Kamu sudah punya PDFnya dan mau diedit tapi sulit? Nah simak cara mengubah PDF ke Word berikut ini. Kami bisa pilih cara online atau pun dengan menggunakan software atau aplikasi. Menariknya, dari beberapa yang disebutkan cara merubahnya, di antaranya ada yang sangat simple dan mudah sekali dilakukan karena cukup upload filenya dan ia pun akan langsung berubah dalam format Microsoft word yang sama sekali tidak ada bedanya dengan file aslinya.

Hanya saja perlu diketahui juga bahwa tidak semua file PDF bisa dikonversi ke dalam bentuk MS Word karena ada beberapa orang membuatnya dalam bentuk gambar pada tiap halamannya. Sebagai contoh, jika kamu mengunduh ebook dari Google Book maka bukan cuma tidak bisa membaca semua isinya karena sebagian dilindungi dengan pesan “You have either reached a page….” Tapi juga karena tulisan yang tampak sama sekali tidak bisa dicopy dikarenakan formatnya gambar. Nah, bentuk pdf seperti inilah yang tidak bisa dirubah ke dalam bentuk Microsoft Word.

Bukan hanya pakai komputer, sekarang ini para pengguna HP Android juga beramai-rami cari aplikasi convert pdf to word untuk mengkonversi file yang mereka unduh ke dalam Microsoft sehingga bisa diedit dan dibuat untuk kebutuhan data dan sebagainya.

Cara Mengubah PDF ke Word Online

Merubah atau convert pdf to word tanpa software sebenarnya ada puluhan situs yang menyediakan, hanya saja yang full gratis atau yang berkualitas hanya beberapa saja. Ada juga sih yang free 100% tapi hasilnya kadang mengecewakan dimana tulisan atau kata di dalamnya jadi tidak beraturan sehingga sulit dibaca dan harus diedit total. Nah, beberapa berikut ini yang bisa kamu pilih:

1. SmallPDF

cara mengubah pdf ke word online

Dibanding dengan yang sudah ada lebih dulu, Smallpdf ini bisa dibilang pendatang baru yang jauh lebih hebat kemampuan programmnya karena hasil konversinya lumayan sempurna, apalagi untuk pdf yang memang hasil buatan dari Microsoft langsung yang sama sekali tidak diberi embel-embel, pastinya akan tampak seperti kita habis mengetik sendiri filenya.

Layanan yang diberikan oleh SmallPDF untuk cara merubah pdf ke word online ini pada dasarnya gratis, hanya saja untuk yang free dibatasi jumlahnya dan kita tidak bebas mengkonversi banyak file dalam sehari. Jika mau maka pilih yang Pro saja biar lebih bebas.

Untuk bentuk Pro nya kamu bisa dapat keunggulan seperti tanpa bata akses, bebas iklan, bisa upload banyak file sekaligus sehingga menghemat waktu, bisa memisahkan atau gabung file tanpa harus upload ulang serta bantuan teknik jika ada masalah. Adapun biayanya Cuma $6 per bulan.

Adapun fitur converter file yang tersedia dalam website resminya adalah : PDF jadi Word atau sebaliknya, ke excel, JPEG, dan PPT.

Adapun tips penggunaannya:

  1. Langsung buka situsnya: SmallPDF.com
  2. Klik kotak berwarna biru tua yang ada kata ‘PDF ke Word
  3. Lalu pada tulisan ‘Pilih File‘ silahkan kamu klik, lalu pilih file di komputermu yang akan kamu rubah jadi word.
  4. Selanjutnya, tinggal tunggu prosesnya (ditandai dengan kata ‘Mengupload‘ dan garis biru di atasnya). Jika garis biru sudah penuh 100% lalu muncul dua icon (pdf – merah dan word biru) dan tulisan ‘mengkonversi‘, maka tunggu sebentar lagi sampai ada kata “Luar biasa! File PDF Anda baru saja selesai dikonversi menjadi file Word. Selamat bersenang-senang.“, nah tinggal klik “Unduh File” di bawahnya dan langsung ‘Save‘ di PC mu.

Caraspot betul sudah membuktikan kehebatan sistemnya, dan hasilnya sempurna. Tinggal klik ‘Enable Editing‘ di atasnya untuk otak-atik isinya.

Walau kamu menggunakan versi gratis converternya tetap saya layanannya maksimal, seperti fitur sekali klik untuk mengunggah file, privasi data yang terjamin sebab setelah kamu mengambil filemu maka ia akan secara otomatis dihapus secara permanen, di samping itu ia juga sudah menggunakan server cloud yang kecepatannya jauh lebih baik dari yang baru menggunakan SSD.

Baca juga, Cara Merubah Word ke PDF

2. Convertonlinefree

Yang satu ini bisa dibilang pemain lama dalam layanan cara mengubah pdf ke ms word. Mereka sendiri mengklaim banyak hal dalam keunggulan layanannya, di ataranya:

  • 100% gratis dan tanpa embel-embel sama sekali sehingga kamu bisa bebas pakai jasanya.
  • Tampilan file document wordnya ‘high quality’ atau bisa dibilang tidak jauh beda dengan tampilan PDFnya.
  • Tidak ada syarat pendaftaran dan pengisian form sama sekali sehingga kita bisa langsung pakai tanpa harus konfirmasi dulu.

Adapun cara merubah filenya:

  1. Masuk ke situs resminya, di sini : http://convertonlinefree.com/PDFToWORDEN.aspx
  2. Selanjutnya, di bagian bawah ada pilihan menu PDF to Docx (untuk pengguna Microsoft baru seperti Office 2007 dan 2010) atau Doc (untuk word lama seperti Vista, XP, 2003) , silahkan pilih.
  3. Lalu klik tombol “Telusuri” dan pilih mana file PDF yang akan kamu konversi ke word.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung klik “Convert

(Jika tidak berfungsi tombolnya, tinggalkan saja dan gunakan layanan lainnya yang di sebut di bawah)

Dan bukan Cuma itu, berbagai jenis kebutuhan konver file tersedia dalam websitenya, di antaranya adalah :

Konversi RTF, MHT, ODT, HTM dan HTML, FB2, TXT, DOT dan DOTX,  XLS dan XLSX serta XLSB, XLT, XLTX, ODS, PPS, PPSX, PPT, PPTX, POT POTX, dan juga ODP ke PDF. Banyak sekali kan jenis ekstensi filenya, hebatnya semua bisa dilakukan oleh web ini.

Selain itu, berbagai format gambar juga bisa di-convert ke dalam bentuk PDF, seperti gambar GIF, JPEG, JPG, PNG, TIF, TIFF, dan BMP. Selain itu, dari format-format gambar tersebut juga masih bisa di konversi ke dalam format lain yang diinginkan.

Bagi kamu seorang blogger, bisa juga HTML di ubah dalam berbagai bentuk file seperti DOCX, RTF, TXT dan sebagainya. Dan mungkin juga yang punya data DJVU juga bisa merubahnya ke dalam bentuk Portable Document Format atau sebaliknya.

3. Adobe Export PDF

Ini adalah salah satu layanan online dari Adobe Acrobat langsung dimana kamu bisa melakukkan konversi dari file PDF yang sudah kamu punya ke dalam bentuk Word, Excel, Power Point (PPTX), atau RTF. Tapi saya ini tidak gratis karena ada biaya per bulan sebesa $1,99 per bulan, dan ini pun yang paling murah, kalau yang paling lengkap fiturnya bisa sampai $14,99 per bulan.

Bila anda tertarik menggunakan layanan dari Adobe di atas maka caranya cukup buka dulu filemu lalu di samping kanan atas klik ‘Tools” lalu pilih tab “Export PDF” lalu pada bagian Convert to pilih Microsoft Word (docx) dan terakhir klik tombol convert di bawahnya. Atau misalnya tak mau repot bisa masuk ke sini aja : https://www.acrobat.com/en_us/landing/exportpdf-pricing-b.html

B. Convert PDF to Word dengan Software

Kalau di atas kan cara mengubah pdf ke word tanpa software dan online, nah sekarang ini bagaimana kalau kita pakai yang menggunakan program saja yang mana sebelumnya harus di download dulu dan diinstall di komputer PC atau Laptop. Saya kira ini bisa jadi alternative kalau misalnya kita merasa hasil di atas kurang maksimal. Berikut aplikasinya:

UniPDF

Bisa dibilang UniPDF salah satu layanan konversi pdf ke ms word yang terkenal karena selain banyak di rekomendasikan, web besar juga banyak menaruh perhatian pada keunggulannya, sebut saja Softpedia yang menjamin 100% software ini CLEAR, yang artinya bebas dari segala malware, virus, Trojan dan sebagainya.

Dan kelebihannya juga adalah dimana kita juga bisa convert pdf ke dalam bentuk gambar dengan berbagai bentuk ekstensi, serta ke file HTML dan text file sehingga bisa menjawab banyak kebutuhan penggunanya. Dan tentunya dengan ini kamu tak butuh lagi koneksi internet kencang atau lambat karena selama sudah terinstall dalam komputer kamu bebas memakainya tanpa perlu peduli soal koneksi.

Selain yang di sebut di atas, layanan dari Unipdf ini juga tergolong sangat cepat dalam melakukan tugasnya, ya hanya beberapa detik saja (bukan menit) konversi ke Microsoft word pun langsung jadi.

Lanjut simak : Cara Membuat Tabel di MS Word

Layanan lainnya:

Di luar sana ada banyak sekali web yang menyediakan, dan selain yang disebut di atas, di bawah ini beberapa yang belum sempat Caraspot cicipi, tapi mungkin sayang juga kalau tidak direkomendasikan sama teman-teman karena bisa jadi salah satunya jadi pavoritmu nanti. Ini juga sekaligus untuk mengingatkan layanan mana yang tidak bagus dipakai.

  • pdf2doc.com – Jangan gunakan ini karena sudah kami coba, setelah diupload ternyata tombolnya tidak berfungsi. Kemungkinan besar situs ini hanya mencari penghasilan dari iklan saja.
  • freepdfconvert.com – Saya sendiri sudah pakai ini sekali. Walau di halaman utama ada tampilan biaya per bulan minimal $9, tapi setelah dicoba ternyata berhasil dan bisa jadi hasilnya. Caranya, cukup langsung klik “Select File” untuk memilih mana data yang mau kamu conversi, lalu di sampingnya pilih PDF, dan terakhir tinggal tekan tombol convertnya hingga prosesnya selesai dan muncul tombol “download” dan kamu pun bisa mengunduhnya dengan bebas. Untuk bisa mengedit isinya maka cukup klik “Enable Editing” di bagian atasnya.
  • convertpdftoword.net –  Servis dari website ini juga sudah ditest dan ternyata setelah didownload hasilnya kosong, yang muncul hanya gambar dari data aslinya. Jadi kesimpulannya, jangan digunakan.
  • online2pdf.com – Kalau yang satu ini bisa dibilang menarik buat pengguna windows 2003 hingga 2007 karena pilihan menu tersebut tersedia untuk dipilh sebelum melakukan konversi. Bagusnya lagi, kalau prosesnya sudah selesai kita tak perlu tekan atau klik apa pun karena akan langsung muncul perintah untuk save. Tapi, ada tapinya nih, setelah saya cek hasil kerjanya, ternyata gambar yang jadi background di tiap halamannya tidak hilang dan harus dihapus satu per satu, dan kalau pun telah dihapus tetap saja ada kota putih yang muncul yang buat tulisannya jadi kacau dan terhambur.

Cukup sampai di sini ya panduan Cara Mengubah PDF ke Word Online atau convert PDF to Word Tanpa Software. Semoga file anda bisa berubah jadi file docx dan bisa dijadikan referensi untuk diedit kembali atau mungkin hanya untuk diambil sebagaian isinya dalam artikel yang Anda buat. Saran saya, kalau masih bisa dapat yang gratisan baiknya itu aja dulu, kecuali kalau misalnya hasilnya kurang bagus, seperti kata-katanya yang tidak rapi dan sebagainya, maka barulah pakai yang pro atau premium.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *