Punya info penting dalam file ms word atau excel di komputer atau flashdisk dan tidak mau orang lain membukanya? Coba  tutorial Cara Memberi Password pada File Word dan Folder atau cara mempassword Dokumen Word agar tidak bisa dibuka orang lain berikut ini. Caranya simple, karena hanya ada 6 langkah ringan yang harus dilakukan, dan setelah itu, siapa pun yang mau membukanya harus masukkan dulu kata kunci sesuai yang telah kamu setting sebelumnya dalam data Microsoft mu.

Tapi harus hati-hati juga kalau kamu membuat password untuk dokumen word atau excel mu karena sekali diberi maka harus diingat selamanya. Karena ini sudah diperlihatkan langsung pesannya saat pembuatan kata kuncinya, bahwa jika lupa maka data anda tidak bisa direcover. Oleh karena itu, baiknya pakai yang mudah diingat saja, tapi untuk orang lain susah menebaknya.

Di antara keunggulan menggunakan cara ini adalah karena jika kita menyimpan file di komputer atau laptop atau pun dalam flashdisk dan hp Android, maka ia tidak bisa diakses atau dilihat isinya oleh siapa pun sampai ia memasukkan password yang tepat, dan bagusnya lagi karena sistemnya dirancang case-sensitive, yang mana antara huruf besar dan kecil dianggap beda. Jadi akan semakin rumit diblokir oleh orang yang tak bertanggungjawab. Berikut langkahnya:

Proses Cara Memberi Password pada File Word dan MS Excel

Ini kita lakukan kalau sudah punya file Microsoft word atau excel, jadi nanti tinggal buka saja dan langsung action. Adapun versi komputer dan windows nya disarankan pakai yang baru karena saat tutorial ini disajikan penulis menggunakan Windows 7 Ultimate, jadi ini bisa dijalankan untuk Windows 2008 dan 2010 juga. Adapun yang 2003 – 2007, XP, dan Vista sepertinya penulis belum begitu yakin mengenai ada tidaknya fitur ini, karena saya dulu pernah mau coba tapi gak liat fiturnya, tapi jangan berkecil hati, usahakan dulu siapa tau sudah diupdate otomatis sama system Microsoftnya.

1. Awalnya, buka dulu document word atau excel yang telah kamu buat sebelumnya, atau mungkin sedang dibikin dan sudah mau di save.

2. Selanjutnya klik tombol “File” yang ada di pojok kiri atas halaman Microsoft Office Word yang kamu gunakan.

3. Di bagian tab “Info” klik tombol kotak yang bertuliskan “Protect Documet”, tepatnya di samping menu Permissions. (Biasanya tab Info otomatis terpilih setelah klik ‘File’ di atas)

4. Setelah diklik maka akan mucul pilihan ke bawahnya, nah tinggal klik menu “Encript with Password” Perhatikan gambar di bawah:

Cara Memberi Password pada File Word

5. Nah, kemudian kamu diminta ketik password yang mudah kamu hafal lalu tekan Enter atau ‘Ok’ di bawahnya. Selanjutnya, kamu akan diminta mengetik ulang lagi passwordnya untuk memastikan kalau kamu tidak salah ketik atau tidak ada perbedaan pada input pertama dan kedua, kemudian tekan ‘Ok’ lagi untuk menyimpan.

6. Terakhir, tutup dokumen word atau excel yang telah kamu beri password. Dan jangan sampai salah, jika muncul halaman kecil lagi maka pilih ‘Save’ untuk menyimpan hasil pengaturannya.

Simak dulu, Cara Convert Word ke PDF

Sekarang, coba kamu buka data tersebut, pastinya akan langsung muncul perintah dalam bentuk halaman kecil melayang (Popup) yang meminta kamu memasukkan kata kunci yang telah disetting sebelumnya.

Pastikan, baca pesan penting di bawah ini:

Caution: If you lose or forget the password, it cannot be recovered. It is advisable to keep a list of password and their corresponding document names in a safe place. (Remember that password are case-sensitive)

Kurang lebih maknanya sebagai berikut,

Perhatian! Jika kamu kehilangan atau lupa passwordnya, maka data (word atau excel) kamu sama sekali tidak akan bisa dibuka. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencatat passwornya dan nama filenya di tempat yang aman. (Ingat! Password yang diinput adalah case sensitive, maksudnya akan menyesuaikan antara huruf besar dan kecil dan tidak boleh beda saat menginput dan membuka file.

Panduan lain soal Word

Ada banyak sekali tutorial yang sudah caraspot sajikan soal Microsoft dan cara menggunakan komputer windows, silahkan simak satu per satu buat yang masih newbie atau mungkin baru duduk di bangku SMP dan sudah mulai diajari cara penggunaan komputer.

  • Cara Merubah PDF ke Word – Untuk yang mau mengedit isi dari dokumen pdf tapi susah atau mungkin sebagian isinya mau dicopy, maka ada baiknya convert to word biar semua isinya bisa diedit dengan mudah tanpa harus repot menyalin paragraf demi paragraf. Ada ragam cara, mulai dengan online hingga yang menggunakan software.
  • Belajar MS Word Lengkap (silahkan kunjungi link di samping) _ dalam artikel ini kamu akan belajar bagaimana seluk beluk komputer dan cara penggunaannya, terutama dalam hal mengetik dan mengedit tulisan menggunakan komputer, ya tentunya dengan program Microsoft word. Dalam artikel itu juga sudah tersedia tautan segala ilmu yang berkaitan untuk memudahkan pembaca.
  • Cara Membuat Tabel di Word dan Excel – Ini paling penting untuk anak sekolah atau orang yang kerja dan belum paham cara bikin tabel, karena hampir setiap hari ini dibutuhkan, entah untuk bikin data kelompok belajar atau pun daftar gaji karyawan untuk perusahaan.

Setelah tau Cara Memberi Password pada File Word maka Anda mungkin bisa cari-cari lagi data lain yang dianggap penting untuk tidak dilihat orang lain yang kemudian mempasswordnya juga  agar menjadi dokumen rahasia dan hanya bisa dibuka oleh Anda sendiri. Dan pastikan jangan sampai lupa ya, karena jika tidak, itu artinya selamanya kamu juga tidak bisa membukanya. Ya… apa boleh buat.. mungkin data MS nya dihapus saja atau bisa juga cari lagi tutorial untuk cara membuka password word yang terkunci, siapa tau ada walau itu akan makan waktu juga kan.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *