Mungkin anda bertanya apa yang harus dilakukan bila Tidak Bisa Upload Plugin  di blog WordPress self-hosted dan muncul tulisan seperti ini: “Are you sure you want to do this? Please try again.” Kalau ketemu masalah seperti ini jangan buru-buru menyalahkan pluginnya atau hostingnya karena bisa jadi problemnya ada dalam blog kamu sendiri.

Kalau di wordpress namanya plugin, tapi kalau di blogspot namanya widget, hanya saja kalau pakai blogger gak butuh diupload tapi langsung pasang scriptnya dan itu pun gak ada istilah gagal dan paling yang terjadi hanya kegagalan save pengaturannya saja.

Saran saya juga, pastikan lakukan backup dulu sebelum upload biar kalau ada kesalahan bisa langsung dikembalikan seperti semula atau caranya masuk ke cpanel dan nonaktifkan di sana pluginnya kalau ternyata bikin tampilan blogmu jadi putih polos.

Sebenarnya ini pengalaman pribadi dan yang saya share juga solusi dari yang sudah saya praktekkan berkat saran dari berbagai master. Nah, berikut beberapa yang harus dilakukan:

  1. Non aktifkan plugin Cache yang sedang aktif dengan terlebih dahulu menghapus data cache yang tersave di blog dan hostingmu, karena jika PHP memori hostingmu terlalu banyak juga mengakibatkan batas uploadnya jadi semakin sedikit. Selain itu, juga bisa diakibatkan karena jumlah file dalam blogmu sudah over.
  2. Refresh permalink blogmu (jangan dirubah lho… tapi cuma direfresh, karena bisa merusak trafik dan SEO blogmu) karena terkadang langkah ini juga dibutuhkan jika kita ingin mengupload plugin jenis apa saja.
  3. Solusi lain mengatasi plugin yang tidak bisa diupload adalah dengan menguploadnya via cpanel dengan masuk ke public HTML lalu pilih file blog tersebut bila seandainya ada lebih dari satu blog dalam hostingmu, yakni dengan masuk ke wp content lalu ke bagian plugin dan upload di sana.
  4. Jika cara di atas masih belum berhasil juga maka gunakan FTP account kamu untuk mengupload plugin wordpress tersebut, tentunya dengan bantuan software seperti Filezilla dan sebagainya dan tentunya diletakkan juga dalam folder kumpulan plugin.
  5. Terakhir bila masih muncul pesan Are you sure you want to do this? Please try again. adalah dengan meminta bantuan langsung ke pengelola hosting untuk mengetahui penyebabnya dan bisa juga langsung minta login ke blogmu untuk dibantu. Atau bisa juga si pemilik plugin diminta penjelasannya karena sudah pasti dia tahu alasan kegagalannya.

Bisa jadi masih ada solusi lain mengatasi gagal upload plugin di atas tapi sejauh ini yang saya tau dari para master blog luar negeri itu yang bisa dilakukan kalau ketemu problem seperti itu.

Jadi itu dulu sob 3 Cara Bila Tidak Bisa Upload Plugin (Please Try Again!) dari Caraspot yang patut kamu lakukan, dan tentunya kamu jangan lagi langsung menuduh kalau itu gagal karena pluginnya yang gak beres, karena bisa jadi masalahnya ada pada ilmunya yang masih kurang dan belum banyak makan asam garam soal cara mengatasi masalah upload plugin wordpress yang ngadat.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *