Cara membuat bakso sapi, ayam dan ikan tidak terlalu sulit, yang sulit adalah bagaimana resep bakso sapi kita bisa enak dan kenyal, terutama pada cara membuat kuah dan bumbunya. Makanya Rahasia resep bakso sapi, ikan dan ayam ini patut anda pelajari sebagai modal jika ingin bisnis kuliner ballmeal dengan jutaan penggemar ini. Pada dasarnya yang menjadikan bakso hasil buatan kita dan juga yang banyak dijual di warung-warung menjadi enak adalah dari kuah bakso itu sendiri yang mana itu didapatkan dari daging yang dimasak bersama kuahnya. Semakin banyak kandungan lemaknya maka akan semakin nikmat. Itu pula sebabnya banyak penjual bakso kaki lima yang memilih menggunakan tulang yang diremukkan atau pun daging yang menempel di tulang karena bagian tersebut jauh lebih gurih dan berlemak di banding bagian lainnya seperti dada dan pahanya. Ini baru salah satu faktor pemicunya saja, masih banyak lagi yang harus diperhatikan agar hasil bikin baksonya lebih sempurna, baik rasa maupun teksturnya saat dikunyah.

Penulis Caraspot juga punya pengalaman soal resep masakan buat bakso sendiri di rumah, tapi sayang waktu itu kita menggunakan jasa giling dagingnya di pasar yang mana menggunakan bahan dan mesin dari mereka. Dari segi rasa dan kekenyalan sebenarnya sih puas, ya apalagi kalau bukan karena enak. Hanya saja, khawatirnya tuh kalau ada yang giling daging tidak halal sebelumnya, kan otomatis jadi tidak murni lagi baksonya. Kan kita semua tau kalau tempat gilingan daging seperti itu kurang memperhatikan kebersihan. Dan yang bikin berkesan waktu itu, ketika anak saya bilang “Iii…. papa pintar bikin bakso sendiri!”. Padahal itu masih pakai bantuan orang lain, gimana kalau semua proses awalnya dikerja sendiri, mungkin akan dapat pujian lebih banyak lagi he he. Nah, makanya resep bakso sapi, ayam dan ikan di bawah ini saya ambil dari blog yang memang hasil praktek sendiri dan bukan asal copas. Jadi lebih natural dan bisa dipertanggungjawabkan kebenaran bahan dan kuah baksonya serta cara membuatnya.

Rahasia Cara Membuat Bakso Sapi yang Enak dan Kenyal serta Bakso Ikan dan Ayam, lengkap dengan Bumbu Kuahnya yang Nikmat

rahasia cara membuat bakso sapi kenyal dan bumbu kuah enak

Sumber rujukan utama dari artikel resep masakan berkuah ini kami sadur dari blognya Mbak Ricke Indriani di http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.co.id –  Teman-teman kalau ada yang mau resep lainnya bisa ke sana, tapi ada baiknya tuntaskan dulu belajar cara membuat bakso sapi di sini biar ilmunya nambah. Hanya saja yang membedakan blog ini dengan sumber aslinya adalah karena ada banyak referensi terpercaya yang digabungkan di dalamnya, termasuk tips bikin kuah baksonya lebih enak lagi dari Rouco.co.id. Bisa dibilang panduan di sini lebih lengkap, jadi tak perlu lagi cari-cari artikel di blog lain. Nah berikut langkah buatnya:

A. Resep Bakso Sapi Enak

  • 500 gr daging sapi segar tanpa lemak. Untuk mendapatkan ini maka bunda harus hunting sendiri di pasar tradisional, paling bagus kalau masih subuh karena dagingnya baru saja disembelih.
  • 3-5 siung bawang putih, haluskan. Bisa juga lebih banyak.
  • 3 siung bawang putih, yang telah diiris dan digoreng.
  • 150 gr es batu, yang telah dihancur. Tapi kalau tidak punya baiknya pakai air es yang dingin sekali
  • 50 ml putih telur. Kalau di tempat penggilingan ini tidak digunakan. Tapi bila mau menambah cita rasa dan kenyalnya baiknya dipakai saja.
  • 2 sdt garam atau secukupnya
  • 100 gr tepung sagu kering. Bisa juga beli langsung yang kemasan di Minimarket. Dan mengenai ukurannya bunda bisa juga membuatnya lebih banyak atau kurang, tergantung selera sih.
  • 1/2 sdt soda kue (bisa juga baking powder)

Tips bikin bakso enak dan kenyal

  1. Kalau dari mbak Ricke sendiri memberikan saran bahwa kalau mau hasil bakso buatannya kenyal seperti yang dijual di warung bakso pinggir jalan maka usahakan pakai daging segar, tapi saya sendiri pernah praktek hasilnya gak bagus kalau gak pakai bahan khusus, malah kayak ada lendirnya di lapisan luarnya. Nah, dari pada gagal mending niru yang biasa dilakukan di tempat penggilingan daging di pasar yang mana mereka selalu menambahkan bahan poly powder atau istilahnya ‘obat bakso’. Ini adalah bahan sejenis STP atau Sodium Tripoly Phospat. Dari segi harga katanya lebih murah dibanding bahan lain. Dari segi keamanan, menggunakan poly powder jauh lebih baik dari pada bahan lain karena ia sudah termasuk dalam bahan yang ‘food grade’ atau masuk dalam standar bahan yang cocok untuk makanan. Berbeda dengan yang ‘non-food grade’ seperti boraks yang sejatinya bukan untuk makanan.
  2. Jika kamu merasa terlalu ribet jika semua bahannya disiapkan sendiri maka bisa memilih dengan menggunakan tepung bakso khusus yang didalamnya sudah  tercampur semua bahannya dan kita cukup mencampurnya saja dengan daging yang sudah digiling. Jadi tidak perlu repot menakar, yang mana cara ini cenderung lebih mudah berhasil. Bila mua mendapatkan bahan jadi seperti ini, maka sebaiknya tanyakan langsung pada jasa penggilingan biasanya kalau ia lagi tidak menjualnya, pasti tau dimana harus beli. Hanya saja, kekurangannya kalau menggunakan bahan jadi seperti ini adalah dimana kita tidak bisa berkreasi dengan resep sendiri, jadi hanya ngikut sama resep orang lain.
  3. Soda kue dimaksudkan untuk menghasilkan pori yang halus pada bagian dalam bakso ketika dibelah. Ini juga fungsinya supaya bakso bisa dengan mudah menyerap kuah kedalamnya sehingga ketika digigit akan semakin nikmat. Walu ini sepeleh tapi kalau buatnya untuk usaha maka sebaiknya tetap harus diperhatikan.
  4. Sebagian yang lain berpendapat bahwa jika ingin menghasilkan bakso yang agak renyak maka diberi tambahan daging ayam, katanya lebih bagus dengan sedikit fillet dada ayam. Kira-kira perbandinganya 1 : 4 (1 untuk daging ayamnya dan 4 adalah daging sapinya). Sedangkan bagi penjual bakso sebenarnya cara ini dilakukan bukan hanya untuk tujuan tersebut, tapi untuk mengurangi biaya produksi dan keuntungan yang didapat juga lebih banyak.

Cara bikinnya:

resep bakso sapi, ayam dan ikan

  1. Pertama potong-potong dulu dagingnya agar mudah hancur saat diblender. Kemudian barulah dimasukkan dalam blender daging yang telah disiapkan. Usahakan giling hinggga betul-betul halus.
  2. Berikutnya barulah masukkan bahan seperti bawang putih yang telah dihaluskan, putih telur, bawang goreng, garam dan sisa es batu. Lalu giling lagi hingga halus betul.
  3. Selanjutnya tambahkan tepung sagu kering dan juga soda kue / baking powder. Kemudian lanjutkan menggiling adonan bakso hingga didapatkan hasil yang berbentuk pasta dan lembut.
  4. Sekarang saatnya memasak. Caranya masak dulu air untuk merebus bakso yang telah dibentuk bulat, usahakan hingga mendidih dengan air yang agak banyak. Kalau dalam resep aslinya, setelah mendidih apinya dimatikan atau dinyalakan dengan api kecil saja. Tapi pengalaman saya malah kalau adonannya kurang sempurna bakalan menyatu, jadi saya nyalakan besar saja apinya.  Hanya saja kalau apinya dikecilkan bisa semakin baik hasilnya.
  5. Cara membentuk bakso jadi bulat : Caranya, celup dulu sendoknya di air dingin lalu ambil adonan agak banyak dan taruh di telapak tangan. Lalu, genggam adonan hingga keluar ke atas (dilubang yang terbentuk antara jadi telunjuk dan ibu jari). Kemudian tinggal ambil adonan bakso yang keluar tersebut menggunakan sendok yang juga telah dicelupkan di air es. Tinggal masukkan dalam air panas tadi. Lakukan ini hingga adonan terbentuk bulat semua, lalu biarkan dulu hingga semua bakso mengembang dan barulah dimasak dengan api besar hingga semua bakso matang sempurna sampai bagian dalamnya.
  6. Terakhir, siapkan baskom dan isi dengan air dingin. Masukkan bakso yang telah matang ke dalam baskom tersebut dan tunggu hingga dingin lalu tiriskan. Tededdddd akhirnya bakso buatan bunda sudah jadi. Gampang kan?

Tips:

  • Untuk blendernya dalam resep bakso sapi ini baiknya gunakan blender daging khusus agar hasilnya lebih baik. Istilah untuk alatnya adalah FP atau Food Processor. Biasnaya bentuk baling-balingnya lebih besar dan wadahnya lebih lebar dari blender biasa.
  • Jika memilih langsung memasak bakso yang telah dibentuk dengan api besar maka setiap kali ada bakso yang sudah mengambang dipisahkan dulu di tempat lain dan setelah semua proses pembentukan dan pemasakan awal selesai maka barulah dimasak ulang hingga betul-betul matang. Hanya saja cara seperti ini kurang baik pada bentuk tekstur permukaan bakso yang mana jadinya akan terlihat kasar. Berbeda kalau pakai cara mbak Ricke yang hanya menggunakan air panas pada saat setelah adonan bakso dibentuk, karena permukaan baksonya akan terlihat halus dan lembut.
  • Membentuk bakso jadi bulat bisa juga menggunakan dua sendok yang salah satunya terisi adonan di bagian ujungnya dan satunya lagi menekan dan memisahkan adonan dari sendok. Atau kalau tidak mau repot bisa juga dengan cara dimasukkan dalam talang lebar berukuran 2 cm lalu dikukus agak lama, dan setelah jadi baru dipotong-potong kotak.
  • Kalau mau hasilnya lebih banyak maka bentuk saja menjadi bulatan kecil, selain itu, bentuknya yang kecil bisa bikin lebih mudah matang dan tidak perlu dipotong dulu ketika ingin dimakan.
  • Jika ingin bakso buatanmu tahan hingga 2-3 bulan dan tidak menjadi kering maka masukkan ke dalam freezer dengan sebelumnya di bungkus plastic atau dengan zipper bag. Atau jika ingin bertahan hanya seminggu sama maka cukup di bagian pendingin kulkas saja.
Resep bumbu Kuah Bakso:

Setelah tau cara membuat bakso sapi yang enak, selanjutnya uleg bahan-bahan berikut menjadi satu, dengan takaran yang disesuaikan selera, yakni bawang merah, bawang putih, sedikit gula pasir, garam, merica bubuk, dan kalau ada pala bubuk juga bisa ditambahkan. Tapi kalau mau lebih pas rasanya kamu juga bisa menambahkan bumbu bakso dalam kemasan yang banyak dijual di pasar tradisional atau minimarket.

Dan agar kuahnya lebih enak lagi, sebaiknya masak air bersama kaki sapi dan juga tetelan daging. Karena rahasia kuah bakso yang enak yang banyak dipraktekkan banyak penjual sebenarnya bahan ini. Terkadang tulangnya dibuat agak remuk biar semakin banyak mengeluarkan aroma khasnya saat dimasak, tapi bila tidak sanggup karena keras maka langsung saja dimasak. Kamu bisa beli di pasar tradisional dan tidak masalah jika dagingnya sudah diambili karena tetap akan ada aromanya. Kalau misalnya mahal maka beli saja tetelannya dan bagian tulang yang lain.

Selamat praktek ya cara membuat bakso sapinya, semoga resep bakso sapi, ikan dan ayam yang bunda buat berhasil dan enak dimakan.

About The Author

Comments

  1. Cara Pintar

    Makasih resepnya gan… gan riquest resep mie ayam yah

  2. Mesin Modern

    Terimakasih infonya sangat membantu,dan sekarang saya sudah bisa membuat bakso sendiri. Resep anda sangat berguna bagi saya.

  3. elly

    ni daging kurban saya bikin bakso dan saya bikin seperti resep di atas. hem enak bgt.. makasih ya

  4. moh ahmadi

    terima kasih resepnya ni dah membantu murid2 – murid saya untuk bisa saling sering

  5. 5 Jenis Wirausaha Yang Sangat Prosfektif

    Tentunya dengan menguasai teknik pembuatan bakso dengan citarasa yang lezat,ini akan menjadikan sebuah peluang bagi kita yang memang tertarik untuk coba berwirausaha bakso dengan membuka kedai/kios bakso! tanpa mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu dalam cara pembuatan bakso,rasanya akan sulit sekali bagi kita untuk bersaing dengan yang lainnya. BTW terima kasih banyak atas resepnya,pastinya semua resep di atas tadi akan sangat bermanfaat bagi para pembaca yang memang sangat tertarik dan berminat ingin coba berwirausaha bakso.

  6. Ucie Eka

    Saran supaya baksonya tidak menempel waktu dibikin, di air rebusannya dikasih sedikit minyak goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *