Materi kultum Ramadhan ini kami sediakan buat Anda yang mungkin dapat giliran memberikan ceramah singkat sebelum sholat Tarawih maupun sesudah shalat subuh di bulan Ramadhan. Kumpulan contoh tausiyah ini sebisa mungkin berbobot, padat dan singkat agar waktunya tak terlalu lama.

Kumpulan contoh kultum berikut menyajikan berbagai judul ceramah terbaru yang khusus untuk bulan puasa yang sebentar lagi kita laksanakan. Adapun materinya menyangkut berbagai hal yang bisa dibilang tidak itu-itu melulu yang dibahas, bisa juga dikaitkan dengan kejadian yang marak terjadi sehingga para jamaah masjid lebih antusias mendengar tausiyah yang kita bawakan.

Pengertian kultum sendiri adalah singkatan dari kalimat “kuliah tujuh menit”. Sekalipun seperti itu, tapi dalam kenyataannya kultum tak mesti harus dibawakan dalam 7 menit saja, malah ada yang karena tidak bisa mengatur waktu hingga sampai 70 menit.

Menurut hemat penulis sendiri, kalau pun lebih dari yang dimaksud, sebaiknya tetap di buat singkat ceramahnya dan jangan lebih dari 30 menit.

Kumpulan Contoh Materi Kultum Ramadhan

Beberapa contoh kultum Ramadhan yang akan kamu download berikut ini sebagian dari judul yang lazim dibawakan dan sebagian lagi yang masih fresh dan terbaru yang mungkin belum pernah dishare sehingga lebih dinanti-nanti jamaah sholat tarwih di daerahmu.

1. Hikmah Puasa Ramadhan

Silahkan kunjungi tautan di atas untuk langsung membaca artikelnya. Tapi selain hikmah, telah dijelaskan juga beberapa poin penting soal puasa yang bisa dijadikan tambahan materi, seperti hal hal yang membatalkan puasa, niat sholat tahajud dan doa sholat tahajud, cara mengganti puasa ramadhan dan sebagainya.

2. Keutamaan Bulan Ramadhan

Dalam kultum ramadhan singkat dalam bentuk file MS Word ini dipaparkan 5 keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang berpuasa dimana masing-masing hikmahnya dijelaskan dengan hadis dan ayat sehingga lebih mudah dijelaskan walau tak harus melihat teks. Unduh Disini

3. Keutamaan Tersenyum di Hadapan Seorang Muslim

Contoh Materi khutbah pendek ini ditulis oleh Abdullah Taslim, Lc., MA yang merupakan lulusan dari Al-Azhar Mesir yang pertama kali dipublikasikan oleh Muslim.or.id. yang mana isinya mengulas secara singkat dan padat soal apa saja faidah dari senyum kita kepada sesama manusia. Di dalamnya juga disertakan pendapat ulama mengenai penjelasan dari hadis yang diutarakan. Untuk itu, silahkan Download Disini

4. Bercermin kepada Solidaritas Sahabat Nabi

Ceramah Ramadhan terbaru ditampilkan dalam bentuk PDF dan bisa di download langsung. Di dalamnya mencakup pendapat Sayyid Quthb mengenai ayat 214 surah Al-Baqarah yang mengungkap hakikat orang yang beriman dalam menghadapi ujian dan bagaimana perlakukan kita terhadapnya agar dapat mencontoh para sahabat. Via Mediafire Disini

5. Golongan yang Pertama Masuk Neraka

Selama ini kita hanya sering memperhatikan ayat-ayat soal ganjaran surga, sehingga dengan mengambil tema ini maka tentunya jamaah akan lebih memberikan perhatiannya. Materinya juga berbentuk PDF yang bisa diunduh lewat mediafire.com. Download via Mediafire

6. Berjabat Tangan sebagai Penghapus Dosa

Sebagaimana kita ketahui bahwa tak akan diterima puasa seseorang yang bermusuhan hingga ia saling memaafkan. Dalam uraian ini akan dijelaskan secara sederhana bagaimana cara agar dosa kita bisa terhapus sekaligus ibadah Ramadhan kita diterima disisi-Nya. Download disini

7. Menggapai Keberkahan Hidupmateri kultum ramadhan

Setiap orang pasti tidak hanya ingin punya banyak uang tapi bagaimana agar uang yang ia miliki dapat bermanfaat bagi banyak orang dan terlebih lagi berkah sehingga walau sedikit tetap saja nilainya lebih berarti dari harta yang banyak. Silahkan unduh untuk mengetahui ulasan lengkapnya Disini.

Blog yang Menyajikan Contoh Ceramah Ramadhan Singkat

Dari hasil pencarian caraspot, ternyata tak semua blog betul-betul menyajikan materi kultum ramadhan pendek yang kita cari, ada beberapa yang hanya menyebut judulnya, tanpa ada isi ceramah di dalamnya. Nah, beberapa web atau blog ini sudah kami cek dengan mencoba mendownload beberapa filenya dan ternyata betul bisa dipertanggungjawabkan.

  • Blog Akhmad Ali Ikhsan – Tempat penyimpanan materi ceramah terbaru dan terbaik dari Akhmad Ali ini di mediafire sehingga bisa dibilang prosesnya lebih singkat dan cepat dan tombol downloadnya juga lebih jelas dan tak membingunkan. Belum lagi filenya dalam bentuk Word singkat sehingga mudah diedit sendiri.
  • Blog Foskaski – Kalau blog yang satu ini juga memberikan list isi ceramah yang banyak sekali, sampai 31 judul, dan untuk mengambil filenya harus di download lewat Ziddu, ya agak sedikit rumit karena harus input kode verifikasi semacam captha dulu, tapi bila berhasil tentunya anda tak harus browsing kesana kemari lagi. Di antara judul yang disajikan adalah, Kelompok Orang yang Berpuasa, Halangan yang tidak dibenarkan untuk berbuka, Ancaman membatalkan puasa ramadhan dengan sengaja dan sebagainya.
  • Kultum dari Genurid12 – Dalam blog ini langsung menampilkan 30 materi kultum tarawih terbaik sehingga halamannya sangat panjang, tapi bagusnya kita tak perlu lagi mengunduh tapi langsung copy filenya dan kita save dalam Microsoft word sehingga bisa diedit dan diatur sendiri tulisannya.
Tips membawakan ceramah singkat:

Ada banyak orang yang kadang terlihat PD (percaya diri) sekali bila ngobrol biasa dengan orang, tapi begitu disuruh naik ke mimbar/podium mukanya langsung merah, keringat dingin dan gemetaran. Nah berikut beberapa tipsnya:

  1. Kuasai medan – Jika kamu punya jadwal giliran membawakan kulutum di masjid dan tau kapan waktumu maka sebaiknya sehari sebelumnya, saat tidak ada orang, kamu coba naik ke mimbar sambil praktek sendiri. Ini tujuannya agar nanti kamu merasa menguasai tempat kamu berbicara dan mentalmu akan lebih kuat walau harus bicara di depan umum. Cara ini juga sudah sering dipraktekkan banyak pemula dan lumayan membantu mengurangi nerveous.
  2. Pahami isi materi dengan baik – Banyak yang terkadang melakukan kesalahan dengan menghafal teks ceramahnya, padahal cara seperti ini malah akan membuat kamu gagal, karena saat sudah gugup dan gemetar semua yang kamu hafal sebelumnya akan hilang dan lupa. Tapi, bila kamu menghayati dan memahami maksudnya saja maka walau bicara 1 jam pun kamu masih bisa karena semua kata-katanya bebas kamu susun sendiri dengan maksud tetap sama dengan teks kultum pendek yang ada di catatanmu.
  3. Praktekkan tips-tips biar PD bicara di depan umum. Silahkan kunjungi tautannya dan belajar dalam artikel tersebut apa saja yang harus dilakukan agar saat ceramah ramadhan tidak gugup dan gemetaran dan bahkan kamu bisa berbicara dengan bebas dan tanpa beban.

Sebenarnya juga kalau mau ceramah tak perlu bentuk kalimat-kalimatnya, cukup kumpulkan beberapa pembahasan inti yang mau dibahas, seperti ayat al-qur’an, hadis, pendapat ulama dan referensi lainnya, selebihnya tinggal bahasakan saja.

Jika melakukan cara penyiapan dengan materi inti saja maka kultum yang dibawakan akan lebih berhasil karena walau gugup kita akan berpikir menyusun kata-kata, bedanya kalau dihapafal malah akan hilang dan tak tau mau bilang apa. Waktunya pun bisa kita atur kalau yang dicatat cuma poin pentingnya saja, mau singkat dan jelas atau sedikit agak panjang dengan penjelasan seperlunya.

Pastikan anda menyimpan (bookmark) halaman soal Contoh Materi Kultum Ramadhan Singkat dan Pendek ini agar segala isi Kumpulan Ceramah Terbaik yang ada di dalamnya bisa anda download kapan saja anda mau. Caranya cukup tekan Ctrl + D di keyboard komputermu dan bila mau dibuka tekan Ctrl + B saat browsermu aktif.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *