Memahami arti Tata kelakuan maka artinya kita belajar makna dari adat istiadat. Ya, karena dalam kamus bahasa Inggris, makna kata Mores adalah diartikan adat istiadat.

Adapun defenisi atau arti tata kelakuan ialah

“Sekumpulan tingkah laku yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari segolongan manusia yang terapkan secara sadar guna dilakukan pengawasan dalam sekelompok masyarakat atas anggota-anggotanya.”

Dalam tata kelakuan di dalamnya juga mengandung unsur paksaan atau melarang suatu perbuatan. Hal ini berlaku pada setiap anggota masyarakat guna terlaksananya ketertiban dalam suatu kelompok.

Simak juga : Cara Menggunakan Kamus Bahasa Indonesia

Pengertian Adat Istiadat

Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna dari kata adat istiadat adalah tata kelakuan yang sifatnya kekal dan juga turun-temurun dari generasi sebelumnya ke genenasi selanjutnya, dan seterusnya sebagai warisan. Oleh karenanya adat istiadat ini kuat integrasinya dengan pola perilaku dari masyarakat itu sendiri.

Beberapa contoh norma dari yang disebutkan di atas, seperti :defenisi arti tata kelakuan - mores

  • Tidak menikahi saudara kandung
  • Saling menyapa saat berpapasan di jalan
  • Tidak menerima tamu saat suami tidak di rumah
  • Melarang membunuh sesama
  • Tidak menebang pohon sembarangan

Dan banyak lagi norma (mores) yang berlaku di masyarakat kita, Indonesia, yang secara umum diketahui dan dijalankan. Walu demikian, banyak juga yang mulai ditinggalkan, seperti berjalan bersama dengan yang bukan muhrimnya, memanggil orang tua dengan namanya, dan sebagainya.

Dengan adanya hukum tak tertulis atau norma sosial ini, maka bisa dikatakan bahwa hal tersebut menjadi salah satu cara mengatasi masalah sosial. Karenanya, penguatan norma tersebut haruslah semakin didukung oleh pemerintah.

Hilangnya sebuah norma bisa dipengaruhi banyak hal, seperti karena pengaruh globalisasi, pergeseran akhlak dan juga peran tokoh masyarakat yang tidak lagi seperti dulu lagi.

Jadi jelaslah bahwa arti tata kelakuan atau mores dalam bahasa Inggris adalah adat atau kebiasaan sikap dari masyarakat tertentu yang dipelihara secara turun temurun. Dengan demikian, hal ini menjadi semacam hukum tidak tertulis di masyarakat yang pelanggarnya diberi sanksi sosial.

Baca juga : Arti Kata CARA

Tagged:

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *