Makanan buka puasa yang terkenal dan paling enak sebenrnya ada di tiap daerah, makanya Caraspot share Resep Menu Buka Puasa Ramadhan ini, atau biasanya disebut ‘Takjil’. Umumnya banyak yang mencari makanan yang sehat, praktis, dun juga sederhana, baik itu untuk diet atau pun hanya untuk merasakan nikmatnya berbuka puasa.

Mungkin ada yang belum paham apa pengertian takjil itu? Jadi kalau kita merujuk pada daring KBBI, maka defenisi dari ta’jil adalah istilah makanan yang pertama kali disantap saat berbuka untuk mempercepat dalam berbuka puasa. Ini juga merupakan pengapliasian dari sunnah Nabi Muhammad saw. yang sangat menganjurkan bagi umat Islam untuk mempercepat dalam berbuka.

Pada dasarnya, Nabi sering kali memulai atau ‘membatalkan’ puasanya dengan makanan manis, bukan hanya karena sekedar sunnah saja, tapi telah diketahui manfaatnya secara medis yang mana dengan cara ini akan cepat memulihkan tenaga bagi orang yang puasa karena kandungan gula berfungsi sebagai kalori pembakar dalam tubuh setelah seharian tidak makan. Dan lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini:

Resep Menu Buka Puasa yang Sehat – Takjil untuk Makanan Buka Puasa Sebulan

Untuk melengkapi menu berbuka anda selama sebulan penuh di bulan Ramadhan maka Caraspot akan menyajikan 30 resep lengkapnya, jadi selama menunaikan ibadah anda tak perlu lagi repot besok mau masak apa karena semua sudah ditentukan di awal bulan. And this is it…. :

Perhatian! Urutan resep di tiap harinya adalah dimulai dari menu takjil yang segar kemudian makanan besar yang biasa disantap setelah sholat magrib atau pun Tarwih:

  1. Es Teler, Tahu Isi, Soto Betawi
  2. Es Pisang Ijo + ES, Capcay Kuah,
  3. Kolak Pisang, Bakwan, Gado-Gado,
  4. Es Kelapa Muda dengan Gula Merah, Perkedel Kentang
  5. Bubur Sumsum,
  6. Es Campur,
  7. Bubur Ketan Hitam,
  8. Es Dawet Ayu,
  9. Sop Buah,
  10. Kolak Biji salak,
  11. Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam
  12. Es Timun Suri,
  13. Es Shanghai,
  14. Es Rumput Laut,
  15. Es Cincau Teh Susu,
  16. Es Pelangi,
  17. Kolak Candil, Sayaur Lodeh,
  18. Teh Manis Hangat, Serabi Solo, Tumis Kangkung
  19. Es Cendol, Tumis Buncis,
  20. Es Sirup  Frambozen, Pisang Goreng,
  21. Es Kopyor, Perkedel Jagung,
  22. Es Alpukat, Serabi Bandung, Semur Telur
  23. Kolak Ubi, Soto Ayam
  24. Es Puding Buah Segar,
  25. Es Coktail Buah,
  26. Es Kacang Merah,
  27. Jus Buah Naga,
  28. Es Kopi Susu,
  29. Es Goyobod Bandung
  30. Milkshake Chocolate

Bisa jadi tidak semua anda bisa memenuhi list resep minuman atau makanan di atas, maka solusi menu bukan puasa yang sehat, terutama pada minumannya, adalah cukup dengan teh manis hangat. Mengapa demikian? karena teh panas baik untuk kesehatan dan tidak merusak pembuluh darah. Berbeda jika anda langsung minum yang dingin, karena kata pakar kesehatan, ibarat batu yang dipanaskan seharian penuh lalu disiram es, maka jadinya bagaimana? Kalau memang betul batu tentu akan langsung retak dan pecah, jadi jangan biarkan tubuh Anda rusak seperti itu karena salah komsumsi di saat buka puasa.

Menu Makanan Lebaran

Setelah berpuasa maka ada hari penting setelah itu, yakni hari kemenangan Idul Fitri dan tentunya moment tersebut juga kita biasa menyantap hidangan sepesial yang khusus dimasak di hari itu saja, jadi bukan hanya belajar cara pakai sarung saja. Nah, dari pada beli, mending buat sendiri dengan memperlajari resep berikut:

  • Resep Kue Kering Lebaran – Banyak juga ibu ibu yang kadang malas buat kue labaran sendiri karena alasan malas mengolah dan memanggang sendiri adonannya, tapi tahukah para bunda… bahwa tidak semua kue kering yang dijual itu aman, ada juga yang menggunakan pangawet terlarang seperti formalin dan sebagainya, dan yang lebih parah lagi… kadang ada kue yang tidak laku di tahun lalu dijual kembali di Ramadhan sekarang.. wah sungguh tidak baik buat kesehatan ya. Untuk mengetahui cara buatnya, silahkan kunjungi tautan di awal paragraf ini.
  • Resep Opor Ayam – Ini tak kalah pentinganya dengan kue lebaran, karena pas hari Lebaran inilah menu yang paling dicari, ya apa lagi kalau bukan opor ayam kuning ala jawa yang empuk dan gurih. Bahan utamanya adalah ayam segar, baik itu dari ayam kampung maupun broiler. Kalau mau lebih mantap lagi rasanya maka bisa dengan selain mengulek sendiri bumbunya juga dipadukan dengan yang sudah jadi yang dijual dalam bentuk sachet, biasanya banyak dijual di Indomaret dan mini market lainnya.

Demikian ya resep menu buka puasa yang sehat yang bisa anda pilih untuk sajian anda lengkap takjil buka puasa anda selama sebulan penuh. Buat yang baru belajar masak bisa coba beberapa dulu, setelah berhasil satu baru mulai lagi masak resep lainnya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *