Panduan soal cara membuat es krim goreng ini adalah salah satu yang banyak dicari, selain unik, juga karena rasa ice cream ini beda dengan yang biasa kita beli di minimarket. Tapi perlu diketahui bahwa di sini kita tidak lagi belajar cara bikin adonan es krimnya, tapi langsung bagaimana mengolah, dalma hal ini menggoreng adonanya agar tak leleh dan bisa renyah layaknya gorengan pada umumnya. Lalu apa rahasianya kenapa tidak menjadi cair walau dipanaskan dalam minyak? Nah, mari kita simak bersama penjelasannya di bawah.

Terus terang resep es krim goreng ini inspirasi dari Mbak Diad Didi, makanya gambarnya juga dari blognya beliau. Secara…. kalau bicara soal pengalaman dia yang bisa diandalkan, yak arena protofolianya juga jelas yang mana mbak Diah ini juga sudah sering ngisi acara masak dari beberapa media. Tapi bukan ini yang akan kita bahas, melainkan resepnya yang enak dan mantap rasanya. Walau terdengar aneh, tapi ini nyata dan bisa dipraktekkan semua bunda di rumah.

Bicara soal keluarga saya sendiri, terutama anak saya yang masih lucu-lucunya dan juga istri yang makin hari makin tua he he, mereka semua paling doyan makan yang namanya ice cream. Di depan rumah kan biasa dilalui penjual es krim Campina yang 2ribuan, wah… setiap kali suaranya terdengar, walau matanya sudah mulai mau tertutup saat tidur siang, mereka langsung berhamburan mengejar si penjual yang juga kegirangan karena dagangannya laku. Walhasil, budget untuk panganan satu ini juga tak bisa dianggap remeh. Oke… dari pada lama… mending langsung saja belajar resepnya:

Resep Cara Membuat Es Krim Goreng Tidak Meleleh dan Gurih

Aneh tapi nyata, mana mungkin ada ice cream digoreng, kan dingin? Apa gak meluber saat masuk dalam wajan panas? Ha… kuno lu…., cba aja praktek resepnya di bawah, kalau gak jadi jangan berkunjung ke Caraspot lagi… oke!

Bahan :

  • 5 lembar roti tawar biasa atau sesuai dengan jumlah scoop es krimnya
  • cara membuat es krim goreng1 sachet susu kental manis yang telah dicairkan dengan kurang lebih 50 ml air
  • Es krim padat secukupnya (boleh pilih rasa apa saja). Boleh beli atau belajar cara membuat es krim ala Walls
  • 100 gr tepung panir atau sering juga disebut dengan tepung roti. (banyak dijual di toko bahan kue)
  • putih telur dari 1 butir terlu ayam biasa.

Catatan : Penggunaan susu kental manis bukan keharusan, bisa pakai jenis susu lain, seperti susu bubuk yang dicairkan dengan air hangat atau yang lainnya karena ini tujuannya hanya untuk melembabkan dan bikin rotinya gak kaku.

Kalau kamu belum buat es krim sendiri, bisa juga belie s krim Walls di Indomaret atau Alfamart yang bentuknya pakai wadah besar biar jadinya lebih banyak.

Proses cara bikin ice cream nya:

  1. Pertama, kita buat roti tawarnya agak lentur dan lembab dulu. Caranya, susu kental manis yang telah dicairkan tadi kita oleskan ke permukaan roti tawar tersebut.
  2. Lalu ambil 1 lembar roti tawar yang telah lembab, kemudian isi dengan es krim yang berbentuk bulat (caranya pakai scoop atau sendok).
  3. Bentuk hingga seperti bulatan dengan cara menggunakan tangan, sambil dipadatkan agar tak mudah lepas.
  4. Celupkan ke dalam putih telur yang telah dikocok sebelumnya.
  5. Guling-gulingkan di atas tepung panir hingga rata. Sesekali, tekan-tekan agar rapat dan menutup semua permukaan dengan padat.
  6. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat lalu masukkan dalam pengeras atau freezer lemari es hingga menjadi beku dan padat.
  7. Jika sudah beku, langsung goreng saja tanpa harus didiamkan dulu di suhu terbuka. Dan anda tak perlu menggoreng langsung semua, karena jika sudah beku dalam freezer kita bisa menggorengnya kapan saja.
  8. Dan es krim goreng buatanmu siap disajikan. Jangan tunggu sampai dingin, saat masih panas dan renyah langsung hidangkan atau santap saja.
Tips – Pastikan untuk memanaskan dulu minyak yang akan digunakan menggoreng. Dan pada saat menggoreng jangan tunggu hingga satu bagian atau sisinya matang, tapi tiap beberapa menit dibalik agar isi es krim gorengnya tidak terlalu meleleh. Dan pastikan juga matangnya sempurna dengan terlihat berwarna keemasan.

Selain itu, gunakan minyak goreng yang baru karena jika tidak hasilnya akan jelek, terutama sama rasa dan warnanya yang tidak keemasan.

Jadi, setelah ini, kalau misalnya bunda punya banyak es krim dan tidak bisa dihabiskan langsung, tak perlu khawatir karena di hari lain kita masih bisa buat kreasi menarik dengan menggorengnya. Tentunya, rasanya akan jauh lebih menarik dibanding jika makan yang biasa karena gigi langsung bersentuhan dengan dinginnya es, sedang yang ini kita akan merasakan rasa kriuk bercampur gurih dan dinginnya es krim. Mantap kan???

Ada lagi satu rahasianya, yakni gunakan jenis eskrim yang padat dan kurang kandungan airnya agar saat digoreng, walau tetap ada luberan dari lelehannya tidak terlalu banyak. Di samping itu, pastikan ice cream tersebut dibekukan hingga beku betul sebelum digunakan biar saat digoreng hasilnya tidak terlalu encer.

Unik kan resep cara membuat es krim goreng  tidak meleleh ini? Siapa dulu dong raja resepnya….!” Jadi kalau mau berhasil bikin, sebenarnya yang perlu diperhatikan saat membungkus ice creamnya, pastikan roti tawarnya sudah dilumatkan dulu biar gak patah saat dibentuk, dan jangan langsung digoreng setelahnya, tapi masukkan dulu di freezer, dan itu pun harus dimasukkan dulu dalam wadah tertutup biar gak jadi batu es dan terlindungi dari Kristal es yang bisa bikin rusak rasanya. Ya, itu dulu bunda tips masakan basah kita hari ini, besok jumpa lagi kalau ada makanan yang menarik. Byebye…!

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *