Resep pancake yang paling banyak kedua dicari adalah resep pancake pisang dan resep pancake coklat. Adapun yang yang pertama sudah kami bahas sebelumnya, yakni cara membuat pancake durian. Jika diusut lebih jauh lagi, sebenarnya sejarah awal dibuatnya kue serabi (dalam bahasa kita) ini banyak yang menyebutkan bahwa pertama kali dari masyarakat Yunani Kuno yang mana mereka sendiri menyebutnya dengan Tagenias yang diambil dari kata Tagenon yang berarti wajan. Ya, kurang lebih sama dalam bahasa Inggris yang mana kata ‘pan’ juga berarti sama dan ‘cake’ yang berarti kue. Adapun wal pertam akali munculnya nama dari kue Pancake ini ditenggarai dimulai pada abad ke-15. Namun hal yang sangat berbeda pada bangsa Romawi karena mereka menamakannya dengan ‘alida Dulcia’ yang berarti ‘sesuatu yang manis’ pada hal wajah dari kue ini saat ini sangat jauh berbeda dengan penamaan tersebut. Mungkin juga karena taburan cairan manis di atasnya, seperti madu dan coklat.

Bentuk umum dari hasil pembuatan resep pancake ini adalah bentunya yang pipih dan bulat. Ini karena adonannya dibuat menjadi seperti cairan kental yang dicampur dengan ragi sehingga ketika dituang di wajan dengan sendirinya akan melebar dan membentuk bulat. Adapun di negara Inggris, pancake biasanya dibuat tanpa menggunakan ragi atau pengembang sehingga lebih tampak seperti crepes. Cara umum dalam memasak Pancake adalah dengan menuangkannya di atas wajan datar yang telah diberi mentega atau pun sedikit minyak di atasnya. Tapi di Eropa Tenggara kue serabi ini dimasak dengan cara berbeda, yakni dengan memasak kedua sisinya kemudian di dalamnya di isi dengan krim keju dan juga selain. Biasanya juga ditambahkan kenari dan coklat untuk memberi rasa gurih.

Baca dulu : Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk – Mirip Dunkin Donat dan J.CO

Resep Pancake Pisang yang enak

resep pancake pisang dan durian dan cara membuat pancake coklat

Berbeda dengan resep kue negara kita. Pancake yang kita kenal dengan nama kue serabi ini lebih beragam lagi variasi rasanya, mulai dari nanas, pisang, aneka selai, coklat, irisan buah, dan sebagainya yang mana setiap orang bisa menentukan campuran rasanya sesuai keinginannya. Kalau saya sih punya pengalaman sendiri soal jenis pancake yang dibuat Almarhum Ibu saya, yang mana pada saat pembuatannya sama sekali tidak diberi topping, kecuali sedikit gula dan garam. Nanti setelah matang baru deh dicocol di cairan gula merah yang sebelumnya telah dilelehkan dengan cara dimasak. Jadi lapar rasanya ngomongin ini ya…..!

Bahan utama adonan serabi:

  • 25 gram gula pasir (baikhya gunakan yang halus)
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 sdt baking powder
  • 250 ml susu cair dan tambahkan 1/2 sendok teh cuka (jika suka) lalu diaduk hingga rata
  • 20 gr mentega margarin yang dilelehkan
  • 1 butir telur yang telah dikocok

Untuk bahan olesan:

  • 50 gr coklat masak pekat. Lelehkan dengan menaruh mangkuk berisi coklat di atas air mendidih.
  • 75 gr selai kacang kemasan atau bisa juga dibuat sendiri.
  • pisang ambon atau pisang yang anda gemari, potong bulat dan tipis
Cara buat :
  1. Awali dengan mencampur terlebih dahulu bahan seperti tepung terigu bersama gula pasir dan juga baking powder. Lalu aduk sampai rata.
  2. Selanjutnya, tambahkan campuran susu cair dan juga telur ke dalam adonan. Lalu aduk rata dulu sebentar kemudian masukkan margarin yang telah dilelehkan. Ulangi dengan mengaduk lagi agar adonan tercampur rata.
  3. Berikutnya masuk ke tahap pemasakan. Gunakan sendok sayur dengan gagang panjang lalu ambil adonan dan tuang pada wajan atau Teflon datar yang sebelumnya telah dipanaskan dan diolesi dengan mentega atau margarin. Tunggu hingga setengah matang lalu ikuti langkah di bawah.
  4. Sambil menunggu buat olesan serabinya : caranya cukup campur coklat leleh dengan selai kacang halus menjadi satu lalu aduk hingga rata.
  5. Pada saat kue sudah setengah matang, oleskan bahan olesan langsung pada permukaan pancake kemudian beri lagi potongan pisang. Dan terakhir tutup lagi dengan sedikit adonan pancake.
  6. Oles pancake dengan bahan olesan. Tata pisang di atasnya. Tutup dengan sisa pancake.
  7. Terakhir tinggal tunggu beberapa saat, kurang lebih lima menit atau hingga adonan tidak terlihat pucat atau basa lagi. Lalu angkat dan hidangkan selagi

Lanjut baca : Rahasia Resep Bolu Kukus Karakter / Bergambar

Tips memasak:

  1. Ada dua cara memasakan yang biasa dilakukan. Untuk yang sering dipraktekkan para penjual serabi yaitu dengan memasak pada satu sisinya saja kemudian ditutup dengan penutup panic, dan setelah adonan sudah terlihat tidak pucat lagi (sebagai tanda bahwa kue pancake telah berhasil), maka selanjutnya kue tinggal langsung diangkat. Adapun cara lainnya adalah dengan memasak setengah matang dulu (tanpa penutup), baru kemudian membalik sisi atasnya ke bawah agar matang sempurna. Tapi cara ini cenderung ribet dan makan waktu yang lama, apalagi kalau seperti penjual serabi yang langsung standby minimal 10 wajan.
  2. Penggunaan isian dan topping bisa dengan berbagai cara. Kalau di luar negeri biasanya yang menggunakan madu dilakukan dengan cara menumpuk terlebih dahulu (kurang lebih 3-5 serabi yang telah matang) lalu madu tersebut disiram langsung di atasnya. Dan yang biasa dijual di jajanan kaki lima umumnya hanya diberi di bagian atasnya, setelah adonan tampak setengah matang, tanpa ada tambahan adonanan lagi di atasnya.
  3. Biasanya dengan jumlah takaran bahan di atas hanya mampu menghasilkan 7 buah kue untuk disantap keluarga Anda. Untuk itu, bila ingin hasil yang lebih banyak maka sebaiknya semua bahannya dikali lipatkan menjadi 2 kali.
  4. Agar kue tidak lengket, maka wajan harus diolesi mentega atau minyak goreng setiap kali sebelum menuang adonan.
  5. Pilihan wajan yang bisa digunakan sangat beragam, bisa menggunakan Teflon anti lengket, jadi tidak perlu lagi diolesi minya, bisa juga dengan wajan penggorengan ikan yang tidak rata asalkan jangan yang masih baru karena umumnya mudah lengket, dan yang terakhir adalah dengan wajan dari tanah liat yang bentuknya kecil yang biasa digunakan para penjual kue serabi/pancake di berbagai daerah.
  6. Untuk mendapatkan hasil pancake yang berwarna coklat keemasan pada bagian bawahnya Anda juga bisa menerapakan resep pancake unik dari salah satu koki, yaitu dengan mempersiapkan handuk basah di samping kompor yang mana setelah adonan dituang di atas wajan yang telah dipanaskan, selanjutnya wajan panas yang terlah berisi adonan diletakkan di atas handuk basah tersebut. Akan tetapi, cara ini mungkin butuh waktu lama karena harus melakukan berulang-ulang, belum lagi waktu masaknya juga akan lebih lama karena tidak menggunakan api dalam beberapa saat.

Lanjut baca : Resep Pancake Durian Sederhana

Ini dulu resep pancake pisang dan resep pancake coklat yang bisa kami sajikan buat anda. Sumber utama dari artikel ini adalah SajianSedap.com jadi lebih terpercaya dan bisa dijadikan rujukan untuk dipraktekkan di rumah untuk keperluan acara arisan ataupun untuk jadi teman ngopi di sore hari bersama tetangga. Anda juga bisa membuat kreasi pada adonannya dengan cara dibuat dengan berbagai warna rasa, seperti warna hijau dengan aroma panda, merah dengan strawberi dan lain sebagainya. Di samping itu, pada bagian topping bisa juga dibuat berwarna warni dengan sekaligus menggunakan beberapa macam jenis topping, seperti campuran strawberry dan nanas dan sebagainya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *