Bacaan Surat Al Fatihah merupakan surah pertama dalam Al-Qur’an, yakni sebelum surah Al-Baqarah. Nah, di laman Caraspot ini anda bisa tau arti surah al fatihah serta tafsir al Fatihah dan bacaannya. Di samping itu, buat yang mau download filenya dalam bentuk MP3 juga tersedia lengkap, sekaligus bisa didengarkan langsung bacaannya tanpa harus di unduh terlebih dahulu.

Secara umum diketahui bahwa jumlah ayat dalam surah Al Fatihah adalah 7 ayat dan terdiri dari 25 kata serta 139 huruf. Namun, mengenai jumlah ayatnya, kalangan ulama memperselisihkan mengenai kedudukan bacaan Basmalah (Bismillahir-Rahmaanir-Rahiim), apakah termasuk sebagai ayat dalam surat pembuka ini atau tidak.

Menurut hemat penulis Caraspot sendiri (bolehkan ikut berpendapat? he he!), jika kita merujuk pada surat Al-Hijr ayat 87 mengenai Sab’ul Matsaany (7 ayat yang diulang-ulang) yang mana yang dimaksud disitu adalah bacaan surah Al-Fatihah sendiri, maka tepat kalau dikatakan bahwa Basmalah tersebut termasuk di dalamnya, karena jika tidak, tentu hanya akan disebutkan sebagai 6 ayat yang diulang.

Artikel ini merupakan lanjutan dari pembahsan Tuntunan Sholat Lengkap, jadi silahkan merujuk ke halaman tersebut untuk membaca pejelasan lengkapnya.

Bacaan Surat Al Fatihah

Bacaan Al-Fatihah di bawah kami kutip dari Quran Terjemah. Silahkan copy tulisannya untuk disave di ms word atau pun pada program lain, jadi sewaktu-waktu dibutuhkan tak perlu susah lagi mencarinya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

الْحَمْدُ لِلّٰـهِ رَبِّ الْعٰلَمِينَ

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اهْدِنَا الصِّرٰطَ الْمُسْتَقِيمَ

صِرٰطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّين

7 ayat di ataslah yang dimaksud dengan 7 yang diulang-ulang karena setiap kali seseorang shalat diwajibkan membacanya, bahkan dikatakan bahwa al Fatihah tak pernah berhenti dibaca di dunia ini walau sedetik saja karena waktu sholat yang berbeda-beda di tiap daerah dan bergulir waktunya dari satu tempat ke tempat lain sehingga bacaannya pun terus berlanjut sepanjang hari 24 jam dan sepanjang tahun hingga kiamat nanti.

Simak juga: Bacaan Doa Qunut

Arti Surah:

  1. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.bacaan arti tafsir surat al fatihah
  2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
  3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
  4. Penguasa Hari Pembalasan.
  5. Hanya kepadaMu kami menyembah, dan hanya kepadaMu kami meminta pertolongan.
  6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
  7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Bisa jadi dalam kitab tafsir atau terjemah Al Qur’an ada perbedaan susunan kata pada artinya, namun maksudnya tetap sama.

Sempatkan baca: Niat Sholat Tahajud

Tafsir Al Fatihah

Yang dimaksud dengan tafsir surat Al Fatihah sendiri adalah maksud atau penjelasan dari tiap ayatnya. Dengan mengetahui tafsir atau ta’wil-nya maka seseorang akan lebih paham tiap ayatnya, berbeda dengan jika tau artinya saja, karena pada dasarnya arti hanya untuk mempermudah pembaca saja dan bukan makna sebenarnya, itulah sebabnya mengapa ulama berbeda pendapat mengenai boleh tidaknya menerjemahkan Al-Qur’an.

Adapun referensi kitab Tafsir yang digunakan di bawah ini adalah dari Qurais Syihab, penyusun Tafsir Al Mishbah. Berikut penjelasannya per ayat:

Ayat Pertama:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.”

Ayat pertama Surah Al Fatihah merupakan lafadz dari Basmalah sebagaimana telah disebut di atas, hal ini sebagaimana pendapat Imam Syafi’i yang masyhur diikuti banyak ulama. Adapun dalam pandangan Imam Malik, disebutkan bahwa Basmalah bukanlah termasuk bagian dari Al Fatihah sehingga bukan ayat pertama dari surah tersebut, sehingga dengan demikian tidak wajib untuk dibaca ketika menjalankan sholat ketika membaca Surah pembuka ini.

Basmalah adalah pesan pertama Allah swt. kepada segenap manusia, yakni pesan agar setiap manusia memulai segala aktivitasnya dengan menyebut nama Allah. Ini dipahami oleh adanya penggunaan huruf “ب” pada lafadz “بسم” di awal ayat ini.

Adapun lafadz Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah merupakan dua sifat yang berakar kata yang sama. Agaknya kedua sifat (Ar Rahman dan Ar Rahim) ini dipilih karena kedua sifat inilah yang paling dominan. Para ulama’ memaknai kata Ar-Rahman sebagai sifat Allah yang mencurahkan rahmat yang sifatnya sementara di alam dunia ini, sedangkan ar-Rahim sendiri adalah rahmat-Nya yang memiliki sifat kekal.

Rahmat Allah swt. di dunia yang sifatnya sementara ini mencakup pada seluruh makhluk-Nya, tanpa ada perbedaan antara yang mukmin dan kafir. Adapun tafsir dari rahmat yang kekal adalah rahmat Allah di akhirat saja, tempat hidup yang kekal bagi manusia, dan hanya akan dinikmati oleh hambanya yang mengabdi dengan tulus kepada-Nya.

Kunjungi juga : Bacaan Doa Sholat Dhuha

Ayat Kedua

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالمَِيْنَ

“Segala puji hanya bagi Allah pemelihara seluruh alam.”

Kata Hamd atau pujian secara umum merupakan ucapan yang muncul untuk ditujukan kepada yang dipuji atas sikapnya yang baik, walaupun ia tidak memberikan sesuatu kepada yang memuji. Inilah yang membedakan antara kata hamd dengan syukur.

Terdapat tiga unsur yang harus ada pada orang atau dzat yang dipuji sehingga dia pantas mendapatkan pujian, yaitu : indah atau baik, perbuatannya dilakukan secara sadar, serta tidak terpaksa atau pun dipaksa. Dan kata al-hamdu, dalam tafsir surah al-Fatihah ini ditunjukkan kepada Allah swt. Ini artinya bahwa Allah dalam segala ketetapan-Nya telah mencakup ketiga unsur tersebut.

Adapun kalimat Rabbil ‘aalamin merupakan penyampaian yang lebih lanjut mengenai layaknya segala puji hanya kepada Allah. Betapa tidak, Dia adalah Robb atau Tuhan dari seluruh alam semesta ini. Al-hamdu lillahi robbil’alamin dalam surat al-Fatihah ini memiliki dua sisi makna. Pertama, berupa pujian kepada Allah swt. dalam bentuk ucapan, dan yang kedua berupa syukur kepada Allah swt. dalam betuk perbuatan.

Adapun tafsir ayat ketiga hingga ketujuh kami lanjutkan ke halaman selanjutnya, dan bila halamannya belum tersedia silahkan simak di channel Youtube ini.

Download Surat Al-Fatihah MP3

Berikut ini file yang kami rujuk dari QuranicAudio.com yang mana sudah jadi langganan penulis setiap kali ingin mendengar atau download Qur’an termasuk surah Alfatihah MP3 yang kita maksud.

Adapun cara mengambil filenya untuk didengarkan via ponsel atau komputer, begini:

  1. Kunjungi laman ini : mp3 Al Fatihah
  2. Selanjutnya, di halaman tersebut dengarkan dulu murattal nya hingga selesai, biasanya akan terdownload otomatis, tapi bila tidak Anda tinggal klik kanan lalu pilih “Simpan laman dengan nama…”
  3. Jika sudah terdownload selanjutnya tinggal putar dengan cara klik kanan file Al Fatihah tersebut lalu pilih menu “Open with” lalu pilih media player yang kamu sukai seperti Classic Media Player, GOM, FLV dan lain sebagainya.

Apa ada yang mau ditanyakan dalam artikel Bacaan Surat Al Fatihah ini, semoga arti serta tafsir Al Fatihah yang dijelaskan di atas bisa membantu anda buat yang baru belajar atau mungkin ada yang mau belajar sholat fardhu karena masih muallaf atau bagu masuk Islam. Pastikan bertanya pada ahlinya kalau tidak tau biar tidak menyesatkan diri sendiri dari pemahaman yang salah.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *