Ada yang punya masalah dengan style.css blog wordpressnya? Nah, di artikel cara mengatasi Stylesheet (style.css) Kosong Setelah Diedit dan cara mengembalikannya akan diungkap teknik simplenya. Awalnya sih saya upload ulang themenya karena merasa sulit melakukan perbaikan karena tampilan blog saya sudah berantakan dan gak mungkin kalau gak punya pengetahuan programmer.

Awalnya setelah mengganti theme dengan cara upload ulang tampak terlihat bagus. Jadi caranya saya aktifkan theme yang lain dulu, setelah itu saya hapus theme andalan saya. Selanjutnya saya masuk Cpanel dan upload themenya di WP-Content >> Theme. Hanya saja, setelah beberapa saat saya baru menyadari kalau ternyata ada yang berubah dari tampilannya, beberapa letak widget pindah dan tulisannya juga jadi tidak sip dipandang. Akhirnya… ini yang saya lakukan:

Kadang saya juga berpikir nih, pakai WordPress memang enak karena tampilannya lebih menarik, banyak aneka plugin yang bisa kita gunakan dan berbagai jenis web bisa kita buat. Hanya saja, kalau gak bisa ngatasi, seperti masalah CSS style ini, kadang kepala jadi pusing. Mau tanya ke teman gak mungkin karena gak ada yang profesinya sama, mau tanya master… bayar. Ya, jadi mau gak mau harus berusaha sendiri biar bisa. Itulah sebabnya mengapa Caraspot ini ada, tujuannya salah satunya untuk membantu sob biar kalian gak kesasar dalam belantara dunia maya.

Bagaimana cara mengatasi Stylesheet (style.css) Kosong Setelah Diedit dan Cara Mengembalikannya?

Simple saja sebenarnya, selama kamu masih punya file theme yang masih dalam bentuk zip atau yang sudah diekstrak karena disana kita bisa ketemu file aslinya yang nantinya akan kita timpakan di halaman css blog di WordPress kita. Berikut langkahnya:

cara mengembalikan Stylesheet (style.css) yang hilang setelah diedit

  1. Ekstrak dulu file theme yang kamu beli atau download gratis (ketahui juga bahaya Theme gratisan)
  2. Selanjutnya buka foldernya
  3. Biasanya di paling bawah dalam folder tersebut ada nama file ‘style’ (keterangan jenis filenya harusnya Cascading Style Sheet Document), nah tinggal buka. Biasanya untuk membuka ini diperlukan aplikasi, kebetulan di komputer saya sudah ada DreamWeaver. Kalau kamu belum punya baiknya download dulu.
  4. Nah, setelah terbuka filenya tinggal copy semua gunakan Ctrl + A trus Ctrl + C biar cepat.
  5. Kemudian tinggal masuk ke dashboard blogmu (bukan Cpanel ya). Kemudian masuk ke ‘Appearance’ >> ‘Editor’
  6. Terakhir tinggal buka halaman kode Stylesheet (style.css) lalu hapus semua file di dalamnya, lalu tinggal paste yang dari Dream Weaver tadi. Selesai….!

Penyebab Stylesheet (style.css) Error atau Jadi Kosong

Biasanya ada beberapa sebab mengapa hal ini terjadi, tentunya karena habis otak-atik dan biasanya sih ada kesalahan edit.

Dari pengalaman saya umumnya terjadi karena terlalu banyak melakukan pengeditan style yang berulang-ulang. Dan sangat mungkin terjadi kalau kita edit lalu save dan dilakukan berulang-ulang.

Jadi kalau mau aman baiknya langsung edit semua lalu lakukukan sekali save saja lalu keluar dan jangan diapa-apakan lagi karena jika tidak kejadian serupa akan terjadi lagi.

Terkadang walau semua data dalam style css tersebut kita copy lalu save di notepad dulu untuk amannya, tetap saja hasilnya akan sama karena databasenya juga tetap sama.

Mudah kan cara memperbaiki atau cara mengatasi Stylesheet (style.css) Kosong Setelah Diedit. Hanya beberapa langkah langsung beres, gak usah upload ulang theme karena makan banyak waktu dan ribet juga.

About The Author

Comments

  1. Reza

    Saya mendownload theme gratis wordpress.org di google dengan format.zip
    Setalah saya download . Saya pasang ke wordpress saya tapi theme nya tidak bisa di pasang di karenakan theme tidak memiliki style.css(stylesheet).
    Bagaimana cara menambahkan style.css ke dalam theme yang download.?karena theme nya tidak memiliki style.css . Mohon bantuan nya mas . Trimz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *