Salam teman Caraspot! Para turis di seluruh dunia kerap menolak berkunjung ke benua Eropa saat musim dingin. Padahal, pada suhu dingin itu menandakan musim liburan akhir tahun sudah datang, dan banyak negara di Eropa yang menawarkan pengalaman menakjubkan seperti Prancis. 

Ketika Anda tengah tertegun melihat cuaca muram dengan dingin yang begitu menggigit, Anda selalu punya cara untuk menikmati Prancis di tengah musim dingin. Gunung es yang menjulang, kota metropolitan, pedesaan asri, lembah hijau, ngarai curam hingga landmark eiffel yang begitu terkenal.

Untuk melihat suasana berbeda, maka kami akan memilih beberapa kota besar hingga pedesaan Prancis yang selalu terlihat asri dipadu dengan pemandangan yang luar biasa. Tentu saja tak perlu khawatir dengan budget, karena selalu ada promo tiket pesawat murah.  Jadi tunggu apalagi, segera melakukan persiapan untuk berlibur ke negeri mode ini.

gambar gunung

1. Lyon

Festival cahaya Fête des Lumières yang hanya diadakan pada beberapa hari di awal Desember menjadi hal yang tak boleh Anda lewatkan. Seluruh kota Lyon bagai menjadi teater cahaya pada saat itu, diterangi oleh lilin di jendela hingga light show yang dibawakan seniman kelas dunia. Dinding monumen menjadi lukisan cahaya, gedung-gedung bermandikan sinar laser, dan patung-patung bagaikan menari. Setelah menonton festival tentu rasa lapar akan meningkat, terlebih saat merasakan udara dingin. Tak ada tempat lebih baik di Lyon, Prancis untuk menikmati hidangan khas negeri Prancis yang terkenal lezat.

Kawasan ini memiliki restoran dengan jumlah bintang Michelin terbanyak di negeri Mode tersebut. Beberapa hidangan khas Lyon yang dikenal lezat seperti cervelle de canut (krim keju dengan rempah-rempah), quenelles (dumpling isi ikan cincang)  sampai le coussin de Lyon (kudapan manis yang dibuat dari cokelat dan marzipan). Kudapan itu kerap disebut dengan istilah bouchons dalam bahasa lokal dan disajikan dalam jumlah yang cukup banyak.

2. Pegunungan Alpen

Menikmati musim dingin di Prancis di pegunungan Alpen dan gunung tinggi di negeri Napoleon itu, Mont Blanc sudah tentu ada dalam rencana. Chamonix Mont Blanc yang terletak di persimpangan Prancis, Swiss, dan Italia adalah sebuah destinasi wajib untuk Anda pecinta adrenalin. Saat berada Chamonix Anda bisa naik kereta merah Montenvers untuk melihat pemandangan gunung-gunung salju.

Coba juga bermain ski di Chamonix dan Megève, dan hangatkan diri dengan makanan khas setempat. Berbagai kuliner Prancis pegunungan pilihan musim dingin seperti tartiflette, cheese fondue dan scalloped potatoes bisa menggoyang lidah Anda. Peristirahatan musim dingin, juga semakin dihangatkan oleh spa kesehatan dan pusat kebugaran yang menarik untuk dikunjungi.

3. Provence dan Cote D’Azur

Kawasan di Prancis Selatan ini bisa saja lebih populer pada musim panas. Lokasinya yang diapit pegunungan Alpen dan Laut Mediterania, menjadikan

Provence dan Cote D’Azur, salah satu pedesaan terindah di dunia. Daerah yang berada di wilayah Prancis Selatan ini sebenarnya lebih populer pada musim panas. Namun Provence dan Cote D’Azur juga kerap menghasilkan musim dingin yang sejuk dengan banyak sinar matahari. Beberapa festival yang khusus diadakan pada musim dingin juga menjadi pemandangan menarik tersendiri.

4. Languedoc-Russillon

Apa yang Anda gambarkan tentang pedesaan asri di area selatan Prancis? Mungkin yang ada di pikiran Anda hanyalah ada dua wilayah yakni Provence dan Côte d’Azur atau tidak mengetahui sama sekali. Padahal area ini menyimpan tempat lain yang tak kalah luar biasanya dan jauh dari hiruk pikuk suasana metropolitan Paris yang membosankan.

Languedoc-Roussillon merupakan salah satu daerah di kawasan Occitanie yang juga memiliki pemandangan alam yang cantik, plus berbagai wine yang terkenal. Pasalnya daerah ini memang banyak memiliki perkebunan anggur dan merupakan salah satu region penting dalam sejarah Prancis sebagai penghasil wine.

5. Grasse Hingga Cannes

Selain daerah yang telah disebutkan, ada juga beberapa kota yang harus Anda kunjungi saat berada di Prancis pada musim dingin. Seperti Nice, dengan poin-poin atraksi seperti Promenade des Anglais, Matisse Museum, hingga day trip ke Cannes.

5 Destinasi Terbaik di Prancis Untuk Menikmati Musim DinginLalu Ada juga Grasse yang merupakan ibukota parfum dunia, dan kota yang berlokasi di Aix en Provence ini pernah menjadi kediaman para Paus dari Prancis. Setelah berbagai peperangan dan revolusi yang bergolak, Avignon kini menjadi destinasi wisata arsitektur yang sangat memanjakan mata.

Lihat juga: Wisata Yang Menyenangkan

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *