Keyboard tidak bisa mengetik angka? Bingung cari ke sana ke mari solusinya. Nah, Caraspot punya trik tersendiri soal Cara Menulis Angka Arab di Word & Excel dengan Keyboard, agar bukan cuma bisa mengetik huruf Arab saja yang kamu tau, tapi juga nomornya sekalian tanpa harus pakai symbol lagi.

Kebetulan sekali kami punya dua cara yang bisa dilakukan, yang satu otomatis langsung muncul dan satunya lagi minimal menggunakan dua gabungan tombol. Adapun langkah awalnya, masing-masing memerlukan setting atau pengaturan di awal agar sistemnya bisa bekerja saat kita mengetik di Microsoft Word maupun program Office lainnya.

Tutorial berikut bisa bekerja untuk semua jenis Word, mulai dari 2003, 2007, 2013 dan lainnya. Kalaupun ada yang berbeda paling hanya tampilannya saja. Ilmu seperti ini biasanya paling banyak dibutuhkan oleh anak pesantren atau yang sekolah di jurusan agama Islam karena kebanyakan tugas sekolahnya menggunakan teks Arab sebagai pengantarnya.

Ada baiknya, agar nanti hasil ketikan angka Arabnya bisa diedit maka sebaiknya setiap kali ingin menulisnya jenis input bahasa yang digunakan adalah yang berbahasa Arab. Icon untuk ini tetunya muncul di bagian kanan bawah dengan tanda “AR“. Oke, mari kita simak penjelasannya!

Langkah Setting di Komputer untuk Cara Menulis Angka Arab di Word & Excel dengan Keyboard

Seperti dikatakan di atas bahwa ada dua caranya dan masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Kalau mau yang simple pakai cara yang pertama saja, kalau mau yang sedikit ribet yah.. tentunya yang kedua.

A. Cara Otomatis

Jika memilih cara ini maka setelah melakukan sekali pengaturan maka kamu bisa langsung mengetik angka Arab di ms word tanpa lagi pakai tombol lainnya, pokoknya sama persis kalau mau menulis nomor dalam bahasa Indonesia.

1. Pertama kali, buka Word dulu lalu di bagian atas kiri klik tanda panah kecil agar muncul pilihan “More commands….” lalu pilih. Perhatikan gambar di bawah:

cara menulis angka arab di word

2. Lalu, setelah muncul halaman baru, klik menu “Advanced” yang ada di sebelah kirinya.

3. Berikutnya cari dengan cara scroll atau menarik turun tampilan halamanya, bagian pengaturan yang bernama “Show document content” dan pada pengaturan Numeral pilih Context, dan terakhir tinggal klik “Ok” untuk menyimpan hasil settingnya.

cara agar bisa mengetik angka arab di keyboard

4. Terakhir, coba langsung praktek dengan terlebih dahulu mengaktifkan penulisan Arabnya dengan menekan tombol Shift + Alt di keyboard sampai muncul icon AR di bagian bawah kanan layar komputermu. Jika sudah, coba langsung klik saja angka yang ada di keyboard atau laptopmu. Dijamin pasti berhasil. Dan mengenai icon AR, seperti ini tampilannya:

Jika belum tau kamu harus baca : Cara Mengetik Arab di MS Word karena dalam artikel tersebut sudah dijelaskan bagaimana cara menambah bahasa Arab dalam pengetikan menggunakan keyword sehingga komputermu bisa digunakan untuk menulis selain dengan bahasa Indonesia dan Inggris.

Hasil setting di atas akan terus aktif selama pilihan Context yang dijelaskan di atas tetap seperti itu. Tapi sebenarnya tidak ada juga gunanya dinonaktifkan karena sama sekali tidak menggangu proses pengetikan kita pada bahasa lain, toh ini baru akan berfungsi kalau AR yang aktif.

Berikutnya, Caraspot punya juga cara lain yang walau tidak simple tapi bisa jadi lebih disenangi oleh yang mau menentukan sendiri tombol apa yang baik untuk tiap nomor Arab yang mau ditulis. Jadi tidak melulu harus dengan angka yang sesuai.

B. Cara manual

Untuk bagian ini, tidak cukup dengan sekali setting saja, karena antara nomor 1 sampai 10 harus di atur satu per satu biar bisa berfungsi semua angka Arabnya.

cara mengatur nomor arab di komputer

  1. Pertama, klik menu “Insert” di menu Bar MS Word (letaknya paling atas sebelah Home)
  2. Kemudian di bagian paling kanan dari menu di atas, klik menu “Symbol” (tanda panah kecil disamping iconnya)  lalu lanjutkan klik lagi “More Symbols…
  3. Nak, kan banyak symbol yang muncul? silahkan pilih salah satu symbol berbentuk angka Arab dengan cara diklik.
  4. Berikutnya, Klik tombol “Shortcut Key…” yang ada di bawahnya (masih dalam halaman PopUp yang sama)
  5. Selanjutnya, akan muncul halaman kecil yang baru, silahkan isi pada kolom “Press new shortcut key” dengan menekan di keyboard Ctrl plus angka (Ctrl + 1 dst…). Kalau saya sendiri menyesuaikan antara angka simbol dengan angka di keyboard biar lebih mudah dihafal. Misalnya, biar saat mengetik angka 1 di keyboard muncul angka Arab 1 (satu) juga, maka saya pilih CTRL + 1, dan seterusnya CTRL + 2 untuk angka Arab dua, dst….
  6. Terakhir, klik “Assign” untuk menyimpan hasil pengaturanmu.

Baca juga, Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat

Lakukan hingga berulang kali cara di atas hingga semua angka Arab telah kamu buat Shortcut-nya. Jadi kalau mau biar bisa menulis angka Arab 1 sampai 10 maka lakukan juga sebaganyak sepuluh kali. Bisa dipahami kan?

Perlu diketahui, karena ini adalah cara manual maka sedikit ada kekurangan, di antaranya kita harus menekan minimal 2 tombol di keyboard untuk mengaktifkan angka Arab nya.

Selain itu, konfigurasi tombol yang sudah dibuat tidak bisa digunakan untuk konfigurasi lain, misalnya Ctrl + 1 yang biasa dipakai untuk spasi 1 saat pengetikan tidak akan bisa lagi digunakan jika disetting untuk menulis Arab 1 karena telah diatur sebagai Shortcut key.

Setelah ini, maka mau ngetik ayat Al-Qur’a atau pun hadits akan tidak sulit lagi karena caranya hampir sama dengan nulis biasa, dan angkanya juga persis dengan angka bhs Indonesia, jadinya tak ada yang perlu dihafal lagi seperti halnya kalau belajar cara mengetik 10 jari sebagaimana pada artikel sebelumnya.

Lengkap kan penjelasannya? Bantu share artikel Cara Menulis Angka Arab di Word & Excel dengan Keyboard ini ya….! Biar temanmu juga bisa tau bagaimana tekniknya. Karena banyak dari kita yang sama sekali tidak tau kalau sebenarnya ada pengaturannya. Saya dulu juga taunya hanya bisa kalau pakai Symbol saja. Oke… good luck! Lanjut ya, Cara Mengubah PDF ke Word

About The Author

Comments

  1. Didi Maryadi

    wahh baru tahu saya, ternyata bisa juga yah nulis angka arab di ms word.
    terimakasih. sangat bermanfaat arikelnya, karna dengan artikel ini saya bisa menjadi tau dan menambah wawasan

  2. vika nuraini

    gimana cara ngubah dari arab gundul ke arab yang lengkap sama mahrojnya?

    1. Caraspot Article Author

      Vika : Pertama kali aktifkan dulu teks arabnya dengan menekan Shift + Alt di keyboard sampai muncul icon AR di kiri bawah, kemudian letakkan kursor di depan huruf yang mau diberi baris. Sambil menekan Shift, tekan huruf A untuk baris bawah, S untuk kasrahtain, Q untuk fathah, W untuk fathatain, E untuk dhommah, R untuk Dhommatain, X untuk sukun, ~ untuk tasydid (ingat! semuanya sambil menekan Shift ya….)

  3. mugiono

    Kalau membagi dalam 2 kolom caranya gimana?dengan model kolom dari kanan ke kiri

    1. Caraspot Article Author

      Pakai tabel 2 kolom dan boleh juga garisnya dibuat transparan

  4. hamzah

    ini yg sdh lama dicari…
    soalnya sering bantu istri ketik soal buat sekolah Madrasah…
    makasih ya…doanya moga tambah bagus semuanya deh….

    wassalam…

  5. fatkul

    Ok bangt gan….
    Cba saya praktek kn yg di word ada menux…tp pda exel kok gk bsa gmn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *