Mencerahkan dan menghilangkan kusam di muka adalah bagian dalam ulasan cara memutihkan wajah secara alami atau cara memutihkan kulit muka yang Caraspot share hari ini. Banyak sekali rekomendasi soal ini, mulai dari menggunakan herbal alami seperti buah dan sayuran, menggunakan masker dari bahan-bahan tertentu, memakai SPF secara rutin, hingga pemakaian bahan kimia yang belum jelas efek sampingnya serta tindakan operasi yang dilakukan dokter ahli dengan berbagai paparan soal manfaatnya.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya putih tidaknya wajah kita lebih banyak dipengaruhi oleh keturunan yang mana pada ayah atau ibu kita memang memiliki kulit muka yang putih bersinar. Untuk itu, kalau mencari tutorial cara memutihkan muka dengan bahan alami secara cepat sebenarnya yang dimaksud adalah cara mencerahkan wajah, karena dengan wajah cerah, walau tidak berubah warnanya, maka tampilannya juga akan semakin baik, paling tidak lebih bersih dan bercahaya serta bebas dari flek hitam.

Referensi paling baik digunakan untuk ulasan seperti ini sebenarnya dari situs kesehatan khusus untuk wanita, seperti Vemale, Merdeka, Kompas, dan lain sebagainya. Yang penting adalah kualitas tulisannya dan rujukan yang digunakan. Kebetulan Caraspot dalam hal ini mengambil peran sebagai penyadur saja yang mana kata-katanya dibuat lebih simple, sederhana dan sekaligus lebih lengkap dari berbagai referensi sehingga lebih memudahkan dan memuaskan pembaca.

Berbagai Cara Memutihkan Wajah secara Alami serta Langkah Mencerahkan Kulit Muka

Memutihkan kulit muka bukan langkah instan, kalau ada yang cari cara mencerahkan wajah dalam waktu 3 hari, 1 minggu, atau 1 bulan sebenarnya akan sia-sia saja karena hingga saat ini obat semacam itu belum ditemukan oleh siapa pun, dan bahkan yang menggunakan metode operasi pun butuh waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil sempurnanya. Apalagi yang hanya menggunakan bahan herbal alami dan tradisional, sudah pasti sulit mewujudkannya.

Nah berikut rincian tindakan yang harus dilakukan untuk bisa memiliki muka yang putih dan mulus:

A. Aktifitas rutin setiap hari untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bersinar

Seperti disinggung di atas bahwa mustahil memiliki kulit putih kalau tidak dilakukan bertahap. Sekalipun bisa, pasti harus menggunakan bahan kimia berbahaya, yang faktanya, sudah banyak sekali perempuan yang bukannya tambah cantik tapi malah mukanya rusak, kulitnya terkelupas dan bahkan meninggalkan bekas yang sulit hilang. Nah, berikut cara perawatannya:

cara memutihkan wajah secara alami dan cara memutihkan kulit muka dengan cepat

1. Membersihkan pori-pori muka

Cara ini bisa dilakukan dengan sering membersihkan wajah dengan air bersih setiap kali habis beraktifitas di luar ruangan, seperti habis olah raga dan membersihkan halaman rumah. Di samping itu, menggunakan pencuci muka sebelum tidur juga jadi bagian dalam langkah ini, tapi pastikan pilih yang tidak membuat kering, dan pastikan telah membaca : Tips dan cara mencuci muka yang benar.

2. Pakai pelembab yang cocok

Jangan sampai sekali pilih jenis pelembab kemudian terus digunakan walau sebenarnya tidak cocok dengan kulit mukamu. Untuk itu, setelah mencoba 2-3 jenis baru tetapkan mana yang paling baik dan bisa bekerja untuk jenis kulitmu yang berminyak, kering atau mungkin ada yang punya kulit sensitif. Rekomendasi kami, coba pilih salah satu dari produk ini: Wardah, Pond’s, Clean & Clear, The Body Shop, Sebamed (yang bukan untuk bayi). Coba tanyakan langsung pada sales yang menawarkan di supermarket, tanyakan apa keunggulannya dan yang cocok untuk jenis kulitmu.

3. Lakukan Scrubbing seminggu sekali

Scrubbing atau exfoliating adalah suatu tindakan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah dengan menggunakan bahan tertentu yang tujuannya agar muka lebih cerah, bercahaya dan mengembalikan kilau putih alaminya. Ada banyak sekali produk seperti ini, dan ada 2 yang direkomendasikan oleh Detik.com, di antaranya adalah : Peeling Day – Water In Pomegranate, yaitu bahan scrub wajah berbentuk gel yang diperkaya dengan ekstrak Delima dan jika ingin mendapatkannnya coba kunjungi The Face Shop atau search di Google. Harganya sekitar 200ribuan. Dan slanjutnya Blue Corn 3in1 Deep Cleansing, untuk mendapatkannya juga sama. Tapi fungsi yang satu ini lebih komplit, selain melembabkan wajah, juga untuk membersihkan lebih dalam dan mengelupas sel kulit yang telah mati.

Namunhati-hati, scrubbing atau menggunakan masker dengan butiran scrub yang kasar secara berlebihan dengan tujuan untuk mengangkat sel kulit mati, dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Nah, perawatan yang satu ini mungkin bisa menjadi solusi paling tepat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulitwajah, Anda dapat melakukan perawatan Face Chemical Peeling yang tersedia di klinik kecantikan bernama ZAP Clinic. Perawatan ini dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah, dengan metode eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, sehingga muncul lapisan kulit baru yang lebih bersih dan halus.

Face Chemical Peelingdi ZAP Clinic dilakukan langsung oleh dokter kecantikan sehingga aman dan jauh dari resiko iritasi. Ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau Rp.250.000, hasilnya akan segera terlihat dalam 7 hari setelah treatment, sel kulit mati akan mengelupas sendiri hingga wajah menjadi lebih cerah dan halus. Info lengkap kunjungi http://zapclinic.com/cara-memutihkan-kulit-tubuh-modern-terbaik

zap cara memutihkan muka dan ketiak

4. Banyak makan jeruk

Jeruk atau makanan sayuran seperti salad baik sekali dalam menjaga kebugaran kulit dari dalam yang dikarenakan kandungan air alaminya yang baik untuk muka dan seluruh badan. Selain itu, melon dan semangka juga baik untuk ini.

5. Banyak minum air putih

Bukan hanya tujuan melancarkan pencernaan, tapi dengan banyak minum air, minimal 8 gelas sehari maka kulit akan tampak lebih segar dan bahkan terlihat awet muda. Pastikan sebelum tidur dan setelah bangun tidur minum minimal segelas, serta setiap habis melakukan kerja keras.

6. Olahraga rutin

Sekali pun tidak terlihat langsung hasilnya dalam cara memutihkan wajah atau kulit muka, dengan olahraga maka peredaran darah dalam badan kita akan semakin baik, tentunya wajah juga yang menjadi bagiannya akan ikut mendapat imbasnya.

Lakukan semua kebiasaan baik, seperti tidak merokok, tidak begadang dan tidur cukup setiap hari, senam secara rutin, menghindari stress dan lain sebagainya.

B. Bahan Alami dalam Cara Memutihkan Kulit Muka

Nah, selanjutnya di bawah ini beberapa bahan alami yang tergolong herbal tradisional yang sudah sering digunakan sebagai pemutih kulit muka:

1. Minyak alpukat.

Kalau kamu perempuan yang susah menahan diri jika sudah terlanjur mengantuk, apalagi harus repot mencuci muka, maka minyak alpukat bisa jadi solusinya dalam membersihkan wajah tanpa perlu basah-basah lagi. Fungsi dari minyak ini efektif sekali dalam menghilangkan sisa make up wajah, tapi pastikan gunakan tissu setelahnya untuk membersihkan dan menyerap minyak yang tersisa.

2. Susu

Sebagian besar orang sudah tahu manfaat utama susu, yakni untuk kesehatan. Tapi itu saat kita meminumnya. Lalu bagaimana jika diperuntukkan untuk wajah? Nah, caranya selain dengan melakukan mandi susu, para wanita juga bisa menerapkannya khusus untuk muka saja, yakni dengan membasuh kulit wajah dengan menggunakan air susu. Fungsi dari penggunaan bahan alami ini adalah untuk memutihkan wajah dengan jalan mencerahkan dan menghilangkan bintik-bintik hitamnya, serta mengangkat sel-sel kulit mati yang masih menempel.

Cara detail penerapan penggunaan bahan susu ini adalah dengan terlebih dahulu menuang beberapa tetes susu pada kain yang akan digunakan mencuci muka, lalu gosokkan secara lembut pada wajah. Atau bila kamu termasuk orang yang memiliki kulit sensitive maka bisa dengan hanya membasuhkannya langsung dan memijat-mijat muka secara lembut.

3. Kombinasi Aloe Vera (Lidah Buaya) dan Jeruk Nipis

Wajah kusam dan warna putih muka tidak tampak dengan baik? Nah, gunakan campuran lidah buaya dan jeruk nipis saja, sebagaimana dilansir oleh Skin.co.id sendiri. Tapi selain itu, anda juga harus tau beberapa kandungan dan keunggulan dari herbal lidah buaya:

  • Kandungan senyawa Lignin dalam lidah buaya yang mudah diserap oleh kulit sangat manjur dalam menjaga kelembaban kulit muka. Selain itu, kandungan Lignin tersebut mampu menjaga elastisitas kulit serta menhindari resiko alergi kulit.
  • Kandungan senyawa asam amino dan juga antrakuinon di dalamnya juga baik dalam membantu regenerasi sel-sel pada kulit muka, yakni dengan jalan mengganti bagian sel-sel kulit yang telah mati dengan sel kulit yang lebih fresh dan baru, sehingga dengan demikian kulit wajah akan terlihat lebih segar dan bercahaya.
  • Kandungan yang dinamakan Saponin yang terkandung dalam lendir lidah buaya berfungsi baik sebagai antibakteri sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat. Di samping itu, kandungan tersebut juga baik sebagai astringent dalam menyerap kandungan lemak di permukaan kulit sehingga terhindar dari masalah komedo.
  • Dan yang lebih penting lagi adalah karena kandungan vitamin A dan E di dalamnya yang berfungsi menutrisi kulit sehingga baik dalam cara memutihkan wajah yang kita bahas hari ini yang mana manfaatnya dimulai dari mangatasi wajah kusam.

4. Jeruk nipis dan putih telur

Jika hanya menggunakan putih telur saja atau madu saja, maka manfaat mengencangkan kulit saja yang kita dapat. Tapi, bila kita padukan antara jeruk nipis dan putih telur maka campuran kedua bahan tersebut bisa memperbaiki warna kulit, dalam hal ini digunakan sebagai cara memutihkan kulit muka secara alami.

Cara penggunaannya adalah cukup dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan putih telur ayam (bebas) dari 1 butir telur saja. Selanjutnya, oleskan pada wajah layaknya masker dan diamkan hingga mongering. Setelah itu, basuh dengan air dingin. Semakin sering melakukan ini maka hasilnya juga akan cepat terlihat.

5. Chamomile.

Bunga Chamomile sering juga dibuat sebagai teh herbal. Tapi selain itu, bahan alami ini juga bisa untuk mencerahkan kulit wajah. Itulah sebabnya mengapa banyak produk kecantikan menggunakan bunga ini dalam berbagai jenis produknya, mulai dari krim pemutih wajah, pembersih muka, sabun, aroma terapi, minyak wangi dan sebagainya.

6. Masker Yogurt

Jika mendambakan wajah putih lagi bersinar, maka menurut pemaparan langsung oleh beautytips4her.com, sebaiknya gunakan masker yang dibuat dari Yogurt. Disampaikan bahwa hanya dengan pemakaian 2 kali dalam seminggu maka hasilanya akan terasa sekali pada warna kulit yang lebih putih. Berikut cara buatnya:

Bahan
  • 1,5 sendok makan yogurt
  • 1,5 sendok makan potongan mentimun
  • 1 sendok makan daun parsley yang telah dicincang halus
Cara Membuat dan Memakai
  1. Pertama, cukup ulek bahan mentimun dan juga parsley lalu masukkan dalam mangkuk.
  2. Masukkan Yogurt lalu aduk sampai betul-betul rata dan menjadi seperti pasta.
  3. Adapun cara penggunaan, cukup oleskan langsung ke muka lalu diamkan kira2 setengah jam.
  4. Bilas dengan air yang hangat lalu keringkan menggunakan handuk.
  5. Terakhir, buat lebih sempurna dengan menggunakan produk kecantikan berupa pelembab.

7. Kulit mangga

Buat kamu yang sebenarnya kulitnya putih tapi belakangan tampak terlihat hitam dan kusam akibat banyak terkena sinar matahari maka sebaiknya gunakan tips dari Vemale.com, yakni dengan menggunakna kulit mangga.

Adapun cara memutihkan wajah dengan alami dengan bahan ini adalah dengan cukup menggosok potongan kulit mangga bagian dalam pada kulit muka secara keseluruhan, lalu diamkan beberapa menit hingga terasa kering, selanjutnya tinggal bilas dengan air bersih.

C. Makanan dan Buah untuk Mencerahkan, Memutihkan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Beberapa buah berikut ada yang langsung memutihkan dan ada juga yang mengambil peran mencerahkan yang secara tidak langsung juga untuk tujuan tersebut.

a. Tomat

Selain enak dibuat sambel, ternyata buah merah dengan sedikit terasa kecut ini memiliki manfaat yang baik untuk kulit tubuh kita, termasuk muka. Manfaat tersebut di dapat dari kolagen. Sebagaimana kita ketahui bahwa dari total keseluruhan kolagen yang ada dalam tubuh, 40% nya ada pada kulit.

Dan bahkan menurut dr. Eric dari University of Pennsylvania bahwa 80% massa kulit terdiri dari kolagen. Fungsi utamanya adalah menyediakan struktur pada kulit sehingga elastisitas kulit dapat terjaga. Itu artinya dengan banyak makan tomat dapat memperlambat penuaan pada kulit yang merupakan faktor utama pendukung kecantikan seorang wanita.

b. Bayam

Pernyataan ini kami kutip dari stuff.co.nz, Dalam situsnya dikatakan bahwa sayur bayam mengandung beta-karoten yang sudah kita kenal sebagai sumber vitamin A nomor wahid (satu). Jika ingin mendapatkan khasiat dari tanaman hijau dan segar ini maka cukup campurkan dalam sayur yang dimasak, maka lambat laun hasilnya akan terlihat dimana kulit kering akan teratasi yang secara tidak langsung menghilangkan kekusaman wajah dan membuatnya lebih putih dan cerah.

c. Nanas

Buah dengan rasa manis bercampur asam yang nikmat ini bukan hanya untuk mengenyangkan saja tapi juga punya fungsi untuk kulit mukamu. Dalam situs Stuff.co.nz disebutkan bahwa selain buah tersebut kaya vitamin C, di dalamnya juga terdapat kandungan enzim khusus yang baik sekali dalam membantu mengurangi garis halus dan noda di kulit wajah. Tapi untuk cara memutihkan kulit wajah maka sebaiknya lakukan dengan dua cara, selain mengkomsumsi langsung buahnya, bisa juga dengan langsung menggosokkan bagian dalam kulitnya pada wajah langsung karena ini mampu menghilangkan warna kusam pada muka.

d. Lemon

Buah ini sebenarnya masih satu turunan dengan jeruk. Kandungan asam ascorbic dari buah inilah yang menyebabkan ia menjadi salah satu buah yang dianjurkan untuk kesehatan kulit muka. Kandungan asam tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat memicu proses regenerasi sel kulit. Dengan demikian, makan buah ini dapat memperlambat proses penuaan sekaligus mencerahkan kulit dari terbentuknya sel baru yang menggantikan sel kulit lama.

D. Cara Memutihkan Wajah yang Paling Populer dalam Klinik Perawatan Wajah

Pada dasarnya ada banyak sekali bentuk perawatan wajah yang sering dilakukan dalam dunia kedokteran yang mana tindakannnya langsung mengarah ke bagian kulit yang dianggap butuh treatment. Di antara tindakan medis tersebut seperti dermabrasi, mikrodermabrasi, laser treatment, chemical peeling, dan lain sebagainya. Mengenai berbagai treatment tersebut sudah dijelaskan di artikel soal : Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

Dari beberapa yang disebut di atas dermabrasi dan chemical peeling adalah yang paling sering dilakukan banyak perempuan di dunia. Bahkan menurut data dari Amerika pada tahun 2011, kedua perawatan tersebut masing-masing dilakukan 25 ribu dan 380 ribu kali.

Hanya saja, jika ditanyakan, mana cara memutihkan wajah paling cepat? tentu tidak bisa dijawab secara langsung karena kembali lagi pada kondisi dari masing-masing kulit pasien, seperti bagi yang mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari langsung maka biasanya disarankan dengan chemical peeling saja dan pada kondisi lain tentu akan berbeda juga rekomendasinya.

E. Tips Perawatan Kulit

Selain yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini beberapa tindakan tambahan yang juga harus diperhatikan.

Seperti halnya kalau kita bicara soal ‘sukses’ bahwa sukses itu gabungan dari berbagai tindakan, maka kulit muka yang putih juga demikian, yang mana faktornya bukan hanya dari bahan pemutih yang langsung diaplikasikan pada wajah, tapi dari berbagai faktor pendukung lainnya. Di antara yang dimaksud adalah:

Selalu bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah

Bersihkan muka dari make-up sebelum tidur, jangan sampai dibiarkan saat tidur dan baru dibersihkan saat bangun karena bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan kulit wajah.

Datangi tempat facial wajah sekali seminggu untuk melakukan pemijatan kulit muka karena selain dapat mengencangkan karena sel-selnya bisa bekerja normal lagi, ini juga ada hubungannya dengan cara memutihkan kulit muka secara alami.

Sesuaikan produk perawatan kulit yang digunakan dengan musim dan lingkungan sehari-harimu, seperti dalam ruangan ber AC dan jika bekerja di lapangan, seperti marketing dan sales.

Buat yang punya masalah kulit sensitif, baiknya jangan gunakan kapas, tapi gunakan jari saja saat mengaplikasian produk pemutih di wajah.

Hindari paparan sinar matahari langsung, terutama di tengah hari.

Jangan sering memencet jerawat atau pun mencabuti sisa lukanya karena walau kamu bisa memutihkan wajahmu, tetap saja bekas jerawat tersebut bisa merusak penampilan.

Hapus lingkar hitam di mata dengan vitamin K, misalnya dengan menggunakan produk Murad Essential-C Eye Cream. Hanya saja ini khusus digunakan di malam hari karena vitamin K tidak tahan terhadap paparan sinar langsung.

Gunakan krim anti-aging atau penuaan untuk menambah kecantikan dan awet muda. Baiknya yang ada kandungan retinol-nya. Kandungan vitamin A dalam zat tersebut bisa memelihara kulit agar tetap melakukan regenerasi. Tapi menurut Patricia Farris, MD. sebaiknya jangan gunakan terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi.

Pakailah moisturizer atau pelembab terbaik. Jenny Kim, MD., PhD dari UCLA School of Medicine merekomendasikan menggunakan bahan ini di malam hari dan sebaiknya yang mengandung superhydrators hyaluronic acid atau glycerin karena dapat mengikat air lebih lama.

Penjelasan soal cara memutihkan wajah secara alami atau cara memutihkan kulit muka dengan cepat di atas tentu belum cukup jika ingin mengulas secara sempurna, tapi paling tidak sudah lengkap rincian langkah yang harus dilakukan dan bahan apa saja yang baik dalam mencerahkan kulit bagian muka, termasuk seluruh badan jika diterapkan pada kulit tubuh langsung. Silahkan share link artikel ini di facebook sebagai amal jariah dan terima kasih dari pengunjung.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *