Shalat sunnat hari raya Idul Adha hukumnya sunnah Mu’akkad bagi setiap muslim dan muslimah. Nah, niat sholat Idul Adha dalam bahasa Arab  dan latin serta tata cara mengerjakannnya ini ditujukan bagi yang belum tau sama sekali baik itu lafadz Arabnya maupun terjemahnya.

Salat Ied Al-Adha lebih baik dikerjakan berjamaah yang mana tempat pelaksanaannya boleh di masjid dan boleh juga di lapangan, akan tetapi lebih diutamakan dilakukan di ruang terbuka seperti tanah lapang sebagai syiar Islam. Adapun cara meniatkannya cukup dilafalkan dalam hati jika kita sudah merasa yakin atau boleh juga dibantu dengan lisan agar hati semakin mantap sebagaimana dianjurkan banyak ulama.

Bacaan Niat Sholat Idul Adha dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Niat di sini tak perlu harus dengan bahasa Arab jika memang tidak bisa baca Al-Qur’an, tapi cukup baca tulisan latinnya saja.

Dan juga, niat itu cukup dalam hati saja kecuali kalau tidak merasa mantap kalau tidak diucapkan di mulut maka tak masalah karena sebagian ulama juga menganjurkannya untuk menambah kemantapan hati kita. Ini sebagaimana kami bahas juga dalam Niat Sholat Tahajud pada kesempatan sebelumnya.

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Ma’mum

Dalam bahasa Arab

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA ‘IIDHIL ADHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA’MUUMAN LIL-LAAHI TA’AALA

Artinya :

“Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai makmum, karena Allah Ta’ala”

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا لِلّٰهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA ‘IIDHIL ADHAA ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA’AALA

Artinya :

“Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam, karena Allah Ta’ala”

Jadi bedanya niat antara Imam dan Makmum adalah pada tambahan kata makmuman dan imaman sebelum kata ‘lillahi Ta’ala’ sedang di awal teks atau tulisannya sama saja.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Ied al-Adha

Jika ditanya bagaimana niat sholat idul adha mungkin singkat sekali menjawabnya, tapi kan kita tidak hanya baca itu saja melainkan ada rangkaian bacaan dan gerakan lain di dalamnya. Nah, berikut ini urutan2nya:

1. Pertama kali yang harus dilakukan setelah sholat subuh adalah melakukan persiapan dengan melakukan mandi sunnah sebelum idul adha kemudian memakai pakain yang terbaik yang dimiliki dan juga disunnahkan memakai wewangian.

2. Berjalan menuju masjid atau lapangan sambil terus bertakbir.bacaan niat sholat idul adha

3. Sesampainya di Masjid langsung menunaikan sholat Tahiyatul Masjid, tapi bila di lapangan tempatnya maka langsung duduk saja dan terus bertakbir hingga sholat Iedul Qurban dilaksanakan.

4. Nah, barulah mulai sholat dengan dimulai membaca niat sholat sunnah idul Adha sebagaimana disebutkan di atas.

A. Rakaat pertama :

Setelah membaca niat shalat kemudian takbiratul ihram lalu membaca doa iftitah sebagaimana dalam sholat lain. Lalu Takbir lagi sebanyak 7 kali (ada juga yang tanpa diselingi doa iftitah). Dalam 7 takbir (selain takbiratul ihram) tersebut maka setiap selesai takbir disunnahkan membaca pujian berikut sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Mas’ud:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA  LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII

Terjemahnya :

“Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.”

5. Setelah itu mulai membaca Surah Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan bacaan surah-surah pendek, tapi dalam hadits disebutkan bahwa sebaiknya membaca Surah Qaf atau Surah Al-A’la (Sabbihisma rabbikal-a’laa)

Rakaat Kedua:

6. Sesudah ruku’ dan sujud kemudian berdiri lagi untuk rakaat keduanya, maka takbir lagi sebanyak 5 kali yang juga setiap selesai takbir membaca pujian seperti di takbir rakaat pertama di atas.

7. Lalu dilanjutkan juga dengan membaca Al-fatihah dan surah pendek, tapi bila ingin sesuai sunnah Nabi maka lebih utama membaca surat Al-Ghasyiah. Dan seterusnya hingga salam dan sholat selesai.

8. Selanjutnya, bagi makmum boleh mendengarkan khutbah atau meninggalkan tempat duduknya sebagaimana sabda Nabi. Adapun bagi Khatib pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua 7 kali.

Catatan:

  1. Biasanya Imam membaca doa iftitah yang berbeda-beda (karena ada 12 macam bacaan) jadi agar tidak ketinggalan takbirnya maka pada shola idul adha ini sebaiknya pilih bacaan yang singkat saja.
  2. Makmum dalam hal ini membaca Al-Fatihah dan surah pendek dalam hati saja, sedang imam membesarkan suaranya.
  3. Sunnah dalam sholat idul adha ada 4, yaitu mandi sebelum sholat dan menggunakan pakaian yang terbaik serta parfum yang wangi, tidak makan sebelum sholat, pulang dengan jalan yang berbeda saat pergi, dan takbiran mulai tgl 9 hingga 13 Dzulhijjah.

Perlu pula dipahami, karena sholat sunnah idul adha ini merupakan syiar maka oleh Nabi saw. disunnahkan agar semua muslim dan muslimah ikut meramaikan pelaksanaan shalat ied tersebut, mulai dari anak-anak, tua-muda, dan bahkan bagi wanita yang sedang datang bulan tetap dianjurkan keluar ke tanah lapang ikut menyaksikan sekalipun tidak ikut menjalankan sholat berjamaah.

Ilmu seputar Sholat Idul Qurban

Mungkin kita tak hanya perlu niat sholat idul Adha dalam bahasa Arab maupun latin, tapi juga ilmu berkaitan dengannya yang penting diketahui seperti:

Pada tanggal berapa shalat ‘Id Adha dilaksanakan?

Tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Jadi disesuaikan dengan penanggalan Hijriyah, bukan Masehi maupun hari. Mengenai kapan masuknya waktu tersebut juga kadang terjadi perbedaan sehingga waktu lebaran Qurban juga kadang berbeda hari pelaksanaannya di antara umat Islam di Indonesia, terutama jika bertepatan dengan tahun kabisat.

Adapun untuk Idul Fitri sholatnya dilaksanakan ketika telah masuk 1 syawal yang sekaligus sebagai hari berakhirnya bulan Ramadhan.

Mulai kapan dan sampai kapan disunnahkan membaca Takbir pada hari raya Idul Adha?

Untuk hari raya Fitri waktnya hanya dimulai dari malam 1 Syawal hingga imam berdiri untuk mengerjakan sholat Ied. Adapun untuk hari raya Adh-ha waktunya mulai pada hari ‘Arafah tanggal 9 Dzulhijjah hingga tanggal 13 Dzulhijjah dan dilakukan setiap kali selesai sholat Fardhu.

Bagaimana bunyi lafadz Takbiran hari raya?

Mengenai ini kami ulas pada halaman tersendiri biar lebih focus pembahasannya, untuk itu silahkan baca di sini :

Bagaimana cara puasa sebelum Idul Adha?

Puasa Bulan Ramadhan berbeda dengan puasa Idul Adha yang mana bila Ramadhan kita diwajibkan puasa selama sebulan penuh, tapi pada Ied Qurban ini kita hanya disunnahkan untuk tidak makan maupun minum mulai dari sebelum sholat subuh hingga dilaksanakannya sholat Ied.

Jadi dalam puasa Adha kita baru boleh makan dan minum setelah sholat Ied dilaksanakan.

Jika tidak tau cara melafalkan niat sholat Idul Adha bahasa Arab di atas jangan sungkan menghubungi saya untuk diajarkan bagaimana mengucapkannya, ya hitung2 buat nambah teman sekaligus dapat penghasilan tambahan he he…! Tapi disarankan jika tidak bisa disarankan pakai bahasa Latin saja atau kalau belum juga tau membaca maka niatkan saja dalam hati dengan bahasa Indonesia bahwa Anda ingin menunaikan sholat sunnah Idul Adha karena semua boleh dilakukan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *