Mau membuat aplikasi android online tanpa belajar bahasa program di HP atau lewat komputer, gak usah khawatir karena dalam artikel Caraspot soal Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula yang sederhana dan online dengan Eclipse/Netbeans Tanpa Belajar Bahasa pemrograman ini bisa jadi referensi buat anda semua.

Ada banyak sekali kegunaan kalau bisa membuat aplikasi android sendiri, selain kepuasan karena bisa memberi manfaat pada pengguna smartphone, juga karena kita bisa menghasilkan uang dari apk tersebut, terutama kalau kita memasang iklan di dalamnya.

Mungkin juga banyak yang bertanya bagaimana ya caranya kita dibayar? atau bagaimana cara mencairkan penghasilannya? apakah dikirim lewat rekening atau gimana? Pokoknya semua pertanyaan yang ada di benak anda soal itu akan terjawab semua.

Yang penting sekarang adalah belajar bagaimana sampai bisa membuat aplikasi kita online atau yang paling bagus lagi kalau bisa masuk Google Play Store biar bisa didownload banyak orang. Sabar…. itu juga akan kita kasi tau langkah-langkahnya dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Yuk mulai belajar Cara Membuat Aplikasi Android untuk pemula dengan Eclipse

Perlu diketahui bahwa di sini kita melakukannya tanpa belajar bahasa program atau lebih lazim dikatakan “bahasa pemrograman”, jadi dengan bantuan software atau aplikasi, dan sebagian dilakukan secara online lewat sebuah situs.

Pertanyaannya, mengapa eclipse? Ya, karena ini adalah salah satu software yang banyak digunakan para pengembang untuk menciptakan aplikasi baru meraka, jadi kita mulai belajar dari sini dulu.

Langkah-langkah bikinnya:

1. Paling awal yang harus disipakan adalah aplikasi pendukungnya, yaitu Java Development Kit atau yang disingkat dengan JDK.

Jika anda belum punya maka bisa download softwareenya di sini: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

2. Setelah masuk ke halaman downloadnya, pastikan klik gambar yang ada tulisan “Java Platform (JDK) 8u20″ di bawahnya.  LIhat yang ada lingkaran merah di bawah.

cara membuat aplikasi android

3. Selanjutnya akan ada halaman yang muncul, pastikan centang tulisan “Accept Licnse Agreement” yang artinya segala ketentuan atau istilahnya TOS dalam penggunakan layanan Java ini anda terima sepenuhnya.

4. Kemudian tinggal unduh sesuai dengan perangkat yang anda gunakan, untuk Windows 32 bit maka pilih “Windows x64″ sedang kalau PC yang kamu pakai Windows 64 bit maka pilit “Windows x86″, gampang kan?

5. Tinggal ikuti prosesnya, untuk bagian ini kayaknya tak perlu saya jelaskan lagi karena modalnya cuma klik dan klik saja, biasanya sih tulisannya Next atau Yes saja.

6. Bila telah selesai mendownload software JDK yang kita maksud maka tinggal jalankan saja pembuat aplikasi android, Eclipse. Tapi saya yakin anda juga belum punya programnya, untuk itu silahkan unduh di sini : https://www.eclipse.org/downloads/

Sama dengan JDK untuk membuat aplikasi android, anda tinggal pilih OS yang digunakan, apakah yang 32 atau 64 bit. Jangan sampai salah ya, karena pengaruh sama proses kerja atau pembuatan apk nya nanti.

7. Jika sudah berhasil, tinggal lakukan extract, tau kan caranya? Jadi kamu klik kanan filenya lalu pilih extract here atau di tempat yang kamu inginkan.

8. Jalankan Eclipse dengan cara klik naman file yang bertuliskan Eclipse.exe (seperti tombol ungu bulat kecil) ya so pasti kurang lebih sama kalau mau menjalankan software lainnya.

9. Berikutnya akan muncul sebuah perintah untuk memilih dimana anda nantinya menyimpan hasil pembuatan aplikasi android anda, istilahnya Workspace atau tempat kerja. Perhatikan contoh gambar berikut:

membuat aplikasi tanpa bahasa program

10. Jika halaman di atas sudah terlihat maka buatlah dulu sebuah folder bernama Workspace (jadi folder ini harus dibuat manual dulu sebelum langkah 9 di atas) yang mana disitulah semua project aplikasi android yang sudah anda buat disimpan dengan aman. Saya sih sarankan taruh di Drive D biar kalau ada masalah bisa direstore dengan gampang.

11. Step berikutnya tinggal mengarahkan Eclipse ke folder yang baru kita buat tersebut, caranya buka aplikasinya kemudian browse dan setelah ketemu klik Ok (tepatnya seperti langkah nomor 9 di atas).

(sedikit membingunkan ya… tapi yang jelas kita buat dulu folder baru jalankan nomor 9)

12. Kalau kamu sudah bisa melihat gambar seperti di bawah ini, maka itu artinya kamu sudah berhasil membuat lembar kerjanya dan tinggal melakukan sedikit usaha simple dan sederhana saja untuk menuntaskan cara membuat aplikasi di android sederhana untuk pemula ini. Dan bila belum maka coba baca dari awal artikel ini, siapa tau ada yang salah atau kelewat.

langkah membuat apk hp android onlineNah, selanjutnya setelah anda sedikit tau bagaimana langkah buat aplikasi android gratis, maka mari kita lakukan tanya jawab seputar dunia apk. ini, terutama yang penasaran soal penghasilannya dan bagaimana membuatnya masuk di play store google?

Pertanyaan seputar penghasilan setelah tau cara membuat aplikasi Android online dan sederhana ini

Mungkin di kepala anda sudah banyak sekali kan yang mau ditanyakan soal aplikasi di android dan siapa tau selama ini tidak ada yang bisa dimintai tanya karena pada sibuk semua cari uang he he.

So, hari ini kita jawab dengan tuntas segala yang menyangkut dengan dunia penggerak hp smartphone ini.

Bagaimana cara menghasilkan dari aplikasi android?

Pernah dengar berita yang sempat booming soal kuli panggul asal makassar yang penghasilannya bisa sampai 1000 dollar per bulan kan? Nah, sebenarnya menghasilkan dari aplikasi baik itu untuk iPhone, symbian, iOS dan termasuk android ada banyak sekali jalannya, termasuk di Appsgeyser misalnya. Hanya saja di sana ada syarat minimal pengunjungnya baru bisa ikutann dapat dollar dari bikin aplikasi.

Lalu kalau begitu bagaimana seharusnya biar bisa ikutan dengan yang gak banyak syaratnya? jawabannya adalah dengan ikut jadi salah satu publisher (sebutan untuk pemilik aplikasi yang kerjasama dengan google) dari google adsense versi Admob atau iklan untuk hp smartphone.

Jadi sebenarnya, yang dilakukan pertama kali adalah anda mendaftar dulu jadi penerbit iklan di google adsense lalu pilih jenis kode iklan untuk Admob. Dengan demikian, admob ini sebenarnya hanya satu dari sekian jenis afiliasi iklan dengan google, karena ada jenis lain lagi seperti adsense untuk konten, youtube dan lain sebagainya.

Mungkin ada yang kurang paham langkah daftarnya, untuk itu disarankan cari jasanya saja di internet karena banyak yang menyediakan.

Bagaimana cara bikin aplikasi di play store?

Ini sebenarnya pertanyaannya salah, karena kalau anda mau belajar cara membuat aplikasi android untuk pemula maka Google Play Store sama sekali bukan tempatnya.

Play store di sini hanya berperan menyalurkan hasil karya aplikasi buatanmu sehingga mudah ditemukan dan di download oleh banyak pengguna ponsel di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Jadi, intinya play store ini hanya untuk sarana promosi saja.

Aplikasi apa saja yang banyak dicari?

Nah, ini baru pertanyaan bagus dan itu artinya anda punya bakat bisnis yang kuat. Karena yang namanya bisnis selalu berpengaruh pada aspek pasarnya, yakni peminatnya.

Salah satu yang direkomendasikan adalah :

  1. Aplikasi edit foto – Ya, seiring dengan boomingnya trend selfie maka otomatis inilah aplikasi android yang paling banyak dicari dan digemari.
  2. Facebook Seluler – Seiring dengan banyaknya orang menggunakan hp smartphone android maka sekarang orang lebih senang bua facebook lewat handphone sehingga apk ini juga baik disedikan.
  3. Aplikasi mengetik 10 jari – Buat blogger tentu ini sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kemampuan mengetik yang bagus.

Untuk lebih jelas mengenai apa saja dan ada berapa yang terpopuler saat ini, silahkan baca Aplikasi Android Gratis dan Berbayar yang Terpopuler saat ini.

Selain yang kami sampaikan di atas maka selanjutnya tinggal kreatifitas anda saja yang menentukan apakah nantinya yang telah anda buat bisa booming seperti Flappy Bird dan Angry Bird yang sampai saat ini masih terus digemari.

Apakah bayar atau berapa biaya memasukkan aplikasi buatan kita ke Google Play?

Setahu saya, hingga saat ini, jika anda ingin aplikasi anda masuk play store maka harus menyediakan $25 dollar agar apk android kamu bisa nongkrong di situs penyedia aplikasi android terbesar dan terkenal di dunia saat ini. Dan untungnya ini hanya sekali bayar saja.

Tapi ettsssss, jangan senang dulu karena tidak serta merta kalau kamu sudah punya duit sejumlah di atas terus bisa langsung upload aplikasimu di sana, melainkan kamu harus punya akun dulu. Nah, lagi-lagi buat yang masih baru alias newbie n pemula tentu sulit dan belum paham langkahnya, makanya kita sarankan lagi gunakan jasa atau ketik kata kunci ‘jasa akun google play’.

Bagaimana cara mencairkan penghasilannya?

Ya, ini pertanyaan klasik dan sampai sekarang masih banyak yang nanyakan. Jadi caranya, kalau dengan sitem adsense kamu harus punya alamat jelas dulu, setelah itu butuh verivikasi lanjutan untuk memastikan alamatmu dengan dikimny pin ke alamat kamu tersebut.

Bila sudah diverifikasi, selanjutnya jika penghasilan kamu dalam sebulan sudah cukup minimal $100 maka sudah bisa dicairkan lewat WU atau Western Union di kantor pos atau lewat bank.

Kalau saya sih lebih milih lewat bank saja karena lebih simple. Hanya saja untuk cara ini butuh pengaturan Swift Code untuk transfer kawat-nya.

Sepertinya hampir sudah semua saya share soal apk ini, selebihnya tinggal anda pelajari saja satu per satu prosesnya karena semua kembali ke anda lagi, apakah mau berhasil dengan kerja keras atau santai tapi gak ada hasilnya.

Cukup ini dulu ya… yang bisa kami share soal Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula dengan Eclipse/Netbeans Tanpa Belajar Bahasa Program. Anda bisa lakukan online atau juga offline tapi pertama download dulu aplikasinya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *