Kini komunikasi menjadi salah satu gaya hidup yang tidak dapat dilepaskan dari beragam kegiatan sehari-hari. Bahkan bisa jadi, kamu termasuk orang yang lebih memilih ketinggalan dompet di rumah daripada lupa membawa smartphone ke berbagai lokasi yang menjadi tujuanmu sehari-hari. Ya, tidak dapat dimungkiri sekarang sebagian besar kegiatan dan kebutuhan dapat dipenuhi hanya bermodal gadget di genggaman tanganmu. Mulai dari memesan makanan hingga untuk transportasi, smartphone telah menjadi penolong yang mempermudah hidupmu.

Namun, bukan berarti krusialnya penggunaan smartphone tidak menimbulkan efek negatif apa pun. Salah satu kelemahan bergantungnya dirimu pada penggunaan ponsel adalah semakin borosnya kamu dalam hal penggunaan telekomunikasi ini. Bila tidak dibendung, bisa jadi biaya kebutuhanmu akan layanan dari provider tersebut lebih besar daripada rupiah yang mesti dikeluarkan untuk makan siang selama sebulan. Bisa jadi juga, kamu sudah merasakan borosnya pemakaian tersebut sejak jauh-jauh hari?

Apabila kamu termasuk orang yang mulai merasa penggunaan untuk biaya smartphone yang satu ini mulai membebani, berarti sudah saatnya kamu kini mulai berhemat. Yang perlu diingat adalah berhemat tidak melulu harus membuat dirimu menderita karena terbatasnya akses untuk penggunaan komunikasi di ponselmu. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan anggaran komunikasi melalui smartphone-mu tersebut.

5 Cara Menghemat Pulsa

Berikut ini adalah langkah-langkah agar pulsa tidak cepat habis

tips cara menghemat pulsa

1. Beli di Situs Online

Yuk, mulai sekarang membiasakan diri membeli pulsa Simpati Loop maupun pulsa operator lainnya situs online dibandingkan di gerai fisiknya. Selain lebih mudah dan simpel, membeli di situs Traveloka akan lebih meringankan beban dompetmu. Tersedia pulsa Simpati Loop. Bagaimana tidak, ini karena jika di situs online, selisih nilai pembelianmu dengan nominal yang mesti kamu bayar tidak akan terlalu jauh. Bahkan bisa jadi, kamu bisa memperoleh harga yang angkanya lebih rendah daripada nilai yang provider tersebut sediakan.

2. Gunakan Lebih dari Satu Operator

Coba perhatikan, kamu pun pastinya sadar kini banyak ponsel pintar yang menyediakan slot sim card lebih dari satu, bukan? Hal ini sebenarnya dapat kamu manfaatkan guna menghemat pengeluaranmu. Gunakankan alat komunikasimu tersebut dengan memasukkan lebih dari satu operator di kedua tempat sim card tersebut. Kamu bisa memakainya sesuai kebutuhan kemudian. Sebagai contoh, untuk bertelepon biasa, kamu bisa memakai provider yang menyediakan layanan telepon murah. Sementara itu, kamu dapat menggunakan provider lain yang menyediakan paket internet yang lebih ramah saku. Pastikan juga kamu selalu memperhatikan operator apa yang hendak kamu telepon agar dapat disesuaikan dengan penggunaan sim card yang sesuai agar mendapatkan biaya telepon yang lebih terjangkau.

3. Manfaatkan Bonus yang Tersedia

Setiap operator biasanya memiliki bonus menarik yang dapat diperoleh dengan syarat dan ketentuan berlaku. Salah satunya ketika kamu mengisi pulsa dengan sejumlah angka tertentu ataupun saat kamu sudah melakukan layanan telepon selama waktu yang telah ditetapkan. Jika bonus itu sudah di tanganmu, jangan lupa memanfaatkannya. Biasanya bonus yang diberikan operator memiliki waktu gunannya sendiri-sendiri, misalnya dari pukul  sekian sampai pukul sekian. Ikuti ketentuan tersebut dan pakailah bonus tersebut untuk melakukan beragam aktivitas komunikasi yang sesuai dengan ketentuan. Jadinya, kamu akan lebih hemat sebab tidak perlu mengeluarkan biaya reguler untuk aktivitas komunikasi tersebut.

4. Pasang Kunci Layar Otomatis

Kesal tidak kalau tiba-tiba pulsamu berkurang banyak untuk sesuatu yang tidak kamu inginkan? Sebagai contoh, kamu harus kehilangan banyak angka rupiah sebab tidak sengaja menelepon seseorang yang nomornya terpencet ketika ponsel sedang ada di saku celanamu? Supaya hal tersebut tidak terjadi dan agar kamu bisa berhemat, mulai sekarang biasakan memasang kunci layar otomatis di handphone-mu, yuk! Ini guna menghindarkanmu dari aktivitas komunikasi yang tidak sengaja atau yang tidak diharapkan. Kamu pun bisa dengan bebas menaruh ponselmu di kantong celana maupun saku tas depan tanpa perlu khawatir akan terpencet nomor di layar yang menyebabkan panggilan yang tidak diharapkan.

5. Nyalakan Fitur Pembatasan Waktu Bicara

Menelepon merupakan salah satu aktivitas komunikasi melalui ponsel yang sangat boros. Namun, ada kalanya ketika menelepon seseorang, kamu seakan lupa akan waktu akibat keseruan obrolan yang kalian lakukan. Alhasil biaya teleponmu akan membengkak. Padahal, ada loh cara untuk mencegahmu melakukan obrolan yang panjang dan tidak terlalu penting melalui sambungan telepon. Kamu cukup mengaktfikan fitur pembatasan waktu bicara di ponselmu. Fitur ini secara otomatis akan mematikan sambungan teleponmu sesuai dengan waktu ingat yang telah kamu batasi. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari obrolan yang menghabiskan pundi demi pundi rupiahmu.

Tentunya dengan bisa menghemat melalui kelima cara di atas, kamu bisa menggunakan sisa rupiahmu untuk kebutuhan yang bermanfaat lainnya. Contohnya saja untuk berlibur maupun makan-makan di tempat yang kamu impikan. Meskipun penghematan tersebut terasa kecil, jika dikumpulkan lama-lama akan menjadi bukit, loh.

Tagged:

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *