Contoh surat perjanjian pelunasan hutang pihutang atau utang banyak sekali, di antaranya adalah pelunasan pembelian tanah, rumah / property, kendaraan mobil dan barang-barang lainnya yang bernilai tinggi yang terkadang pembeli butuh waktu untuk melunasinya. Jika anda ingin membuatnya maka ada beberapa yang harus diperhatikan dan dicantumkan di dalamnya agar jika terjadi masalah di kemudian hari masing-masing pihak dapat menuntut pihak yang melakukan pelanggaran, entah idu dengan jalan damai dan musyawarah atau pun dengan jalur hukum yang sah.

Yang terpenting dari sebuah surat perjanjian adalah nama dari masing-masing pihak yang melakukan perjanjian disertai dengan keterangan dan tandatangan yang dibubuhi di bagian bawah suratnya. Dan akan lebih baik lagi jika masing-masing memegang salinan yang disertai Materai cukup (biasanya materai 6000). Selain itu, untuk isi klausa suratnya sedapat mungkin tidak ada kata-kata yang ambigu atau bermakna ganda agar tidak menjadi celah pelanggaran bagi pihak yang ingin berbuat tidak baik.

Contoh Surat Perjanjian Pelunasan Hutang Pihutang Rumah/Tanah

Di bawah ini contoh surat utang yang saya ambil dari perjanjian yang pernah saya lakukan sendiri dengan pihak penjual, dalam hal ini saya bertindak sebagai pembelinya. Kebetulan waktu itu karena menghindari biaya KPR yang terlalu tinggi dari bank, jadinya saya minta keringanan dari pemilik rumah untuk menunda sisa pembayarannya hingga 3 bulan akan datang. Syukur waktu itu diterima oleh pihak yang menjual rumah.

Nah, apa yang akan anda lihat di bawah ini merupakan hasil browsing saya juga dari beberapa situs dan blog yang mana yang anda lihat tersebut merupakan gabungan dari berbagai bentuk contoh surat perjanjian, misalnya ada yang kurang keterangan data pribadinya, seperti alamat, maka saya tambahi dari contoh lain dan sebagainya.

download contoh surat perjanjian pelunasan hutang rumah, tanah, dan barang mahal

Download Contoh Surat Perjanjian Pelunasan Hutang

Keterangan:

Pastikan sebutkan dengan pasti tanggal, bulan dan tahun perjanjian tersebut dilakukan. Biasanya diletakkan di bagian atas sekali atau di atas tandatangan sebelah kanan dari suratnya.

Jangan sampai tidak melengkapi data pribadi dari masing-masing pihak, terutama data yang tidak bisa disangkal seperti nomor KTP, nama, dan tempat tanggal lahir. Karena bisa jadi ada orang yang memiliki nama sama, tapi bila kita sudah menyebut nomor KTP-nya tentu sulit untuk disangkal. Selain itu, nama alias atau panggilan serta nama ibu kandung juga penting untuk menghindari kesamaan sebagaimana juga banyak diminta oleh bank saat melakukan pendaftaran.

Minta pihak pembeli atau penjual mengisi data yang sesuai dengan KTP dan bukan hanya berdasarkan tempat tinggal sekarang.

Buat Terpisah antara nama dan data pihak pertama dengan Pihak Kedua. Bisa juga dibuat beda dengan contoh yang ingin anda download, yang mana antara kedua pihak data dirinya dibuat berdekatan dan hanya dipisahkan dengan kalimat “Untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA” di bagian bawahnya.

Isi klausa suratnya harus jelas menyebutkan nama barang yang diperjualbelikan, lokasinya dimana, ukurangnya berapa, ciri-cirinya apa, dan kalau disertai sertifikat asli juga disebutkan nomornya dan lain sebagainya yang kiranya akan menimbulkan masalah jika tidak disertakan dalam surat tersebut.

Jangan menggunakan kalimat atau kata yang multi tafsir, seperti akan dibayar setelah bulan depan tanpa menyebut nama bulan dan tahunnya dan sebagainya.

Buat surat penjanjian jual beli tersebut dalam bentuk dua rangkap dengan masing-masing dalam bentuk aslinya (bukan foto copy). Di samping itu tiap pihak memegang surat yang di dalamnya terdapat tanda tangan pihak lain yang disertai materai.

Lihat juga contoh surat lain:

Contoh Surat Lamaran Kerja – Buat yang baru selesai kuliah dan mau mulai lamar kerja maka ada baiknya tau format yang benar dari surat lamaran kerja karena ini menyangkut diterima tidaknya seorang pelamar pada perusahaan yang ia lamar. Jika semua isinya benar memuat data yang seharusnya ada maka tinggal pahami dan hafalkan contoh pertanyaan dalam interview kerja yang sering diajukan HRD saat tes akhir seleksi karyawan.

Contoh CV – Curriculum Vitae – Ini adalah surat penting yang harus ada setiap kali melamar kerja di mana pun, baik swasta atau negeri / BUMN. Isi dalam CV adalah menyangkut riwayat data pribadi pelamar serta pengalaman kerja sebelumnya dan pendidikan apa saja yang pernah dijalani sebelumnya, apakah itu resmi atau non formal.

Dari Contoh Surat Perjanjian Pelunasan Hutang Pihutang Rumah/Tanah yang akan anda unduh ini dalam bentuk file MS. Word atau pun PDF mungkin ada bagian yang tidak sempurna, untuk itu saya mengizinkan anda untuk melengkapinya atau dishare di facebook dan twitter. Dan buat kamu yang mau meminta contoh surat lain bisa request lewat komentar, siapa tau saya punya untuk kebutuhan perjanjian lainnya.

About The Author

Comments

  1. bayu

    nah ini yang saya butuhin, cuma kalo bunyinya gitu kekuatan hukumnya kuat ga ya, apa mesti di tambahin pasal2 biar lebih apdol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *