Jika kamu niat bisnis domain extention / extension atau nama web pasti terbetik dalam benakmu bagaimana cara membuat ekstensi domain sendiri seperti .com, .net, .co.id, .id atau misalnya yang untuk redirect seperti goo.gl yang hanya dimiliki oleh perusahaan Google sendiri. Jadi di sini kamu tidak hanya mendaftarkan sub domainnya saja, tapi langsung seperti TLD di atas yang mana akhiran atau ekstensinya kamu yang punya. Bingung kan, daftarnya dimana, cara ngelolanya gimana dan sebagainya? Nah, caraspot punya sedikit rekomendasi untuk ini siapa tau anda bisa jadi miliarder dari bisnis alamat website ini.

Usaha dibidang domain bisa dibilang sangat menggiurkan, sebut saja dot com yang lebih dulu menjuarai usaha domain yang mana situs maupun blog yang sudah terdaftar menggunakan ekstensi tersebut sudah milyaran. Ya, mengapa tidak? Setiap orang pasti ingin punya usaha sendiri, dan kalau mau memasarkan secara online pastinya harus punya website, dan untungnya lagi karena .com adalah ekstensi nomor 1 yang paling banyak diminati, selain karena paling terkenal, juga karena belinya gak pakai syarat sama sekali.

Kalau kita hitung-hitung penghasilan dari jualan ekstensi domain ini bisa dibilang jumlahnya tak pernah surut dan bahkan meningkat terus tiap tahunnya. Bayangkan saja, kalau sekarang ini harganya 130ribuan per domain, dan itu pun hanya berlaku setahun dan tiap tahunnya wajib bayar segitu, maka kalau misalnya si pemilik perusahaan ambil untung 1 dollar saja per domain, jadi dia bisa panen berapa dollar tuh per tahunnya? Dan enaknya lagi karena orang yang sudah buat website, jarang ada yang mau nutup webnya kalau sudah ramai dan punya penghasilan, dan kalau pun ditutup pasti banyak yang mau beli lagi karena sudah punya ranking.

Baca dulu : Tips Memilih Domain yang Powerful dan SEO Friendly

Jadi, Bagaimana Cara Membuat Ekstensi Domain Sendiri seperti .com, .id, Goo.gl dan lainnya?

Solusinya hanya satu, ya di ICANN.

Kalau berpikir mau buat sendiri, mislanya rootnya dan servernya urus sendiri, ya sudah pasti mustahil karena biar ekstensi bisa online jalurnya banyak dan berliku-liku.

Di ICANN ini bukan hanya buat ekstensi domain yang bisa kamu lakukan tapi juga kalau ada yang mau register domain TLD (Top Level Domain) seperti domain .com, .net dan lainnya juga bisa daftar di sana. Jadi perlu diketahui juga bedanya Register sama Reseller. Jadi kalau Register kamu terdaftar langsung dari si ICANN-nya, sedang Reseller kamu jadi member dari perusahaan yang sudah daftar di ICANN, ya istilahnya orang ketiga.cara membuat ekstensi domain sendiri

Apa alamat situsnya?

Silahkan buka url berikut untuk baca panduannya : https://archive.icann.org/en/tlds/application-process-03aug00.htm . Misalnya sudah dibaca, coba ketik saja icann.org untuk baca lebih lanjut mengenai layanan perusahaan tersebut.

Yang jelas kamu diminta masukin Proposal dengan bahasa Inggris kalau mau diproses dan sebisa mungkin semua yang diminta harus kamu penuhi, termasuk capability mu sebagai pengelola domain atau pun jika punya tim programmer tentu akan lebih baik.

Berapa biaya buat ekstensi domain baru?

Dari yang saya baca di situs yang saya rekomendasikan di atas, disebut bahwa untuk pengajuannya saja kamu sudah harus siap dana $50.000 atau setara dengan Rp. 650.000.000 (enam ratus lima puluh juta rupiah). Dan dana ini sebenarnya hanya untuk bukti saja kalau kamu siap menjalankan bisnis tersebut, karena pada dasarnya dana yang minta disipakan adalah $180.000 atau sekitar Rp. 2.340.000.000 (2,3 Milyar). Wow besar sekali!! Ya iyalah… ini kan bisnis besar dan skalanya internasional dan penghasilannya juga gak main-main. Bahkan kalau ekstensi domainmu sudah bisa listing di Godaddy.com dan lainnya kira-kira kurang 3 tahun sudah bisa balik modal (kalau promosinya optimal).

Apa saja syaratnya?

Saya gak bisa kasih keterangan pasti soal ini. Yang jelas, baca saja data dari alamat url di atas dan jika tidak tau bisa pakai jasa penerjemah bahasa Inggris ke Indonesia.

Tapi satu syarat yang tak bisa luput adalah kemampuan programmer dan sejenisnya harus dimiliki kalau mau buat usaha domain semacam ini. Dan itu semua harus diterangkan dengan sejelas-jelasnya dalam Proposal yang diajukan.

Oke sekian, moga saja Cara Membuat Ekstensi Domain Sendiri seperti .com dan lainnya ini bisa jadi jalan anda untuk membuat usaha sejenis. Dan saya pikir Pandi pun yang jadi pemilik domain ID juga bagian dari ICANN yang mana sekarang sudah sukses menjual jutaan domainnya yang pastinya juga ia bisa panen milyaran dalam setiap tahunnya dari reseller yang telah menjadi partnernya.

About The Author

Comments

  1. rahman

    keren om. ternyata biaya nya ngga main – main ya .. dari dulu sy kepikiran gimana si bikin ekstensi domain sendiri.. hha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *