Cara membuat Terang Bulan bisa dibilang gampang2 susah, dan biar gak bingung yuk belajar resep Martabak manis Holland yang empuk dan berongga dan jenis lainnya. Kalau di Jawa panganan ini biasa disebut dengan Kue Bandung, tapi kalau di daerah lain jenisnya banyak juga, ada yang namanya martabak mini Bangka dengan beragam rasa, seperti coklat, keju, susu, kacang dan juga yang rasa mix untuk satu kue yang dibuat.

Hal yang terpenting ketika membuat martabak manis adalah pada adonannya, terutama saat ia telah matang biasanya berlubang atau berongga di tengahnya dan empuk saat digigit.

Gampang sekali mengetahui kalau terang bulan keju atau coklat buatanmu gagal, biasanya ia akan lama sekali matang, dan kalau pun telah matang adonannya tidak mengembang dan padat. Dan yang paling sering juga, biasanya kuenya terasa panas sekali karena taka da lubang-lubang di tengahnya yang membuatnya menampung panas dari wajan.

Cerita sedikit ya soal anak saya. Kalau anak yang pertama paling doyan dengan martabak telur, kadang kalau beli 1 dia yang ngabisin semua, sampai-sampai bertengkar dengan adiknya karena adiknya yang juga kepengen gak dikasih sama sekali. Dan yang paling enak kalau lagi makan martabak itu pada rasa acar timunnya yang kecut-kecut manis dan berkuah. Saya sama anak saya kadang rebutan biar dapat banyak.

Lain lagi dengan anak kedua saya, dia malah sukanya dengan martabak manis rasa coklat plus susu, sebenarnya dia doyan juga dengan yang rasa keju tapi karena mahal dan tak pernah beli, jadinya mentok di rasa itu saja. Dan yang paling berkesan kalau beli sama langganan adalah adonannya yang berlumuran mentega dan susu, nah… bagian ini yang bikin rasanya tambah lezat dan nikmat di mulut.

Panduan Resep Martabak Manis

Dipertegas lagi ya, kalau kue bandung itu sebenarnya nama lain dari martabak itu sendiri, jadi jangan heran kalau ada yang bilang begitu karena sebenarnya cuma beda istilah saja.

Bahan adonan kue Bandungresep martabak manis

  • 2 btr Telur ayam biasa.
  • 500 gram (1/2 kg) Tepung terigu yang sudah diayak.
  • 120 gram bula pasir.
  • 650 ml Air. Untuk hasil lebih baik gunakan air hangat.
  • 1 sendok teh ragi instant.
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh Garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 20 gram susu bubuk
  • 20 gram mentega cair

Penggunaan susu bubuk bisa untuk semua jenis, termasuk yang untuk anak. Tapi paling bagus, kalau misalnya mau buat yang warna klasik – kekuning-kuningan – maka baiknya pakai yang susu putih saja.

Bahan Topping:

Untuk rasa yang menjadi taburan di atasnya bisa disesuaikan dengan selera, seperti keju, coklat, kacang, susu, pisang, selai nanas atau strowbery dan lainnya.

Biasanya cara membuat martabak manis ala pedagang kaki lima ada yang mencampur semua topping tersebut, misalnya susu kental manis + coklat dan keju.

Kalau yang jadi langganannya saya biasanya adonan dari martabak manis yang ia buat rasa manisnya sedikit sekali, dan hampir semua rasa manisnya di dapat dari topping tersebut, makanya bahan yang dipakai biasanya lebih banyak.

Untuk memperkuat rasanya, biasanya setelah diangkat dari Teflon langsung ditaburi gula pasir di atasnya lalu ditutup. Walau demikian, lebih banyak yang menaburinya pas masih dalam proses pemanggangan, yaitu setelah muncul lubang-lubang di atasnya, tapi masih sedikit basah.

Cara Membuat Martabak Manis di atas:

Cara bikin di bawah sudah diuji oleh dapur resep Sajiansedap.com dan Kokiku.tv sehingga sudah layak dipraktekkan oleh ibu-ibu di rumah, walau hanya sendiri dan tanpa dibantu teman.

  1. Untuk kue martabaknya: Pertama, ayak dulu tepung terigu biar bersih dari kotoran bersamaan dengan itu masukkan baking powder. Lalu tambahkan gula pasir dan campur hingga rata.
  2. Langkah berikutnya masukkan telur yang sudah dikocok, jika punya vanili bubuk tambahkan juga, dan jangan lupa garam biar rasanya gurih. Nah, aduk lagi sampai rata.
  3. Berikutnya, tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah hingga adonan menjadi lembut. Dan tinggal tunggu hingga mengembang, kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
  4. Sebelum menuang adonan martabak manis, panaskan loyang terlebih dahulu. Adapun cara ngetest-nya adalah dengan menabur beberapa butir gula, kalau langsung cair, nah itu artinya sudah siap digunakan. Tapi bila belum, itu artinya perlu menunggu sekitar semenit lagi.
  5. Mulai masukkan kurang lebih 350 gr adonan. (biasanya ada yang menyarankan pisahkan sejumlah adonan kue bandung tersebut lalu beri 1/4 sendok teh baking powder dan aduk hingga betul-betul rata, dan baru kemudian dituang dalam loyang.
  6. Setelah dituang, kecilkan apinya, dan tunggu sampai warnanya tidak terlihat pucat lagi dan tampak berlubang.
  7. Angkat lalu taburi gula pasri kasar di atasnya secukupnya saja. Lalu tutup dengan tutup panci biar kue jadi lembab dan empuk. (kalau mengikuti resep sebagian orang, biasanya gula pasirnya ditabur saat adonan masih dimasak, tepatnya saat sudah terbentuk lubang-lubang dan hamir matang tapi permukaannya masih sedikit basah. Gunanya biar tercampur dengan sempurna)
  8. Oles mentega di bagian atasnya, lalu beri taburan keju + coklat + susu kental manis. Lalu lipat kuenya jadi berbentuk setengah lingkaran dan beri olesan mentega di bagian punggungnya tersebut biar rasanya gurih dan lebih lembab.
  9. Terakhir, tinggal potong-potong jadi 8 bagian lalu tata di atas piring lebar, dan tededd…. Resep martabak manis anda berhasil dan siap disajikan.

Langkah2 di atas bukanlah cara baku, bisa jadi setelah sering buat anda punya trik atau kreasi sendiri, mengapa tidak dicoba? siapa tau bisa jadi trendsetter dan ditiru banyak orang.

Ala Brand “Holland”

rahasia martabak holland
Martabak Red Velvet

Bicara soal kue empuk dan manis ini tak terlepas dari resep martabak manis Holland spesial. Sebenarnya ini adalah brand, tapi karena rasanya yang nikmat sehingga banyak orang yang seakan-akan menjadikannya sebagai salah satu nama martabak, padahal itu cuma merek saja.

Asal dari merek Holland sebenarnya dari Surabaya dan sebagian di kota Malang, tapi sekarang ini bisa dibilang sudah banyak pesaingnya bahkan bisa lebih enak dan punya ciri khas sendiri, bahkan yang tanpa nama pun yang buka lapak di depan Indomaret dan Alfamart rasanya tidak kalah enak dan empuk.

Bisa dibilang Martabak Holland ini bermain di kelas menengah ke atas. Bayangkan saja, untuk yang kelas kakilima harganya cuma 10rb-20rb saya, tapi si Holland ini bisa sampai 50rb-60rb, wah lumayan mahal… sekitar 3 sampai 4 kali lipat dari harga martabak manis biasa.

Ini rahasianya…

Kalau soal adonan saya mungkin tidak perlu share lagi karena yang namanya cara membuat martabak manis sukses tidaknya adonannya hanya ‘apakah ia menghasilkan rongga atau tidak ditengahnya?’. Kalau bagian itu sudah terjawab maka kita anggap hasil praktek Anda berhasil.

Dan yang jadi rahasia dalam pembuatan martabak Holland sebenarnya pada pemilihan bahannya, bukan pada takarannya.

Konsep utama keberhasilan bisnisnya sebenarnya pada kuwalitas premium dari tiap bahannya. Sebut saja pada keju yang ia gunakan, dari hasil pengatan di lapangan, merek yang digunakan adalah Kraft. Pastinya ini bukan merek abal-abal. Belum lagi dengan menteganya, yang jadi pilihannya juga pada mentega kualitas nomor 1, yakni Blueband. Mengenai Meses yang digunakan juga demikian, yakni merek Ceres yang sudah sering kita liat iklannya di TV. Adapun dari susu kental manis, sekalipun belum bisa dipastikan merek apa yang digunakan, sudah bisa ditebak kalau Frisian Flag – Gold yang jadi pilihannya.

Adapun soal bahan utama berupa terigu, diketahui bahwa martabak manis Holland ini menggunakan merek Bogasari. Nah, jika dilihat dari paduan bahan-bahannya, maka tak heran jika harganya mahal. Dan karena semua bahan yang dipilih dari kualitas premium, maka rasanya juga so pasti selangit dan tak berlebihan kalau dikatakan ‘makan sekali, bikin lidah ketagihan!’.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa martabak Holland bisa terkenal dan berhasil di Surabaya karena konsep bisnisnya kurang lebih meniru Papa John’s yang merupkan salah satu merek pizza yang juga menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk adonan dan bumbunya. Dan masih banyak lagi contoh merek yang bermain pada kualitas produknya, bukan pada harganya yang murah.

Martabak Bangka

Sebenarnya martabak Bangka itu ada yang besar dan ada juga yang kecil bentuknya dan sering disebut dengan martabak mini Bangka. Sebenarnya ini nama daerah namun kemudian jadi nama salah satu jenis mratabak karena rasanya yang nikmat dan sebagian besar daerah di Indonesia banyak yang menjualnya di pinggir jalan.

Salah satu penjual Martabak Bangka yang terkenal dan paling laris adalah yang menggunakan brand Martabak Acau 89 yang berlokasi di Jl. Mayor Syafrie Rahman, Pangkal Pinang.

Adapun mengenai resepnya, karena beda dengan martabak pada umumnya, maka akan kita bahas pada ulasan selanjutnya yang lebih lengkap dengan penjelasan takaran bahan dan cara bikinnya.

Tips biar martabak jadi enak (semua jenis):
  1. Lakukan pencampuran adonan yang tepat sesuai dengan proses yang diajarkan karena jika terbalik biasanya hasilnya tidak akan maksimal, dan yang paling sering terjadi adalah adonannya bantet dan susah mengembang.
  2. Antara bahan soda kue dan ragi instan bisa digunakan salah satunya saja karena funsi soda kue juga untuk membuat kue jadi empuk dan berlubang, sekaligus membuatnya kenyal.
  3. Jika menggunakan ragi instan maka setelah itu diamkan dulu adonannya selama kurang lebih 30 menit saja, sambil ditutup kain atau  penutup panci, apa saja yang penting bisa rapat. Cara ini dilakukan agar adonan bisa menimbulkan rongga atau lubang-lubang ditengahnya saat dimasak.
  4. Biar sempurna matangnya, jangan sampai tidak memanaskan dulu loyang atau teflonya, karena kalau langsung dituang biasanya ia tidak akan mengembang baik saat panggang. Beberapa menyarankan memanaskan hingga 10-15 menit biar betul-betul panas.
  5. Sesaat setelah menuang adonan di atas Teflon maka segera benamkan sendokan sayur yang dijadikan sebagai sendok untuk menuang. Fungsinya adalah agar bagian pingginya yang tertekan ke atas menghasilkan semacam kriuk atau adonan tipis yang garing setelah sendok sayur tersebut diangkat. Anak-anak paling senang dengan bagian ini karena katanya seperti krupuk…!
  6. Untuk rasa yang lebih enak, setelah matang langsung taburi gula pasir kasar dan jangan lupa setelah itu tutupi dulu dengan penutup panci atau apalah biar jadinya lebih empuk dan gulanya meleleh dengan baik, serta tidak terlalu panas, karena jika langsung bisa merusak toppingnya. Setelah itu, jangan langsung diberi topping, tapi pada bagian punggung atau belakangnya, diolesi dulu mentega yang banyak biar kuenya basah dan ada rasa-rasa gurihnya saat digigit. Ini dilakukan dengan cara melipat kuenya jadi dua lalu diolesi dengan mentega. Ini bukan teori belaka, penulis melihat hampir semua penjual martabak manis menggunakan cara ini dan memang hasilnya lebih enak.
Alat Panggang yang bagus:

Bagian ini sama sekali tidak bisa dilewatkan, karena hal terpenting dalam pembuatan martabak manis, yakni rongga di dalamnya, sangat dipengaruhi oleh jenis pemanggangan yang digunakan.

Kalau di atas hanya disebut Teflon, tapi sebenarnya itu kalau kita punyanya hanya itu saja. Tapi sebenarnya kalau mau lebih baik maka gunakan yang berbahan logam tebal agar panasnya merata dan semua bagian kue masak merata secara bersamaan.

Kekurangan jika pakai Teflon adalah panas api terlalu panas sebelum terang bulan terbentuk dengan sempurna sebagaimana dikehendaki, sekalipun apinya sudah diatur sedemikian rupa.

Resep Kue lainnya:

Ada banyak sekali cara membuat kue di Caraspot ini, mulai dari kue kering, kue basah, hingga yang berkuah, di antaranya adalah:

1. Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk – Resep ini kurang lebih sama dengan martabak dalam hal prospek bisnis karena juga menjadi salah satu panganan yang banyak penggemarnya dan mudah dibuat serta dijadikan sebagai bisnis utama. Di dalamnya kamu akan belajar bagaimana cara membuat yang mirip dengan perusahaan besar seperti Dunkin Donuts, atau yang terkenal asli buatan anak negeri adlaaj donat J.CO yang lezat dan empuk.

2. Cara Membuat Bolu Kukus Mekar – Kue basah ini juga sering jadi peluang bisnis pinggir jalan bagi kebanyakan orang dan bisa jadi alternatif dari martabak manis. Kalau di Jawa biasa disajikan dengan berbagai variasi warna dan digabungkan dengan penjualan kue lainnya seperti pukis dan kue tradisional. Kadang yang bikin gagal kalau buat ini adalah bagian atasnya yang tidak mekar. Nah, dengan belajar dari tutorial masak tersebut kamu akan tau tips pastinya.

3. Resep Kue Kering Lebaran – Mumpung sudah dekat bulan puasa, baiknya belajar cara membuat kue kering lebaran. Ada banyak ragamnya yang bisa kamu praktekkan, mulai dari Nastar, Lidah Kucing dan ragam rasa seperti coklat, keju, kacang giling dan sebagainya. Rahasia pembuatan untuk kue kering ini ada pada proses pengadukan adonan dan saat dipanggang. Usahakan pakai api sedang biar tidak gosong.

4. Cara Membuat Pancake Durian, Coklat dan Pisang Sederhana – Ketenaran beberapa resep kue basah di atas bisa dibilang sama dengan resep pancake ini. Bentuknya mini alias kecil yang mana rasa dan tampilannya sangat dipengaruhi oleh kreasi toppingnya, mulai dari madu, coklat, pisang, keju, dan aneka irisan buah seperti strowbery, blueberry dan lain sebagainya. Paling enak diliat kalau ditumpuk terus disiram dengan kuah manis seperti madu. Bikin ngiler jadinya…!

Banyak sekali sebenarnya jenis dari kue bandung, tapi dengan paham resep martabak manis bandung, Holland, dan Keju Bangka Mini saja saya rasa sudah cukup untuk mulai menjadikan ini sebagai menu pembersih mulut untuk keluarga minimal sekali seminggu. Dan akan lebih baik lagi kalau dijadikan sebagai lahan bisnis agar bisa menambah pundi-pundi keluarga.

About The Author

Comments

  1. Pasar Rumah

    Wah, mantap artikelnya. Kalo uda bisa bikin, mungkin bisa buat usaha. Secara rata-rata orang Indonesia doyan martabak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *