Punya tugas sekolah atau kerja? Yuk, belajar tutorial cara membuat grafik di Excel 2007 / 2010 untuk semua versi Microsoft Windows, mulai dari Windows 7, 8, 10 dan seterusnya. Dan sebenarnya bikin grafik itu mudah, apalagi kalau pakai microsoft karena cukup buat dulu database nya atau tabel excel-nya, selanjutnya tinggal aktifkan saja iconnya dan hasilnya pun akan langsung terlihat, yang mana grafiknya juga bisa kita pilih, mulai dari yang bentuk balok, piramida, garis, dan lainnya. Tapi kalau di komputer pakainya Bahasa Inggris, seperti Column, Pie, Line, Area, Bar atau Batang dan lainnya yang mana itu pun masih ada pilihan di dalamnya.

Banyak sekali permintaan untuk artikel ini, mulai dari grafik batang di excel, 2007 pdf, yang dengan 2 sumbu Y, bahkan ada juga yang 2013 yang saya sendiri gak tau apa ada bedanya atau tidak. Tapi pada dasarnya mau pakai excel 2007 atau pun yang di atasnya seperti 2008 dan sebagainya, maka cara bikin grafiknya tetap sama karena sekarang ini tiap menu di microsoft semua menggunakan tampilan icon langsung jadi lebih mudah dan gampang untuk pemula.

Dalam Windows, grafik disebut juga dengan ‘Chart’ yang mana isinya menampilkan data perkembangan atau penurunan sebuah pencapaian atau jumlah. Tapi dalam Wikipedia ia diartikan dengan sebuah presentasi visual yang diarahkan pada benda datar vertikal seperti dinding atau layar khusus untuk tujuan memberi informasi atau ilustrasi terhadap nilai, apakah meningkat atau menurun. Misalnya data penduduk, nilai hasil ujian, gaji karyawan, pendapatan perusahaan dari bulan ke bulan atau dari tahun ke tahun dan lain sebagainya.

Dan jika ingin dipahami secara sederhana, grafik adalah data dalam kurun waktu tertentu yang ditampilkan dalam bentuk gambar yang kreatif, seperti balok, batang, garis dan sebagainya.

Tutorial Cara Membuat Grafik di Excel

Asal tau saja, kalau kamu sudah buat tabel dan sudah ada data per bulan atau per tahunnya maka kamu bisa gunakan itu untuk membuat grafik di berbagai program Microsoft Office, seperti Power Point, Word, Excel dan sebagainya. Jadi, tidak hanya pakai excel melulu, apalagi kalau sudah terlanjur buat presentasi di Power Point, kan bisa tinggal ngambil database yang sudah dibuat. Berikut langkah-langkahnya:

A. Grafik di MS Excel

Sebelum membaca cara lengkapnya kami juga akan memberikan langkah simpelnya, kecuali kalau tidak tau baru baca di bawah lagi.

  1. Buat tabel dulu
  2. Blok kolomnya
  3. Klik Insert >> Pilih jenis grafiknya

Nah, di bawah ini penjelasan yang lebih lengkap disertai dengan gambar biar gampang dimengerti.

1. Pertama bikin tabel dulu. Kalau belum bisa belajar panduannya di sini: cara membuat tabel di Excel – Dalam artikel ini kamu akan tau bagaimana meberi garis pada tabel, mengatur kolom dan baris hingga rumus-rumus excel dasar dan lanjutan.

cara bikin grafik di ms excel

Perlu juga diketahui, bahwa tabel yang dibuat tak mesti menggunakan baris dan teratur, yang penting datanya urut secara vertikal untuk tiap kelompok datanya.

2. Selanjutnya blok kolom-kolomnya sampai bawah. Kalau gambar di atas, mulai klik di judul kolom bernama ‘Bulan’ lalu tarik hingga ke kolom ‘Pengeluaran’ dan hingga ke baris paling bawah dari kolom Pengeluaran yang sejajar dengan bulan Desember.

3. Klik menu ‘Insert’ yang ada paling atas (di samping menu ‘Home’ atau lihat gambar di bawah yang lingkaran kecil merah)

4. Berikutnya, setelah muncul seperti gambar di bawah, silahkan pilih bentuk grafik yang kamu suka, apakah Column (balok), Line (garis), Pie (lingkaran potongan kue), Bar (batang), Area, Scatter (titik-titik) atau Other Charts yang berarti mencari pilihan bentuk grafik lainnya, seperti lingkaran, bola, jarring laba-laba dan sebagainya.

langkah buat grafik di microsoft excel

5. Setelah memilih, anggaplah kamu pilih Column, dengan mengklik tanda panah kecil di bawahnya, kemudian pilih lagi jenis grafik excel di dalamnya, seperti 3D, Cylinder, Cone, atau Pyramid. Sembarang saja. Caranya langsung klik saja icon gambar bentuk grafiknya untuk diaktifkan. Dan prosesnya pun selesai dengan tampilan seperti berikut:

cara membuat grafik di excel 2007

Data angka di samping kiri otomatis menyesuaikan dengan kelipatan angka pendapatan dan pengeluaran, sedang bulan diletakkan di bawahnya.

Pelajari juga : Rumus Excel Lengkap

B. Tahap Mengatur Grafik

Setelah tau cara membuat grafik di excel, pasti kan ada yang dianggap kurang pas posisi atau bentuknya, nah berikut ini beberapa pengaturan yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik tampilan grafik excel yang telah kamu buat. Untuk mulai melakukan pengaturan maka yang dilakukan adalah meng-klik bagian yang terlihat.

a. Cara mengganti model grafik

Grafik di excel bisa diganti-ganti sekalipun sudah jadi dan sudah dipilih, caranya:

  1. Klik kanan (bukan kiri) gambar grafik yang sudah jadi. Pastikan saat diklik semuanya terblok, termasuk data di samping kirinya (muncul bulatan kecil di semua sudutnya).
  2. Pilih “Change Chart Tipe…
  3. Klik bentuk grafik yang kamu suka lalu tekan oke.
b. Cara mengganti warna

Bisa jadi suka dengan bentuk grafiknya, tapi warnanya tidak, nah caranya:

1. Klik persis di bagian balok pada gambarnya hingga muncul tanda titik bulat kecil di atas dan bawahnya (harus persis kena warnanya ya)

2. Jika sudah muncul, lihat menu Chart Tools (paling atas sebelah kanan), lalu pilih “Design

mengganti wana grafik

3. Selanjutnya, di bawah menu Design tersebut tinggal pilih warna yang kamu suka di bawahnya seperti gambar di atas.

c. Memberi Warna pada Latar Grafik
  1. Klik pada grafik secara keseluruhan, hingga muncul bulatan kecil di semua sudutnya.
  2. Klik kanan pada area yang telah diklik
  3. Setelah muncul halaman kecil, pilih “Format Plot Area…
  4. Lalu menu “Fill” dan pilih jenis latanya, misalnya ‘Gradient Fill’. (bisa kamu sesuaikan juga keterangan warna latarnya dengan menggeser tanda panah). Terakhir Close untuk menutup.

Selain di atas, setelah masuk ke Fill kamu juga bisa atur garis tepi grafiknya dengan menekan Border, termasuk juga Shadow dan Glownya. Tinggal dicoba saja otak atik pasti bisa.

Baca dulu: Cara Membuat Tabel di MS Word

d. Cara Mengganti Garis-Garis Horizontal di belakang batang grafik

Seperti kamu lihat pada gambar yang menampilkan hasil akhir dari cara membuat grafik di excel di atas, di belakang baloknya ada garis bersusun seperti garis baris di excel yang mana tujuannya untuk memudahkan mengetahui titik paling atas tiap bulan grafiknya dengan disejajarkan dengan angka nominal di sebelah kirinya. Nah, kalau mau merubahnya biar lebih terang, begini langkahnya:

  1. Klik persis di garis tersebut sampai muncul titik bulat di masing-masing ujungnya.
  2. Lalu klik kanan di bagian itu.
  3. Setelah muncul halaman kecil atau Popup, selanjutnya pilih “Format Gridlines…
  4. Lalu pilih “line Color” kemudian klik “Solid Line” lalu tentukan warnanya dan transparansinya lalu tekan ‘close’ untuk melihat hasilnya.

Dengan cara ini, bisa juga mengatur lebar baris latar grafiknya dengan cara pilih Line Style.

e. Mengatur lebar dan jarak batang atau balok grafik excel

Kadang kan kita lihat grafiknya terlalu dempet dan kurang menarik dilihat, nah kita juga bisa mengatur jarak dan lebarnya dengan langkah ini:

1. Klik persis di bagian balok atau batang grafiknya sampai muncul bulatan kecil di bawah dan atasnya. Seperti ini:

cara mengatur jarak grafik excel

2. Klik kanan bagian yang sudah terblok.

3. Pilih menu “Format Data Series…” pada halaman kecil yang muncul.

4. Di bagian kiri tekan dulu “Series Options” lalu atur Gap Depth dan Width dengan menggeser ke kiri atau ke kanan icon seperti batu nisan atau jepitan baju, atau apalah. Dan terakhir klik “Close”.

f. Memberi Judul

Kadang juga kalau gak ada judulnya jadi repot karena orang tidak tau apa nama grafik excel yang kita buat. Nah, biar gampang kita bikin saja:

1. (Perhatikan gambar pada penjelasan ‘Cara mengganti Warna’ di atas), nah kamu klik juga menu “design” di Chart Tools seperti gambarnya.

2. Lalu pilih di bagian “Chart Layout” (tulisannya agak kabur) sesuai yang kamu inginkan karena ada 3 bentuk tata letak. Biar jelas perhatikan ini:

cara memberi judul grafik

3. Nah tinggal pilih dari beberapa yang ada yang ditampilkan seperti gambar di atas maka otomatis akan muncul judul, dan selanjutnya tinggal klik agar bis diedit dan ketik sendiri judul yang kamu mau.

Panduan terakhir ini juga bisa sekaligus mengatur posisi legend dan plot area grafik excel yang kamu buat sehingga tempatnya sesuai yang diinginkan.

g. Merubah Font / Huruf pada Tulisan

Jika kamu juga mau mengganti font atau jenis huruf pada grafik yang kamu bikin, maka caranya tak ada bedannya dengan kalau kita menulis biasa, yaitu cukup klik saja bagian yang mau diubah sampai muncul di setiap sudutnya bulatan kecil (ini maksudnya untuk memblok), lalu di menu “Home” di atas tinggal ganti jenis Font nya, apakah Calibri, Times New Roman, Arial dan sebagainya.

Sebelum ini, simak : Tutorial – Belajar MS Word Lengkap

C. Buat Grafik di Word

Dalam bagian cara membuat grafik di Word ini, caranya bisa sesuai yang disebut di atas dimana kita siapkan dulu tabelnya, dan bisa juga dengan langsung karena setelah kita aktifkan Insert >> Chart maka otomatis akan muncul halaman excel di sampingnya dan tinggal sesuaikan seperti grafik yang muncul. Adapun lebih jelasnya:

  1. Tempatkan dulu kursor di posisi dimana Grafik akan dibuat.
  2. Pilih Menu “Insert” di atas
  3. Klik gambar grafik atau Chart yang ada
  4. Setelah itu akan muncul langsung halaman excel separuh di sampingnya, sekaligus grafiknya di Word. Nah, tinggal isi saja tabelnya dengan keterangan berikut:
  • Klom Category 1, 2 dan 3, diisi dengan rentan waktu perbandingannya, bisa hari, minggu, bulan, atau tahun.
  • Klom Series 1, 2, dan 3, diisi dengan masing-masing pemilik datanya, misalnya si A dapat gaji 2 juta bulan sekian, si B sekian dan seterusnya, tergantung data grafik apa yang mau kamu buat di Microsoft Word.

Perlu diperhatikan juga, kalau saat mengatur isi data grafik kita juga bisa memilih mana yang mau diaktifkan atau tidak pada excelnya, yakni cukup dengan klik, tahan, lalu tarik pada titik atau pojok garis biru yang muncul. Jika ditarik ke dalam maka data yang tidak kena garis tidak akan muncul di grafik ms wordnya. Perhatikan titik dalam lingkaran merah di bawah.

mengatur data grafik word

Sekian ulasan kita hari ini, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik. Dan jangan lupa belajar cara menghitung persen pakai Excel

Jika panduan cara membuat grafik di excel 2007 – 2008 ini ada yang masih gantung alias gak jelas, jangan ragu, feel free langsung komentar saja biar kami atau mungkin pengunjung setia Caraspot bisa membantu Anda menjawab setiap pertanyaan.  Intinya, buat grafik di ms word atau pun Microsoft excel itu yang penting datanya sudah siap atau diketik, selebihnya tinggal klik tombol aja maka gambarnya pun sudah bisa muncul, apakah mau diprint atau dibuat presentasi juga bisa.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *