karena pengaturan seperti mem-bold, huruf miring, mewarnai tulisan, mengganti jenis huruf, dan mengatur posisi tulisan di tengah atau pinggir, semua sama halnya jika buat tabel Microsoft Word.

D. Print Tabel Hasil Kerja

Setelah kita buat tabelnya, selanjutnya tinggal print. Caranya tinggal klik menu “File” di bagian pojok kiri paling atas yang warna hijau, lalu pilih menu “Print”, kemudian jika tidak mau di atur lagi dan preview-nya menunjukkan tabel tidak ada yang terpotong, maka tinggal klik lagi icon atau gambar Printer yang juga ada tulisan Print di bawahnya.

Tapi misalnya setelah melihat previewnya dan posisinya belum pas, maka bisa kembali lagi ke halaman kerja dengan klik menu “home’ di atas. Lalu masuk ke menu “Page Layout” lalu atur ‘Margin’, atau “Size’ kertasnya.

Baca juga : Rumus-Rumus Excel Lengkap

Tips:

Terkadang walau sudah dijelskan selengkap di atas, masih saja bertanya-tanya, makanya saya buat juga dalam bentuk tanya jawab biar gampang dipahami:

Bagaimana kalau mau buat lebih dari satu tabel?

Caranya, sebaiknya buat di halaman lain. Caranya, di bagian bawah klik saja “Sheet2” dan seterusnya untuk mulai buat tabel baru yang lain. Jadi tidak usah ditutup dulu, langsung saja klik Sheet2 atau 3 dst.

Bagaimana jika buat banyak tabel dan lebih dari 3 Sheet?

Cukup klik icon kecil di samping Sheet3, bentuknya seperti ikon kertas yang ada tanda bintang kecil oranyenya.

Cara menyimpan tabel yang telah dibuat?

Klik tanda silang di bagian pojok kanan atas lalu klik “Save” setelah muncul halaman kecil, kemudian beri nama dan tentukan letak foldernya, lalu Ok/Save. Atau boleh juga langsung tekan Ctrl dan huruf ‘S’ di keyboard (Ctrl + S) lalu beri nama dan simpan.

Cara duplikat semua pengaturannya?

Ya, sama. Klik kanan tulisan Sheet2 atau sesuai halaman yang mau dicopy yang ada di bawah, lalu pilih “Move or Copy” lalu pilih tempatnya dan centang “Create a Copy” dan terakhir klik ‘Ok’,

Apakah bisa memindahkan tabel ke MS Word?

Ya, tentu. Cukup blok lalu klik kanan dan pilih ‘Copy” lalu ‘Paste’ di Microsoft Word. Bisa juga diblok lalu tekan Ctrl + C lalu buka Word dan tekan Ctrl + V

Jika belum paham juga langkah cara membuat tabel di excel di atas maka bisa tanya langsung ke admin blog ini via comment, atau misalnya punya tugas sekolah tapi tidak bisa dikerjakan sendiri bisa minta jasa buat tabel MS excel dari kami, nanti biayanya kita bahas lewat email. Paling biaya Rp.50.000 saja tugasmu sudah bisa jadi. Caranya kita kirim via email hasil buatnya jadi lebih simpel. Selamat belajar ya teman2!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *