Pashmina bisa dibilang model hijab paling banyak kedua yang sering dicari di Internet, sehingga tak heren jika penjualan jilbab ini sangat laris. Mengenai Cara Memakai Jilbab Pashmina Siffon / Chiffon ini ditujukan khusus buat muslimah yang baru mau belajar mengenakan kerudung, apalagi buat yang muallaf yang sama sekali belum paham soal hukum dan cara penggunaannya.

Jenis Hijab Pashmina yang banyak dipelajari cara memakainya seperti rayon kaos, tie die, dan lain sebagainya. Pada dasarnya apa pun jenisnya selama itu Pashmina maka cara mengenakannya juga kurang lebih sama, asalkan bentuknya yang panjang, bukan segi empat.

Ciri utama dari pashmina, karena bentuknya yang persegi panjang, yang mana sisa dari hasil lilitan lebih banyak. Nah, bagian tersebutlah yang banyak dikreasikan oleh para model dan perancang busana, mualai dari dibuat bertumpuk di atas kepala, melingkar di depan dada, hingga model lain seperti dikuncir dan sebagainya.

Panduan Lengkap Tutorial Hijab Pashmina

1. Pertama dan paling awal, sudah pasti harus pakai ciput ninja dulu, kemudian sediakan Pashmina Sifon Panjang lengkap dengan jarum pentulnya, sebagai alat untuk menyematkan setiap lilitannya nanti. Dan pastikan pula, sebagai kreasinya, ciput dipasang agak miring.

2. Berikutnya, setelah ciput terpasang, mulailah dengan meletakkan jilbab pashmina di atas kepala hingga terlihat seperti gambarmodel hijab di bawah, yakni dibuat agak miring sedikit juga seperti ciputnya tadi, tapi dengan arah berlawanan. Dan pastikan juga bagian kanan lebih panjang.

panduan tutorial hijab pashmina chiffon

3. Selanjutnya sematkan kerudung pashmina bagian kiri di atas telinga kanan menggunakan jarum pentul. Perhatikan model cantik di bawah (kalau menurut saya sih lebih mirip dengan Artis bernaa Astri yang acaru ‘Ngulik’ itu lho), yang mana bagian kanan diangkat terlebih dahulu saat ujung yang kiri diberi jarum pentul.

cara memakai jilbab pashmina

4. Berikutnya, pada bagian pashmina sebelah kanan yang berada di dekat dagu disematkan dengan dengan peniti agar tak mudah lepas. (tapi ingat! Hanya pada bagian yang dekat dengan dagu, bukan bagian ujungnya, karena selanjutnya (bagian ujungnya) akan mengikuti langkah berikutnya)

pasang pashmina segi empat

5. Selanjutnya, ujung pashmina sebelah kanan yang masih panjang dibawah ke sebelah kiri hingga menutup bagian atas kepala.

video pakai kerudung pashmina

6. Terakhir, bagian kanan tadi, yang dibawah ke atas kepala, khusus pada bagian yang melewati dagu agak di tahan lalu diberi peniti, selebihnya, sisanya yang masih panjang di bawa hingga menutup bagian atas kepala dan juga disematkan dengan jarum pentul biar rapi.

kerudung modis pashmina

Perhatikan hasilnya di bawah, rapi kan? Dan pastinya, kalau menurut hemat penulis, tampilannya rapid an Islami sebab menutup hingga ke dada sebagaimana di sebutkan dalam Al-Qur’an. Dan memang inilah ciri hijab Islami yang seharusnya diikuti. Silahkan berkreasi dengan berbagai model yang kami inginkan, asalkan jangan sampai melanggar apa yang telah digariskan dalam kitab sucimu, Al-Qur’an.

pashmina simpel untuk pesta kuliah

Oke, di atas sudah dipaparkan bagaiman alangkah-langkah cara memakai hijab pashmina yang baik dan benar, tinggal anda peraktekkan saja di rumah. Lakukan berulang-ulang hingga di dapat cara yang pas dan bentuk yang modis serta enak dipandang. Dan tek menutup kemungkinan Anda bisa membuat variasi dan kreasi baru yang sama sekali belum dicoba hijabers lain, jadi keep action!

Pengertian Pashmina

Mungkin banyak yang bertanya-tanya soal apa itu pashmina dan apa bedanya dengan model lain seperti Hijab Paris dan Segi Empat? Nah, dari pada bingung lebih baik simak penjelasan singkat ini. Jadi Pashmina sebenarnya salah satu model jilbab yang bentuknya kain lebar persegi panjang, ada yang memiliki motif dan ada juga yang polos.

Sebenarnya kata Pashmina ini berasa dari bahasa Persia yang mana jika diartikan maka artinya adalah “kain wool”. Dari semua produk, sebenarnya kain yang berasal dari Kashmir lah yang paling diunggulkan, karenanya Pashmina dari sana jauh lebih mahal dibanding dengan yang dari daerah lain.

Dewasa ini, jenis selendang atau shawl Pashmina mulai makin beragam, ada juga yang bahannya sudah dipadukan dengan benang sutera sehingga lebih mewah dan berkelas. Apalagi bagi perempuan Muslimah tidak ada larangan menggunakan kain dari bahan sutera, berbede dengan Muslim karena mereka haram menggunakannya.

Tips Memilih Pashmina dan Jenisnya

Sangat disarnakan sebelum membeli agar memperhatikan bahan yang digunakan, apakah sudah betul-betul menggunakan bahan unggulan atau tidak atau apakah ada campuran sutra atau tidak. Sebenarnya semua tergantung pilihan sih. Mau yang murni atau campuran.

Beberapa konveksi pembuatan hijab mengungkapkan bahwa bahan kaos adalah termasuk dari salah satu bahan hijab pashmina yang nyaman dan enak dipakai. Itulah sebabnya banyak orang yang memilihnya. Tapi dari segi daya tahan bahannya, jika dibandingkan dengan bahan seperti lycra atau spandek, kerudung pashmina kaos lebih cepat menjadi mulur setelah beberapa kali dicuci.

Jenis bahan kerudung pada umummnya yang juga biasa digunakan untuk pashmina

Beberapa di bawah ini adalah jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk pembuatan jilbab, dan juga sering dipakai untuk hijab pashmina:

1. Satin

Jenis kerudung pashmina yang menggunakan bahan satin bisa diketahui dari permukaan kainnya yang mengkilap dan licin. Hal ini disebabkan karena pada saat ditenun digunakan juga serat filamen di dalamnya. Memilih jenis ini juga dapat memberikan kesan mewah pada pemakainya, terlebih lagi pada kualitas kainnya yang lembut dan nyaman dikenakan.

2. Bahan Kaos

Sudah dijelaskan di atas bahwa inilah jenis Pashmina yang banyak digunakan, dan yang paling baik sebenarnya yang menggunakan bahan katun sehingga mudah menyerap keringat dan tidak panas. Tapi ya itu tadi, bahan ini kurang tahan lama jika sering dicuci

3. Sifon

Bisa dibilang jenis Sifon ini yang lagi trend di 2016, 2017 dan mungkin beberapa tahun akan datang. Walau banyak dipakai sebagai mode dan kreasi jilbab modern karena penampilannya yang cantik dan menawan, jenis ini agak panas saat dikenakan. Selain itu, jenis hijab ini mudah lusuh dan tidak rapi, jadi setelah dipakai sebaiknya disimpan digantungan khusus untuk kerudung.

4. Spandek atau Lycra

Sifat utama dari jenis kain hijab ini adalah lentur atau elastis. Kalau kamu suka memakai jilbab model Arab maka jenis kain inilah yang baik dipilih. Kamu bisa memilih yang mengkilap atau pun yang tidak. Saran kami, jika mencuci jilbab ini sebaiknya gunakan tangan saja dengan cara dikucek, jangan menggunakan mesin karena potongannya akan menjadi tidak rapi lagi.

5. Sutra

Menggunakan pashmina dari sutera terbilang mewah karena pasti harganya lebih mahal. Cirinya sudah pasti licin dan lembut sehingga nyaman saat dipakai. Untuk perawatannya, khususnya yang banyak dilakukan oleh ibu-ibu di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Sengkang dan Wajo, karena disanalah banyak diproduksi kain dari bahan sutera, umumnya mereka mencucinya menggunakan tangan dan sabun yang digunakan bukan sabun cuci pada umumnya, tapi shampoo yang warnanya disesuaikan dengan warna kainnya.

Bila ingin memilih kain sutera yang bagus sebaiknya pilih yang kainnya tipis dan model kain ‘jatuh’ dan jangan yang organdi karena bentuknya kaku.

6. Ceruti

Bisa dibilang bahan ini hampir sama dengan chiffon, karena teksturnya yang halus. Kainnya terasa berat sehingga kesaannya jatuh saat dipakai. Cirinya, pori dari kain ini mirip dengan kulit jeruk.

Penggunaan kerudung lainnya:

Tutorial Hijab Segi Empat – pada dasarnya, dari semua model hijab, tutorial hijab segi empatlah yang paling laris dan banyak dicontoh oleh muslimah baik muda maupun tua, selain karena bentuk segi empat adalah yang paling banyak dijual, juga karena model ini lebih simple pemakaiannya. Biasanya, orang yang tak mau mengikuti gaya anak muda sekarang cukup dilipat dua dengan mempertemukan sisi berlawanan yang ada dipojok sehingga membentuk segi tida, lalu ditutupkan di kepala dan pada bagian dagu diberi peniti. Cuma itu saja, tak ada kreasi lain lagi. Tapi seiring berkembangnya dunia mode Islam, bentuknya mulai beragam, ada bahkan sama sekali tidak dililitkan tapi dipasang langsung diatas kepala dan hanya menggunakna satu jarum pentul saja.

Tutorial Hijab Paris –

Sepertinya cukup ulasan kita hari ini soal tutorial hijab pashmina / cara memakai jilbab Pashmina Shiffon / Chiffon semoga bisa menjadi inspirasi buat Muslimah semua dalam ber-hijab dan berbusana yang lebih Islami dan sopan. Jadikan kebiasaan hijab sebagai bagian dari hidupmu agar kelak menjadi orang yang berbahagia karena mematuhi segala perintah-Nya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *